Hinet Internet Cepat 4G LTE
Fakta Pulau Banda Neira, Surga Rempah Rebutan Penjajah

Fakta Pulau Banda Neira, Surga Rempah Rebutan Penjajah

Fakta Pulau Banda Neira, Surga Rempah Rebutan Penjajah  – Hinet Lovers pernah mengetahui di mana letak Pulau Banda Neira? Banda Neira adalah surganya rempah-rempah yang sudah terkenal di zaman penjajahan Belanda. Pulau yang terletak di Maluku bagian selatan ini memiliki sejuta cerita sejarah yang tidak bisa dilupakan sampai sekarang. Dulu pulau ini menjadi rebutan penjajah karena memiliki rempah-rempah yang sangat kaya. Nah, berikut ada fakta pulau Banda Neira yang sayang untuk dilewatkan.

1. Pulau Run Rebutan Inggris dan Belanda

Jika kamu pergi wisata ke Banda Neira, sempatkan diri untuk berkunjung ke Benteng Belgica. Di sana kamu akan menemukan ada lima meriam yang mengarahkan moncongnya ke arah pantai yang berada di sekeliling benteng tersebut. Konon, meriam tersebut dibuat untuk mengusir penjajah atau bahkan saling menyerang antara satu penjajah dan penjajah lain. Menurut sebuah laporan sejarah, Pulau Run menjadi rebutan antara Inggris dan Belanda. Mereka saling menyerang untuk menguasai rempah-rempah di pulau ini. Bahkan, sebelumnya sempat menjadi sengketa antara VOC dan Portugis.

Baca Juga: Wisata Masjid di Riau, Menikmati Seni Arsitektur

2. Surga Rempah Pala

Fakta Pulau Banda Neira, Surga Rempah Rebutan Penjajah - surganya rempah pala

Kalangan penjajah Belanda melihat potensi pulau Run yang menghasilkan rempah pala yang sangat melimpah. Bahkan saat itu, pala dianggap hanya dapat tumbuh di Kepulauan Banda. Kombinasi keterpencilan lokasi dan iklim membuat pala bisa tumbuh subur di sana. Perlu Hinet Lovers ketahui, pala hanya tumbuh pada kondisi spesifik saja yaitu tanah yang subur, kondisi tanah yang kering, dan tidak banyak diguyur hujan. Jika kondisi tanah dan iklimnya bagus, buah pala baru bisa muncul setelah tujuh sampai sembilan tahun kemudian. Tidak heran, jika penjajah saling menyerang untuk memperebutkan pulau ini.

Baca Juga: Ternyata 4 Manfaat Ini Menjadi Alasan Serunya Wisata Ke Museum

3. Tujuan Pengasingan Pahlawan

Fakta pulau Banda Neira lainnya adalah bahwa dulunya menjadi tempat tujuan untuk mengasingkan pahlawan Indonesia. Di pulau kecil ini, kamu bisa melihat rumah peninggalan pengasingan Bung Hatta, Sutan Syahrir, bahkan Dr. Cipto Mangunkusumo. Rumah tersebut menjadi tempat tinggal mereka selama dalam masa perasingan di Banda Neira. Ternyata berwisata ke Banda Neira dapat menjadi tujuan edukasi juga loh, Hinet Lovers.

Baca Juga: Isi Ulang Paket Reguler Hinet

4. Wisata Kota Tua dan Keindahan Alam Bawah Laut

Fakta Pulau Banda Neira, Surga Rempah Rebutan Penjajah - wisata kota tua dan keindahaan alam bawah laut

Banda Neira memiliki banyak titik tempat yang bersejarah. Di antaranya adalah benteng, gereja tua, istana mini, sampai museum Bung Hatta. Peninggalan kota tua ini yang menjadi primadona wisata ke Banda Neira. Tidak cukup sampai di situ, karena letak geografisnya dikelilingi laut, Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Berbagai macam warna-warni terumbu karang dan beraneka ragam ikan menghiasi laut Banda Neira. Kalau Hinet Lovers liburan ke Banda Neira, sayang banget nih, jika melewati keindahan bawah lautnya.

Ternyata Banda Neira mempunyai fakta tersimpan yang menarik bukan? Kamu bisa merasakan wisata alam bahari sambil menyusuri kota tua yang sarat sejarah dari masa lalu. Tetap gunakan Mifi 4G dari Hinet agar bisa internetan dan update posting media sosial di manapun dan kapanpun. Sangat praktis untuk dibawa ke manapun karena baterainya bisa tahan hingga 6 jam. Untuk menikmati kemudahan internet unlimited bebas hambatan dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.