Hinet Internet Cepat 4G LTE
Di Isukan Akan Pindah, Ini Daftar Ibukota Indonesia Sebelum Jakarta

Di Isukan Akan Pindah, Ini Daftar Ibukota Indonesia Sebelum Jakarta

Di Isukan Akan Pindah, Ini Daftar Ibukota Indonesia Sebelum Jakarta – Belakangan ini telah berhembus kabar bahwa Indonesia akan memindahkan Ibukota ke kota lain. Padahal, isu Ibukota Indonesia pindah juga pernah tersebar sebelumnya, namun seiring waktu kabar ini menghilang dan muncul kembali sekarang. Perlu Hinet Lovers ketahui, sebelum ditetapkannya Jakarta sebagai Ibukota Indonesia, nyatanya ada kota lainnya yang juga ditetapkan sebagai Ibukota Indonesia. Pada tahun 1960an, Jakarta dinyatakan sah sebagai Daerah Khusus Ibukota dan ditetapkan oleh Presiden No.2 pada tahun 1961. Sebelumnya, tercatat ada 3 kota yang pernah disahkan menjadi Ibukota Indonesia. Kota apa saja? Dan siapa saja pihak yang berperan sebagai pemindah Ibukota Indonesia? Selengkapnya sudah Hinet rangkum dan dapat kalian simak di bawah sini!

Daftar kota yang pernah disahkan menjadi Ibukota Indonesia sebelum Jakarta:

1. Bukittinggi, Sumatera Barat

Di Isukan Akan Pindah, Ini Daftar Ibukota Indonesia Sebelum Jakarta - Bukittinggi

19 Desember 1948, terjadi peristiwa agresi militer ke-2 sebagai aksi polisional oleh Belanda. Pada masa itu juga, Bukittinggi, Sumatera Barat menjadi Ibukota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Alasan dibalik mengapa Bukittinggi terpilih menjad Ibukota ialah karena adanya Sjafrudin Prawiranegara selaku pemimpin PDRI dan disekitar kota terdapat gunung Singgalang, gunung Marapi, dan lembah sianok yang dikatakan mampu melindungi Ibukota bila sewaktu-waktu ada musuh yang ingin menyerang.

Baca Juga: Engga Kalah Dengan Amerika, Indonesia Juga Punya Teknologi Perang Paling Canggih

2. Bireuen, Nanggoroe Aceh Darussalam

Di Isukan Akan Pindah, Ini Daftar Ibukota Indonesia Sebelum Jakarta - Bireuen

Pada tahun yang sama, yakni 1948, kota Biruen yang berlokasi di Aceh nyatanya juga pernah menjadi Ibukota Indonesia. Sama seperti Bukittinggi, kota Biruen juga terlindungi oleh perbukitan yang tinggi. Sehingga, area ini dikatakan aman dari musuh. Akan tetapi, penetapan kota Biruen sebagai Ibukota Indonesia hanya berlangsung sementara, yaitu sekitar seminggu.

Baca Juga: Paket Internet Rumah, Home Sweet Home

3. Yogyakarta

Di Isukan Akan Pindah, Ini Daftar Ibukota Indonesia Sebelum Jakarta - Yogyakarta

Setelah Indonesia merdeka, beberapa bulan kemudian tepatnya tanggal 4 Januari 1946, kota Yogyakarta didapuk sebagai Ibukota Indonesia. Pada saat itu juga terjadi peristiwa agresi militer oleh Belanda. Alasan mengapa Yogyakarta dipilih sebagai Ibukota karena kota tersebut dikatakan sangat aman dari berbagai serangan musuh. Kota ini terlindungi oleh Samudera Hindia di area selatan dan Gunung Merapi di area utara.

Itulah daftar kota yang dulunya pernah menjadi Ibukota Indonesia. Kalau semisal Ibukota Indonesia benar-benar dipindahkan, Hinet Lovers menyarankan kota apa? Meskipun nantinya Ibukota pindah, kalian tetap setia ya memakai Hinet. Jangan pernah berpindah ke yang lain, karena Hinet selalu memberikan rekomendasi Paket Internet Paling Murah untukmu seperti Paket Unlimited Hinet dengan harga 35rb/bulan. Nikmati juga kemudahan internetan mudah dan cepat di sini >>> Paket Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.