Hinet Internet Cepat 4G LTE
Jenis-Jenis Jaringan Internet Yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Jaringan Internet Yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Jaringan Internet Yang Harus Kamu Ketahui Tahukah Hinet Lovers, ternyata Indonesia menduduki peringkat kelima sebagai pengguna internet terbesar di dunia. Jumlah ini memang cukup besar mengingat tidak dapat dimungkiri bahwa jumlah penduduk Indonesia yang memang cukup padat. Kebutuhan akan tersedianya jaringan internet pun mengalami peningkatan, terlihat dari penyedia jasa layanan internet yang terus memperluas area jangkauannya.

Namun Hinet Lovers sudah tahu belum sih, apa saja jaringan-jaringan internet yang biasanya paling sering digunakan? Nah, berikut ini Hinet bakal ngejelasin macam-macam jaringan internet yang ada dan yang paling banyak dikenal, berikut di antaranya:

1. LAN (Local Area Network)

Jenis-Jenis Jaringan Internet Yang Harus Kamu Ketahui - LAN

Local Area Network atau biasa yang sering disebut LAN merupakan suatu jaringan komputer yang cakupan jaringannya kecil. Seperti pada jaringan komputer di warung internet, sekolah, rumah, ataupun lembaga bimbingan belajar. LAN biasanya dibantu menggunakan kabel ethernet agar tersambung untuk ke PC ataupun ke laptopmu.

2. PAN (Personal Area Network)

Jenis-Jenis Jaringan Internet Yang Harus Kamu Ketahui - PAN

Personal Area Network atau yang lebih dikenal dengan PAN, memiliki fungsi yang sama sesuai dengan namanya yaitu hanya mencangkup area perorangan saja.  Cakupan yang diberikan oleh PAN memang lebih kecil bila dibandingkan dengan LAN. PAN memiliki cakupan yang sangat kecil yaitu hanya 10 meter saja. Cara mengoneksikannya pun juga cukup mudah yaitu hanya dengan menyambungkan lewat bluetooth saja. Kemudahan yang diberikan jaringan PAN misalnya dapat berguna untuk meng-upload foto ataupun video ke desktop kamu, mengirim dokumen, dan masih banyak lainnya.

3. WAN (Wide Area Network)

Jenis-Jenis Jaringan Internet Yang Harus Kamu Ketahui - WAN

Wide Area Network atau yang lebih dikenal dengan WAN memiliki jaringan telekomunikasi yang membentang luas, bahkan bisa mencapai satu negara atau bahkan seluruh negara. WAN lebih sering digunakan untuk kepentingan bisnis. Secara garis besar WAN memang mirip dengan MAN yang bisa menyambung ke beberapa MAN akan tetapi LAN bisa dihubungan jauh lebih banyak oleh WAN dari pada MAN.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

Jenis-Jenis Jaringan Internet Yang Harus Kamu Ketahui - PAN

Metropolitan Area Network atau yang biasa disebut dengan MAN memiliki jaringan koneksi yang internet lebih besar dari pada LAN. Jaringan MAN lebih bisa digunakan untuk beberapa LAN hingga menembus ke suatu kota.

Sekarang Hinet Lovers sudah mengetahui beragam jenis jaringan internet, kan? Agar lebih maksimal lagi dalam menggunakan internet, kamu bisa menggunakan Paket Internet Unlimited dari Hinet yang akan membuat kuotamu lebih hemat.

Comments (2)

  1. by : DavaFarhanFadhillah September 4, 2019 at 7:41 pm

    Ini tugasnya pak

    Reply
  2. by : DavaFarhanFadhillah September 4, 2019 at 7:43 pm

    Ini pak

    Reply

Leave a Reply

* Your email address will not be published.