Hinet Internet Cepat 4G LTE

Hati-Hati Dengan Blue Light Selama Masa Pandemi!

Hati-Hati Dengan Blue Light Selama Masa Pandemi! – Smartphone menjadi alat yang hampir seluruh orang miliki dan dibawa kemana pun sang pemilik itu pergi. Jujur saja, kamu akan membawa smartphone saat kamu bepergian, walaupun hanya ke kamar mandi, dan menaruh smartphone dekat denganmu saat kamu tidur di malam hari. Benar, smartphone telah menjadi benda terpenting yang harus ada dalam segala kondisi. Melalui smartphone, kamu dapat menelepon seseorang, apalagi jika ada internet didalamnya, kamu akan semakin asyik berselancar di dunia maya.

Dilansir melalui Hootsuite, dari 272,1 juta penduduk di Indonesia terdapat 175,4 juta pengguna internet dan setiap harinya, rata-rata waktu orang Indonesia menggunakan internet melalui perangkat apa pun, bisa smartphone maupun PC dan laptop, adalah selama 7 jam, 59 menit. Artinya, dari 24 jam yang ada dalam satu hari, masyarakat Indonesia cukup aktif mengakses internet. Jangan lupakan bahwa dalam rentang 16 jam, 41 menit yang tersisa masih harus dipotong dengan waktu bekerja dan istirahat.

Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 ini, maka intensitas penggunaan smartphone dan alat elektronik lainnya akan semakin meningkat karena mulai dari sekolah, bekerja, hingga ibadah harus melalui pertemuan online saja. Mau tidak mau, kamu akan selalu menatap layar smartphone dan PC atau laptopmu.

Setiap elektronik, seperti PC, laptop, smartphone, dan lain-lain saat ini menggunakan LED pada produknya. LED tersebut akan memancarkan suatu cahaya, yaitu blue light atau sinar biru. Setiap cahaya memiliki spektrum energi dan gelombang yang berbeda-beda dan blue light ini memiliki konsentrasi energi yang sangat tinggi dengan gelombang yang pendek. Dengan begitu, jika kamu terus menerus terpapar blue light maka akan mempengaruhi kesehatan matamu.

Berikut adalah 5 bahaya paparan blue light yang mengintai kesehatanmu.

1. Pemicu Mata Lelah

 

Memandang gadget terus menerus yang memancarkan blue light ini akan membuat matamu semakin lelah dan menyebabkan mata kering, iritasi, penglihatan buram, dan sulit untuk fokus. Oleh sebab itu, kamu perlu mengambil waktu sejenak untuk menjeda pemakaian gadget tiap harinya agar tidak menimbulkan kelelahan pada matamu.

2. Merusak Retina

Setelah memicu kelelahan pada mata, paparan blue light juga akan merusak kesehatan retinamu. Jika retinamu rusak maka yang terjadi adalah hilangnya penglihatan matamu. Dengan kata lain kamu mengalami degenerasi makula yang kerap menimpa orang tua lanjut usia. Untuk mengobati degenerasi makula, diperlukan operasi dengan biaya yang fantastis.

Baca Juga: Makanan Sehat yang Bisa Mengurangi Mata Minus

3. Merusak Kulit

Paparan blue light tidak hanya berbahaya bagi kesehatan mata namun juga merusak kesehatan kulit. Blue light akan memicu kulit untuk memproduksi sel-sel hitam yang akan menyebabkan penggelapan pada kulitmu. Tak hanya penggelapan kulit, blue light juga menyebabkan penuaan dini akibat tersendatnya proses regenerasi kulit.

4. Sulit Tidur

Kuantitas dan kualitas tidurmu juga akan terpengaruh akibat blue light ini. Penyebab utamanya karena blue light akan menghambat hormon melatonin, yaitu hormon yang menyebabkan kamu merasa ngantuk. Akibatnya, kamu akan susah mengantuk di malam hari dan jika kamu selalu terpapar blue light ini maka jam tidurmu pun akan bermasalah.

5. Resiko Kanker

Dampak blue light yang akan terasa dalam jangka panjang adalah resiko kanker sebab blue light akan selalu mempengaruhi melatonin. Pengurangan kadar produksi melatonin tersebut akan menigkatkan resiko penyakit-penyakit yang serius, salah satunya adalah kanker.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini Untuk Mengurangi Resiko Blue Light

Itulah 5 bahaya yang dapat dipicu dari blue light. Oleh karena itu, kamu perlu waspada akan dampak bahaya paparan blue light terhadap kesehatanmu, terutama di masa pandemi yang belum berakhir ini. Tetap jaga kesehatan dan istirahat yang cukup, ya Hinet Lovers.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.