Hinet Internet Cepat 4G LTE

Inilah Jenis-Jenis Malware Berbahaya dan Cara Pencegahannya

Inilah Jenis-Jenis Malware Berbahaya dan Cara Pencegahannya – Hidup tanpa teknologi dan internet di masa kini merupakan tantangan yang sulit karena segala hal yang manusia gunakan terlah terhubung kepada kecanggihan kedua item tersebut. Bisa dikatakan bahwa manusia telah ketergantungan pada teknologi dan internet, terutama di masa pandemi ini semua aktivitas sebisa mungkin hanya dilakukan secara online. Oleh karena itu smartphone menjadi hal yang paling berharga karena hanya melalui benda ini seakan kamu bisa mengakses dunia yang besar.

Pernahkah kamu mendengar istilah malware? Malware merupakan perangkat lunak atau software yang dirancang untuk menyusup, merusak, dan membahayakan sistem perangkat. Melihat popularitas smartphone sebagai benda andalan saat ini maka tak hanya menyerang komputer atau laptop namun malware juga telah menyerang smartphone melalui aplikasi-aplikasi yang terunduh didalamnya. Malware ini sangat berbahaya sebab virus ini akan mencuri seluruh informasi dan data yang kamu miliki pada perangkat tersebut dan nantinya data-data ini dapat disalahgunakan oleh sang hacker.

Malware sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dan klasifikasi yang berbeda. Berikut ini adalah jenis malware yang patut kamu ketahui serta cara pencegahannya.

1. Virus

Virus mungkin menjadi jenis malware yang paling umum dan sering disebut ketika komputer dan ponsel tiba-tiba crash. Cara kerja virus adalah mendistribusikan salinan programnya sendiri dan menunggu pemilik perangkat untuk tidak curiga agar virus ini dapat mengeksekusi tindakannya. Seperti virus pada pelajaran biologi maka virus malware ini dapat menyebar dengan cepat dan luas dimana menyebabkan kerusakan parah pada fungsi inti sistem, file, dan mengunci pengguna dari komputer mereka. Jika virus malware ini terdapat pada perangkatmu maka kamu bisa menginstall software anti-malware dan aktifkan fungsi Firewallnya. Setelah itu, lakukan scan secara menyeluruh pada sistem perangkatmu.

Baca Juga: Rekomendasi Anti Virus Terbaik Untuk Pengguna Android

2. Worms

Disebut dengan nama worms karena berasal dari cara mereka yang menginfeksi sistem. Dimulai dari satu mesin atau sistem yang terinfeksi, mereka akan menjalin jalannya melalui jaringan sampai ke mesin perangkat untuk melanjutkan penyebaran infeksinya. Jenis malware ini sangat menular dan dapat menginfeksi seluruh jaringan perangkat dengan sangat cepat. Worms biasa muncul melalui email dan instant messages. Beberapa contoh worms adalah Melissa, Morris, Mydoom, Sasser, Blaster, and Myife. Cara terbaik untuk mengatasi worms ini adalah menggunakan software antivirus atau anti-malware.

3. Spyware

Seperti namanya, spyware dirancang untuk memata-matai aktivitas yang dilakukan oleh pemilik perangkat dengan bersembunyi di dalam komputer. Malware jenis ini akan mengumpulkan informasi tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari penggunanya, seperti detail kartu kredit, password, dan informasi privasi lainnya. Selain menggunakan anti malware seperti jenis-jenis malware lainnya, sebaiknya kamu jangan menyimpan informasi pribadi yang krusial pada komputer maupun smartphonemu.

4. Trojan

Sama seperti tentara Yunani bersembunyi di kuda raksasa untuk menyampaikan serangan mereka, jenis malware Trojan ini akan menyamar sebagai software berguna dan kerap kali membujuk kamu untuk menginstal program tersebut di perangkat yang kamu miliki. Trojan yang bekerja secara diam-diam telah disebut sebagai malware yang paling berbahaya sebab jenis malware ini juga memberi akses informasi personal pemilik komputer seperti IP address, password, dan detail akun bank ke penjahat cyber atau hacker. Pencegahan terbaik adalah kamu harus berhati-hati saat menginstal software baru di sistem perangkatmu atau saat mengklik link maupun membuka attachment email karena lewat cara itulah trojan akan menyusup.

Baca Juga: Hati-Hati Dengan Dua Malware Ini Pada Android!

5. Ransomware

Juga dikenal sebagai scareware, ransomware memiliki harga yang mahal sebab ketika perangkatmu sudah terjangkit jenis malware ini maka ransomware akan memblokir kamu menuju akses ke data yang kamu miliki. Dengan begitu sang hacker bisa mengancammu untuk mempublikasikan data dan informasi tersebut dan untuk menghapusnya kamu perlu mengeluarkan uang tebusan. Parahnya, tidak ada yang bisa menjamin jika kamu telah membayar uang tebusan yang diminta maka sang hacker akan mengembalikan dan menghapus data dan informasi yang dicuri. Makanya, ransomware ini sangat berbahaya bagi perusahaan-perusahaan besar karena hacker menargetkan uang tebusan yang besar. Untuk mengurangi serangan ransomware maka kamu dapat melakukan backup data pada komputer atau smartphone secara berkala. Tak hanya itu, selalu update versi terbaru OS pada sistem perangkatmu.

Demikian jenis-jenis malware yang membahayakan keamanan perangkat dan data pribadimu serta cara untuk mencegahnya. Pastikan untuk tidak sembarangan menginstal aplikasi yang tidak terverifikasi dan mengklik link internet yang mencurigakan, ya Hinet Lovers.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.