Hinet Internet Cepat 4G LTE

Deteksi Penipu Online Sebelum Kamu Check Out!

Deteksi Penipu Online Sebelum Kamu Check Out! – Baru-baru ini netizen Indonesia digemparkan dengan berita Kaesang Pangarep yang berhasil dua kali mengerjai penipu berkedok transaksi online.  Pencobaan penipuan online ke Kaesang berkahir gagal sebab pada akhirnya penipu tersebut sadar jika orang yang mereka coba tipu adalah anak presiden Indonesia. Lucunya, penipu-penipu online tersebut ketakutan dan langsung mengembalikan uang yang telah dibayarkan serta memblokir nomor Kaesang.

Dari cerita keisengan Kaesang ini menunjukkan bahwa ternyata sampai saat ini masih banyak masyarakat yang tertipu saat berbelanja online. Tentunya hal ini sangat merugikan, alih-alih mendapatkan barang yang diinginkan malah harus merelakan uang yang tidak sedikit jumlahnya. Biasanya penipuan akan semakin mudah untuk dilakukan apabila masyarakat cepat tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh toko online tersebut.

Namun aksi penipuan ke Kaesang ini tentunya akan berbeda bagi masyarakat Indonesia lainnya. Sebaiknya sebelum kamu check out transaksi onlinemu, Hinet Lovers lebih teliti lagi dengan mendeteksi apakah toko online tersebut adalah menipu atau bukan. Nah, kamu bisa melakukan 4 hal berikut ini sebelum melakukan pembayaran.

1. Cek Nomor Rekening

Cara pertama yang wajib kamu lakukan setiap berbelanja online adalah mengecek nomor rekening sang penjual untuk mengetahui apakah ada laporan penipuan atas rekening tersebut. Kamu bisa mengecek nomor rekening toko online tersebut pada 2 website yang tersedia, yaitu CekRekening.id atau Kredibel.co.id. Melalui kedua website ini, kamu bisa memasukkan nomor rekening untuk melihat apakah ada laporan penipuan yang terdaftar sehingga kamu lebih yakin ketika harus membayarkan barang belanjaan onlinemu.

Cara Cek Melalui CekRekening.id

a. Bukalah alamat situs website ini di https://cekrekening.id/

 

b. Di halaman utamanya, kamu bisa langsung memasukkan nomor rekening beserta nama banknya untuk diperiksa

c. Setelah itu kamu bisa melihat apakah nomor rekening tersebut pernah dilaporkan orang lain sebagai penipu

Cara Cek Melalui Kredibel.co.id

a. Bukalah alamat situs website di https://www.kredibel.co.id/search

b. Pada halaman utamanya kamu bisa langsung memasukkan nomor rekening sang penjual

c. Selanjutnya kamu dapat melihat apakah nomor rekening tersebut pernah dilaporkan sebagai rekening penipu

2. Cek Nomor Handphone

Setelah mengecek nomor rekening, Hinet Lovers juga bisa mengecek nomor handphone penjual online tersebut untuk mendeteksi apakah ia penipu atau bukan. Saat ini sudah banyak aplikasi yang tersedia untuk membantu kamu melacak nomor penipuan. Disini kamu dapat kembali menggunakan website Kredibel.co.id atau Truecaller.com. Berikut cara mengecek nomor handphone melalui kedua website ini.

Cara Cek Melalui Kredibel.co.id

a. Bukalah alamat situs website di https://www.kredibel.co.id/search/phone

b. Pada halaman tersebut kamu bisa langsung memasukkan nomor handphone sang penjual

c. Selanjutnya kamu dapat melihat apakah nomor tersebut pernah dilaporkan sebagai nomor handphone penipu

Cara Cek Melalui Truecaller.com

a. Bukalah alamat situs website di https://www.truecaller.com/

b. Pada halaman tersebut kamu bisa langsung memasukkan nomor handphone sang penjual

c. Selanjutnya kamu dapat melihat apakah nomor tersebut pernah dilaporkan sebagai nomor handphone penipu

3. Cek Tagged Photo

Jika kedua cara diatas sudah dilakukan maka untuk lebih detail lagi, kamu bisa mengecek akun media sosial yang dimiliki oleh online shop tersebut. Dari akun online shop tersebut kamu bisa meninjau setiap postingan yang dilakukan, aktivitas pada kolom komentar, dan foto-foto review yang ditandai oleh para customer sebelumnya. Jika tidak ada satu pun foto yang ditandai maka akun online shop tersebut patut untuk dicurigakan.

4. Melalui E-Commerce

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memilih untuk melakukan transaksi melalui e-commerce yang terpercaya. Dengan begini, uang yang kamu transfer tidak akan langsung masuk ke rekening penjual sehingga resiko tertipu akan semakin minim. Kelebihan menggunakan e-commerce adalah ketika barang yang kamu pesan tidak kunjung tiba dan penjual tak dapat dihubungi maka kamu bisa membatalkan pembelian dengan prosedur yang harus dilakukan.

Dengan adanya cara-cara diatas , kamu bisa lebih cermat dan berhati-hati lagi ketika belanja online, ya Hinet Lovers. Jangan sampai kamu menjadi korban penipuan selanjutnya. Ayo, share artikel ini ke sahabat dan kerabatmu juga agar bersama-sama aksi penipuan online ini dapat diberhentikan dan belanja online pun akan semakin aman dan nyaman.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.