Hinet Internet Cepat 4G LTE
Hari Batik Nasional, Begini Proses Batik Jadi Warisan Dunia

Hari Batik Nasional, Begini Proses Batik Jadi Warisan Dunia

Hari Batik Nasional, Begini Proses Batik Jadi Warisan Dunia – Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan seninya. Salah satu seni yang menarik di Tanah Air kita ini adalah Batik. Kain khas Indonesia ini ada banyak ragam jenisnya, mulai dari batik Bali, batik Cirebon, batik Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Setiap tanggal 2 Oktober, kita sebagai warga negara Indonesia harus memperingati Hari Batik Nasional, sebagai sebuah bentuk perayaan ditetapkannya batik menjadi warisan dunia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

Hari Batik Nasional, Begini Proses Batik Jadi Warisan Dunia

Hinet Lovers, apakah kalian tahu bagaimana prosesnya batik Indonesia menjadi warisan dunia dan ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional? Kalau belum, Hinet sudah merangkum alurnya secara lengkap yang bisa kalian simak di bawah sini.

Tanggal 3 September 2008

Di tahun 2008, tepatnya tanggal 3 September, pemerintah mendaftarkan batik ke dalam jajaran daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) UNESCO. Pada tanggal tersebut, Batik Indonesia mendapatkan nominasinya.

Tanggal 9 Januari 2009

Setelah mendaftarkan batik Indonesia, pada 9 Januari 2009 UNESCO menerima secara official (resmi) pendaftaran tersebut dan kemudian akan diproses lebih lanjut.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Batik Bugis Makassar

Tanggal 11 – 14 Mei 2009

Tahapan selanjutnya, UNESCO melaksanakan pengujian tertutup di Paris selama 4 hari, mulai dari tanggal 11 sampai 14 Mei 2009.

Tanggal 2 Oktober 2009

Di tanggal inilah, tepatnya berlokasi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, UNESCO mengukuhkan batik Indonesia ke dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Baca Juga: Kain-Kain di Indonesia yang Cantik.

Di dalam laman resmi UNESCO, tertulis bahwa batik Indonesia mempunyai beragam simbol yang melekat erat dengan kebudayaan lokal dan status sosial. Batik menjadi bagian terpenting bagi rakyat dan juga sudah menjadi identitas bangsa Indonesia.

Hari Batik Nasional, Begini Proses Batik Jadi Warisan Dunia

Bapak Susilo Bambang Yudhoyono selaku Presiden Republik Indonesia saat itu, mengumumkan pengakuan UNESCO tersebut dan tanggal 2 Oktober ditetapkan olehnya sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden  No. 33 Tahun 2009, 17 November 2009.

Hari Batik Nasional, Begini Proses Batik Jadi Warisan Dunia

Jadi, begitulah prosesnya batik Indonesia diakui oleh UNESCO dan ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai peringatan Hari Batik Nasional. Sebagai warga negara Indonesia, jangan hanya sekedar beragam jenis batik saja yang kalian pahami ya. Kamu juga harus tahu bagaimana prosesnya batik menjadi warisan budaya Indonesia yang mendunia.

Penutup

Sebelum menutupi informasi ini, Hinet juga ingin menawarkanmu Paket dengan Kuota Internet Bulanan Murah terbaik nih buat kalian!

Bila kamu masih bingung memilih paket kuota internet murah 4G LTE, maka Hinet merekomendasikan kamu untuk memilih Paket Terusan Uno-Dos-Tres.

Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

Hal yang paling menarik dari paket kuota yang murah Hinet yang satu ini adalah sisa kuota utama dan kuota malam dapat di “carry forward” bila melakukan top up reguler sebelum masa aktif kuotanya berakhir. Jadi kamu tidak perlu khawatir bakalan hangus bila masih memiliki kuota tetapi masa aktifnya berakhir.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk membeli paket kuota internet termurah ini? Yuk, langsung saja kunjungi aplikasi hinetku, toko reseller hinet, tim sales hinet dan hinet center.

Kamu juga bisa temukan promo kuota murah atau penawaran kuota internet murah 4G LTE lainnya dari Hinet di sini >>>

official store hinet

Comment (1)

  1. by : Budi Prayoga Akbar October 4, 2019 at 9:27 pm

    Aku siap

    Reply

Leave a Reply

* Your email address will not be published.