Hinet Internet Cepat 4G LTE

Ilmuwan Perempuan dan Penemuannya yang Mengubah Dunia

Ilmuwan Perempuan dan Penemuannya yang Mengubah Dunia – Biasanya, laki-laki akan selalu dikaitakan dengan penemuan-penemuan yang hebat, sebut saja Albert Eistein dengan penemuan teori relativitasnya. Siapa yang tak mengenal sosok Einstein, bahkan anak kecil pun setidaknya mengetahui bagaimana rupa ilmuwan tersebut melalui foto-fotonya yang tercetak dalam buku pelajaran dan memang masih kerap kali diperbincangkan.

Penelitian dan penemuan yang dilakukan sejak dahulu kala dapat kita rasakan dan nikmati hasilnya pada kehidupan sekarang. Inovasi-inovasi terbaru masih terus dilakukan oleh sejumlah pihak namun jangan lupakan asal-usul inovasi tersebut sehingga bisa dikembangkan sampai abad ini. Pastinya, telah banyak ilmuwan yang mencari dan mencetuskan teori-teori yang relevan dalam bidangnya masing-masing.

Menilik fakta dan sejarah ini, beberapa perempuan pun juga memiliki peran dan andil yang besar karena berkat mereka-lah kita dapat menikmati hasilnya. Penemuan mereka turut mengubah dunia saat ini. Namun sayangnya, nama-nama ilmuwan perempuan hebat ini kurang digaungkan dan mungkin hanya sedikit orang yang pernah mendengar nama mereka. Oleh karena itu, Hinet telah merangkum 6 perempuan yang berhasil menjadi penemu akan teknologi yang saat ini dipakai oleh dunia.

Inilah enam ilmuwan wanita beserta penemuannya yang menakjubkan, terutama dalam bidang teknologi.

1. Hedy Lamarr

Wi-Fi menjadi hal utama yang kerap kali dicari dan digunakan sejuta umat di seluruh dunia. Lahir di Austria, Hedy Lamarr kemudian merintis karirnya dalam dunia Hollywood di Amerika Serikat. Sebagai aktris, dapat dikatakan ia sukses sebab film yang dibintanginya berhasil dinominasikan dalam ajang bergengsi, Oscar. Siapa yang menyangka seorang aktris Hollywood dapat menjadi penemu Wi-Fi yang kamu juga gunakan saat ini. Hedy Lamarr bekerja sama dengan Geoge Antheil untuk menciptakan frequency-hopping spread spectrum selama perang dunia kedua berlangsung dan penemuan ini menjadi cikal bakal dalam jaringan Wi-Fi. Selain Wi-Fi, temuan Lamarr juga digunakan dalam GPS dan Bluetooth. Wah, keren banget, ya Hinet Lovers!

2. Marie Curie

Terlahir dengan nama Maria Salome Sklodowska di Warsaw, Polandia pada tahun 1867, Curie merupakan satu-satunya ilmuwan wanita yang meraih dua piala Nobel. Marie Curie berhasil menemukan teori radioaktivitas dan fakta bahwa atom dapat terpisahkan. Setelah kemarian suaminya, Pierre Curie, Marie mencurahkan waktunya untuk terus melakukan penelitian-penelitian terbaru. Bersama dengan putrinya, Curie juga mengembangkan penggunaan X-ray. Semasa hidupnya, Marie Curie juga berhasil membangun Institut  Radium, yang sekarang berubah nama menjadi Institut Curie, di Polandia.

3. Ada Lovelace

Sejak masih kecil, Lovelace menunjukkan kemahirannya dalam bidang matematika. Pada usia 12 tahun, Ada Lovelace bermimpi untuk dapat terbang sehingga ia memperhatikan elemen yang ada pada burung, seperti bulu dan sayap sehingga hewan tersebut bisa terbang. Di tahun 1843 hingga 1844, Lovelace juga membantu untuk menerjemahkan artikel Charles Babbage atas penemuan mesinnya, dengan menambahkan catatan dan pendapat pribadi Lovelace kedalamnya. Oleh karena itu, Ada Lovelace dijuluki sebagai programmer komputer pertama di dunia.

4. Grace Hopper

Tak hanya Lovelace yang berhasil menjadi programmer komputer sejak abad ke-19, Grace Hopper juga berhasil untuk menjadi programmer yang menemukan istilah ‘bug atau debug’ pada komputer. Grace Murray Hopper merupakan Laksmana Angkatan Laut Amerika Serikat yang lahir pada 1906. Hopper adalah pencipta ‘kompiler’ yang mengubah tulisan menjadi kode. Tak hanya itu saja, Grace Hopper juga membantu dalam penemuan dan pengembangan suatu bahasa pemrograman, COBOL.

5. Marie Van Brittan Brown

Sekarang, hampir setiap perusahaan, mall, cafe, hingga rumah kerap dipasangi CCTV. Penemuan Marie Brown ini berhasil mempengaruhi adanya CCTV pada masa kini. Brown berhasil menemukan sistem keamanan rumah yang pertama kali. Bekerja sebagai perawat dan tinggal di daerah yang rawan, membuat Marie Brown ingin merasakan keamanan saat berada dalam rumahnya. Hal inilah yang memotivasinya untuk menciptkan sistem keamanan pada rumah. Ia membuat lubang intip, kamera, monitor, mikrofon 2 arah, dan tombol alarm dan mematenkan penemuannya ini di tahun 1966.

6. Dr. Shirley Jackson

Berhasil menjadi perempuan kulit hitam pertama yang mendapatkan gelar Doktor di tahun 1973, Jackson memulai karirnya di Laboratorium Bell, dimana ia memulai penelitian-penelitian dari hasil temuannya. Pada saat ini Shirley Jackson sangat berpengaruh pada bidang telekomunikasi sebab berhasil menemukan faks portabel, telepon nada sentuh, sel surya, kabel serat optik, dan teknologi di balik ID penelepon dan panggilan tunggu. Sekarang, Jackson menjadi pimpinan dari Institut Rensselaer Polytechnic di Amerika Serikat.

Inilah enam wanita yang berhasil mengubah dunia menjadi lebih baik dengan penemuan dan ciptaannya. Sangat menginspirasi, ya Hinet Lovers, terutama saat ini seluruh dunia dipermudah dalam bidang komunikasi, teknologi, dengan penemuan para wanita hebat ini.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.