Hinet Internet Cepat 4G LTE
Dampak Negatif Berita Hoaks Bagi Remaja

Dampak Negatif Berita Hoaks Bagi Remaja

Dampak Negatif Berita Hoaks Bagi Remaja – Teknologi internet telah memberikan kemudahan dalam berinteraksi juga untuk mencari informasi dan berita. Akan tetapi, di balik kemudahan itu terdapat dampak negatif yang mengiringinya. Salah satu dampak negatif itu adalah mudahnya tersebar berita-berita hoaks. Jika Hinet Lovers menemukan berita hoaks, lebih baik tidak menyebar atau membagikan berita tersebut. Berita hoaks memiliki banyak dampak negatif bagi masyarakat termasuk di kalangan remaja. Berikut ini beberapa dampak negatif berita hoaks bagi para remaja.

1. Gampang Terprovokasi

Tahukah Hinet Lovers bahwa pihak yang tidak bertanggung jawab yang telah menyebarkan berita hoaks memiliki maksud dan tujuan tertentu. Bisa jadi salah satu tujuan mereka adalah mengadu domba suatu masyarakat. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi kalangan remaja yang dinilai pola pikirnya masih belum matang dan belum mahir mengontrol emosi. Hal ini dikhawatirkan dapat dengan mudah memicu pertengkaran suatu masyarakat.

2. Menyebarkan Fitnah

Berita-berita hoaks tentunya adalah berita yang dikarang sendiri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan tidak bisa membuktikan kebenaran dari isi berita tersebut. Menyebar berita hoaks sama saja seperti kita menyebar fitnah. Dampak negatif ini membuat para remaja memiliki pemikiran hanya menilai orang dari sebelah pandangan saja, akibatnya akan memunculkan kebencian yang ada dalam diri orang lain. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tidak mudah menyebar berita yang belum diketahui kebenarannya.

3. Mencemarkan Nama Baik Orang Lain

Apabila Hinet Lovers mendapatkan berita yang belum jelas kebenarannya kemudian langsung kamu share, bisa jadi berbahaya loh Hinet Lovers, terutama jika menyangkut nama baik seseorang. Berita hoaks terhadap seseorang tidak hanya akan membuat image seseorang jelek, namun kamu sebagai penyebar berita bisa dituntut atas hukuman pencemaran nama baik.

Keberadaan berita hoaks memang sangat merugikan siapa saja termasuk kalangan remaja. Pola pemikiran para remaja yang dinilai masih labil sangat mudah terprovokasi dan menjadi yang paling diincar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, Hinet Lovers harus pintar-pintar menilai berita agar terhindar dari hoaks. Jika Hinet Lovers ingin terhindar dari hoaks, yuk baca tipsnya di tautan ini Tips Cara Menghindari Berita Hoaks. Jangan lupa isi ulang paket internet unlimited Hinet ya, supaya bisa browsing tanpa khawatir cepat kehabisan kuota.

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.