Hinet Internet Cepat 4G LTE
Fakta Benua Antartika, Benua yang Penuh Misteri

Fakta Benua Antartika, Benua yang Penuh Misteri

Fakta Benua Antartika, Benua yang Penuh Misteri – Kebanyakan dari kita pasti lebih mengenal Kutub Utara dari pada Kutub Selatan. Kutub Utara memang lebih sering diberitakan dari pada Kutub Selatan. Padahal ada beberapa fakta unik dan menarik mengenai Kutub Selatan yang juga dikenal sebagai Benua Antartika. Berikut adalah fakta menarik mengenai Benua Antartika:

1. Tidak Ada Negara

Fakta Benua Antartika, Benua yang Penuh Misteri - tidak ada negara

Meskipun tercatat ada sejumlah orang pernah tinggal di Benua Antartika, akan tetapi tidak ada manusia yang menjadi penduduk asli Antartika. Antartika adalah rumah bagi ribuan flora dan fauna. Penduduk aslinya hanyalah alga, bakteri, lumut, beberapa serangga, dan beberapa tanaman lain. Akibat tidak adanya manusia yang menetap di benua ini, maka tidak ada negara apapun di Benua Antartika.

Baca Juga: Lihat Yuk Bagaimana Keadaan di Luar Angkasa

2. Mengalami Siang Selama 6 Bulan Namun Es Tidak Mencair

Fakta Benua Antartika, Benua yang Penuh Misteri - mengalami 6 bulan siang tetapi es tidak mencair

Berbeda dengan benua lainnya, Antartika mengalami siang hari paling lama. Tercatat Antartika mengalami siang hari hingga 6 bulan. Akan tetapi uniknya, es tidak mencair di siang hari. Hal ini dikarenakan pada siang hari suhu di Antartika masih mencapai -30 derajat Celcius. Pantas saja es di sana tidak mencair bukan?

Baca Juga: Macam-macam Perekam Google Street View Trekker, Ada yang Pakai Ransel

3. Dulunya Adalah Hutan

Fakta Benua Antartika, Benua yang Penuh Misteri - dulunya adalah hutan

Penemuan mengejutkan dari seorang ilmuwan dari University of Wisconsin-Milwaukee, ia telah mengeklaim menemukan fragmen fosil pohon yang berusia 260 juta tahun di Benua Antartika. Dari penemuannya ini, ia menyimpulkan bahwa Antartika dulunya adalah hutan sebelum kemunculan zaman dinosaurus.  Selain itu, ia mengungkapkan lebih dari 251 juta tahun yang lalu, sudah lebih dari 90% kehidupan di bumi telah lenyap termasuk tumbuh-tumbuhan yang hidup di Antartika. Diperkirakan, dulunya Antartika adalah benua yang luas diselimuti hutan. Bahkan luasnya melebihi benua Afrika dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Lebih Puas Internetan Pake Hinet Unlimited

4. Air Terjun Darah

Fakta Benua Antartika, Benua yang Penuh Misteri - air terjun darah

Bertahun-tahun yang lalu para peneliti dikejutkan oleh air terjun yang berwarna merah seperti darah. Air terjun ini pertama kali ditemukan oleh geolog asal Australia, Griffith Taylor pada tahun 1911. Kemudian misteri ini terpecahkan pada tahun 2003. Warna merah dari air terjun tersebut dihasilkan karena oksidasi besi dan air yang berasal dari danau air asin di  bawah tanah. Akan tetapi, penemuan mengejutkan datang dari air tersebut yang tetap berbentuk cairan meskipun berada di dalam gletser yang membeku.

Akibat suhu udara yang super dingin di Antartika, wajar saja tidak ada manusia yang tinggal menetap di sana. Apakah kamu mengetahui fakta menarik lainnya dari Benua Antartika? Coba share di kolom komentar di bawah ya. Jangan lupa gunakan Home Router dari Hinet agar bebas chatting anti lemot. Kalau kamu ingin menikmati kemudahan internet cepat anti lelet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.