Hinet Internet Cepat 4G LTE

Hati-Hati Dengan Dua Malware Ini Pada Android!

Hati-Hati Dengan Dua Malware Ini Pada Android! – Dilansir dari Databox, laporan The International Criminal Police Organization (Interpol) 2020 yang berjudul “Cybercrime: Covid-19 Impact” menunjukkan ada empat jenis distribusi serangan siber di internet terkait Covid-19 yang paling muncul selama pandemi, salah satunya adalah malware yang menduduki posisi kedua. Serangan malware yang berbahaya semakin merajalela sehingga Google mengambil tindakan untuk menghapus 17 aplikasi yang diserang malware Joker. Joker atau disebut juga sebagai Bread merupakan malware yang dirancang untuk mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan informasi pribadi lainnya pada smartphonemu.

Sejak 2017, Google telah menghapus 1.700 aplikasi yang terinfeksi oleh Joker dan dikatakan bahwa Joker merupakan ancaman yang paling kuat dan gigih untuk dilawan. 17 aplikasi yang terjaring malware Joker ialah All Good PDF Scanner, Mint Leaf Message-Your Private Message, Unique Keyboard – Fancy Fonts & Free Emoticons, Tangram App Lock, Direct Messenger, Private SMS, One Sentence Translator – Multifunctional Translator, Style Photo Collage, Meticulous Scanner, Desire Translate, Talent Photo Editor – Blur focus, Care Message, Part Message, Paper Doc Scanner, Blue Scanner, dan Hummingbird PDF Converter – Photo to PDF.

Namun, baru-baru ini peneliti dari ThreatFabric menemukan malware trojan terbaru yang bernama Alien, dimana malware ini dapat mencuri password pada 226 aplikasi yang terdapat di Android. Malware Alien dapat melakukan login palsu untuk mengumpulan password-password yang kamu simpan sehingga para hacker memiliki akses ke ponselmu. Selain itu malware Alien ini juga menargetkan aplikasi penting lainnya yang sering kamu gunakan, seperti Facebook, Gmail, Telegram, Twitter, Snapchat, dan juga WhatsApp. Menurut sang peneliti, Alien ini bukanlah kode baru dalam malware melainkan versi terbaru yang lebih maju dari malware Cerberus. Walaupun proses masuknya malware Alien ke dalam smartphone ini belum dijelaskan secara rinci, namun sebaiknya kamu tetap mawas dan berhati-hati.

Baca Juga: Cara Mengetahui Smartphone Kena Malware Berbahaya atau Tidak

Apa Itu Malware?

 

Malware adalah singkatan dari malicious software, yaitu sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk menyusup, merusak, dan membahayakan sistem perangkat komputer, laptop, dan ponsel. Umumnya, malware akan mencuri informasi dan data-data penting yang kamu miliki dalam gadgetmu setelah kmau menginstall aplikasi yang tidak jelas kredibilitasnya. Setelah itu, hacker akan memiliki akses data komputermu dan dapat memata-matai aktivitasmu. Malware sebenarnya telah menjadi ancaman sejak awal tahun 1970-an ketika virus Creeper pertama kali muncul. Sejak itu, perangkat komputer maupun ponsel telah diserang dari ratusan ribu varian malware yang berbeda, semuanya dengan tujuan menyebabkan gangguan dan kerusakan sebanyak mungkin. Malware dibuat secara khusus agar tersembunyi sehingga keberadaan mereka tidak terlihat dan sulit dideteksi saat menjalankan serangannya. Biasanya, malware ini akan menyamarkan diri menjadi program yang bersih.

Malware juga memiliki beberapa nama lain seperti badware dan computer contamination (kontaminasi sistem komputer), yaitu penyebutan malware yang ada pada dokumen legal. Pencegahan malware yang utama adalah tidak melakukan aktifitas ilegal, seperti tidak melakukan download resource dan aplikasi di situs yang tidak terverifikasi atau ilegal sebab dengan demikian peluang adanya dan terjangkit malware akan lebih besar pula.

Baca Juga: Jangan Sampai Tertipu! Inilah Ciri-Ciri Software Bajakan

Sebaiknya kamu segera mengecek aplikasi yang ada pada smartphonemu untuk menangkal serangan kedua malware Joker dan Alien ini. Pastikan juga bahwa setiap aplikasi yang terdaftar pada perangkat elektronikmu bukan ilegal dan terpercaya sehingga setiap data dan informasi pribadimu tak dapat diakses oleh hacker.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.