Hinet Internet Cepat 4G LTE
Fakta Dibalik Profesi Pramugari yang Belum Banyak Diketahui

Fakta Dibalik Profesi Pramugari yang Belum Banyak Diketahui

Fakta Dibalik Profesi Pramugari yang Belum Banyak Diketahui – Menggunakan jasa transportasi udara tentunya menyempatkanmu bertemu dengan pramugari. Pramugari menjadi orang pertama yang menyambut penumpang dan menjadi orang yang paling sigap ketika ada penumpang yang mengalami kesulitan. Pramugari dituntut untuk mempunyai latar belakang pendidikan tinggi ditambah segudang keterampilan pendukung. Berikut fakta menarik profesi pramugari yang jarang diketahui.

1. Latar Belakang Keperawatan

Fakta Dibalik Profesi Pramugari yang Belum Banyak Diketahui - latar belakang keperawatan

Menjadi pramugari bukanlah tugas yang mudah. Menurut sejarah, persyaratan untuk menjadi pramugari pada sebuah maskapai penerbangan di Amerika Serikat mengharuskan memiliki latar belakang keperawatan.  Meskipun tidak wajib, sebenarnya ini adalah salah satu cara maskapai mencegah adanya penumpang yang sakit selama perjalanan udara. Jika Hinet Lovers melihat tugas utama pramugari hanya sebatas menyambut dan menyiapkan makanan kecil di pesawat, kamu salah besar. Mereka juga dituntut membantu penumpang yang mabuk udara atau penyakit lainnya. Oleh karena itu, penting bagi pramugari untuk dibekali ilmu keperawatan.

Baca Juga: Ssst, Hal Ini yang Suka Diperhatikan Pramugari dari Kita

2. Menghitung di Belakang Punggung

Fakta Dibalik Profesi Pramugari yang Belum Banyak Diketahui - menghitung di belakang punggung

Pramugari diminta untuk senyum dan bersikap ramah kepada penumpang yang datang. Ada yang membantu menunjukkan kursi ada juga yang tersenyum sambil menyembunyikan tangan di belakang punggungnya. Sekilas memang terlihat wajar, tapi sebenarnya mereka sedang menghitung jumlah penumpang pesawat, loh. Hal ini berguna untuk mencegah adanya “penumpang gelap” yang menyelinap masuk. Bahkan menghitung cepat juga menjadi tahap seleksi menjadi pramugari.

Baca Juga: Tindakan Tamu Hotel yang Bikin Kesal, Apakah Kamu Pernah Melakukannya?

3. Usia Pensiun

Fakta Dibalik Profesi Pramugari yang Belum Banyak Diketahui - usia pensiun

Batas usia pensiun seorang pramugari sebenarnya beragam, tergantung dari kebijakan maskapai tertentu. Tetapi sebagian besar maskapai mengacu dengan pasal 57 C PKB (Perjanjian Kontrak Bersama). Antara maskapai dengan karyawan disepakati bahwa usia pensiun awak kabin/pramugari adalah 56 tahun. Hal ini juga diperkuat dengan peraturan pemerintah No 45 tahun 2015, pasal 15 ayat 1 mengenai Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun.

Baca Juga: Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

4. Dibekali Bela Diri

Fakta Dibalik Profesi Pramugari yang Belum Banyak Diketahui - dibekali bela diri

Para pramugari cantik di Cina diwajibkan mengikuti pelatihan ala akademi militer lewat sekolah militer Chengdu, Provinsi Sichuan.  Mereka dilatih untuk bisa mematahkan batu bata, kayu, dan benda besar lainnya dengan tangan kosong. Para pramugari diminta untuk mengikuti latihan bela diri, latihan menyerang lawan, hingga latihan menahan napas di dalam air. Menjadi pramugari tidak hanya cukup dengan cantik saja, cerdas, peduli, dan terampil bela diri pun harus mereka miliki.

Rumitnya tugas pramugari tentunya bertujuan untuk menciptakan perjalanan udara yang lancar hingga tujuan. Kalau kamu menggunakan Modem Home Router dari Hinet, kamu bisa menikmati internetan lancar anti lelet bersama-sama hingga 30 pengguna. Untuk menikmati kemudahan internet unlimited dengan banyak akses dari Hinet, kamu bisa cek di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.