Hinet Internet Cepat 4G LTE
Fakta Penemuan Alat Makan, Dulunya Sendok Adalah Benda Sakral

Fakta Penemuan Alat Makan, Dulunya Sendok Adalah Benda Sakral

Fakta Penemuan Alat Makan, Dulunya Sendok Adalah Benda Sakral –  Setiap makhluk hidup selalu membutuhkan makanan agar bisa bertahan hidup. Sebagai makhluk yang terus berevolusi, manusia selalu mencari cara untuk memudahkan melakukan rutinitas. Termasuk kepada pengembangan terciptanya alat makan. Sekarang ini sudah tersedia berbagai macam alat makan. Mulai dari sendok, garpu, dan pisau yang memiliki beragam ukuran dan fungsi. Penemuan alat makan tersebut telah melewati perjalanan yang panjang termasuk berbagai pengembangan dan perubahan hingga memiliki bentuk standar yang biasa kita temukan saat ini. Bagaimana ya, sejarah penemuan alat makan? Hinet punya penjelasan mengenai terciptanya berbagai alat makan berikut ini.

1. Sendok

Fakta Penemuan Alat Makan

Ternyata sendok adalah alat yang paling tua loh, Hinet Lovers. Sendok diyakini pertama kali ditemukan pada 50.000 sampai 100.000 tahun yang lalu. Pada awalnya bentuk sendok memang tak seperti yang sekarang ini. Berdasarkan temuan peneliti, sendok hanyalah sebuah cangkang kerang saja tanpa memiliki pegangan seperti sekarang ini. Seiring dengan perkembangannya, ribuan tahun kemudian sendok diberi pegangan yang terbuat dari kayu, tulang hewan, atau gading hewan. Konon, awal mulanya sendok yang memiliki pegangan ini hanya diperuntukan bagi upacara agama saja. Sebuah penelitian menyatakan bawa sendok digunakan sebagai benda ritual sebuah upacara keagamaan oleh Bangsa Mesir Kuno pada 1000 tahun sebelum masehi. Sendok pada masa itu memiliki banyak hiasan dan dekorasi.

Sementara itu, pada masa kekaisaran Yunani dan Romawi kemudian terlintas nama “spoon” yang berarti cangkang kerang dalam bahasa Yunani. Umumnya, sendok digunakan untuk makan makanan yang berkuah.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

2. Garpu

Fakta Penemuan Alat Makan

Jika kita sedang berbicara tentang sendok rasanya nggak lengkap nih, kalau tidak membicarakan garpu. Bentuk garpu dinilai hampir mirip dengan bentuk sendok namun garpu standarnya memiliki empat runcingan. Sebuah sumber menyebut pada saat pertama kali ditemukan, garpu hanya memiliki dua runcingan saja. Garpu dinilai sebagai alat makan yang paling muda. Hal ini dibuktikan dari keberadaannya yang baru populer pada abad ke-16 di Eropa. Garpu juga dianggap dulunya hanya diperuntukkan oleh keluarga kalangan kelas atas saja. Kini, garpu lazim ditemukan di meja makan bersama dengan sendok.

3. Pisau

Fakta Penemuan Alat Makan

Jika dahulu pisau dikenal untuk memotong benda atau senjata akan tetapi sekarang ini pisau juga bisa digunakan sebagai alat makan. Pisau biasanya digunakan untuk memakan sesuatu yang bertekstur keras seperti daging ataupun buah. Konon, pisau mulai populer digunakan sebagai alat makan seiring konsumsi bistik daging di masyarakat.

Baca Juga: Penasaran Kapan Meme Dibuat? Coba Baca di Sini

4. Sumpit

Fakta Penemuan Alat Makan

Sumpit adalah satu-satunya alat makan yang berasal dari Asia Timur. Biasanya sumpit terbuat dari kayu dengan bentuknya yang panjang dan ramping. Oleh karena saat ini kayu sudah mulai sulit ditemukan, sumpit juga hadir dari bahan plastik. Sumpit sering kita temukan di negara kawasan Asia Timur seperti Korea, Jepang, dan Cina.

Itulah sekilas sejarah tentang alat makan. Jika Hinet Lovers ingin melihat-lihat beragam desain alat makan dari seluruh dunia, jangan lupa gunakan Router Hemat dari Hinet yah, Hinet Lovers.

Baca Juga: Isi Ulang Paket Reguler Hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.