Hinet Internet Cepat 4G LTE
Kamera DSLR Juga Bisa Kena Virus, Begini Cara Mengatasinya

Kamera DSLR Juga Bisa Kena Virus, Begini Cara Mengatasinya

Kamera DSLR Juga Bisa Kena Virus, Begini Cara Mengatasinya – Kebanyakan aktivitas yang kita kerjakan jarang terlepas dari yang namanya perangkat elektronik, seperti misalnya PC, laptop, dan ponsel. Maka dari itu, kita juga tidak boleh lupa untuk memperketat keamanan pada perangkat elektronik yang sedang kita pakai, agar data berharga kita tidak dicuri oleh pelaku kriminal ‘cyber’.

Ya, mengingat banyak sekali kasus-kasus ‘cyber crime’ yang santer terjadi belakangan ini. Untuk mendapatkan data berharga korban, biasanya para ‘hacker’ ini menanamkan virus ransomware dan perangkat elektronik kerap kali menjadi incaran adalah komputer, laptop, iPhone, dan Android.

Namun, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan kalau kamera DSLR juga bisa terjangkit virus ransomware. Lalu pertanyaannya,“Bagaimana bisa ditemukan virus DSLR atau virus kamera?”

Pada kesempatan kali ini, Hinet akan membahas seputar virus kamera, virus ransomware, ciri-ciri kamera terkena virus ransomware dan cara menghilangkan virus pada kamera.

1. Apa Itu Virus Ransomware

Kamera DSLR Juga Bisa Kena Virus, Begini Cara Mengatasinya

Mungkin Hinet Lovers masih ada yang belum paham betul dengan virus ransomware. Buat yang belum tahu, ransomware merupakan sejenis malware atau perangkat lunak jahat yang mampu memblokir data komputer milik korban dan mencegah korban untuk mengakses data, sehingga untuk bisa mengakses data si korban akan dimintai uang tebusan.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus

2. Bahaya yang Mengancam

Kamera DSLR Juga Bisa Kena Virus, Begini Cara Mengatasinya

Menurut Eyal Itkin, selaku peneliti dari Checkpoint mengungkapkan bahwa ‘Picture Transfer Protocol’  adalah metode paling tepat untuk menyebarkan malware ke kamera DSLR. Alasannya, metode ini tidak terotentifikasi sistem keamanan dan dapat menggunakan USB ataupun koneksi WiFi.

Selain itu, seseorang dengan acces point Wi-Fi yang sudah terinfeksi juga dapat mengirimkan malware berbahaya tersebut kepada korbannya secara nirkabel. Bahkan parahnya lagi, bisa sampai menyebarkan malware tersebut ke PC atau laptop milik si korban

Dengan berada di koneksi Wi-Fi yang sama, para peretas dapat menyerang kamera dengan cara mengirimkan kunci enkripsi ke foto-foto Anda.

Baca Juga: Mendalami Malware Quadrooter Sebagai Virus Paling Berbahaya Bagi Smartphone

3. Ciri-Ciri DSLR Terkena Virus

Kamera DSLR Juga Bisa Kena Virus, Begini Cara Mengatasinya

Kamu juga harus menyadari, kenapa hacker turut mengincar sebuah kamera DSLR. Alasannya, di dalam kamera pasti tersimpan foto-foto berharga. Sehingga, data ini menjadi sasaran empuk bagi mereka.

Bagaimana cara virus ransomware bisa masuk dan menjangkit sebuah kamera? Jawabannya ialah dengan melalui Wi-Fi.

Para hacker ini nantinya akan mengenkripsi foto yang tersimpan di dalam SD card. Sehingga korban tidak dapat membuka ataupun mengakses foto tersebut.

Selain tidak bisa dibukanya foto-foto di dalam memori, ciri-ciri kamera terkena virus juga bisa ditandai dengan tidak bisa terbacanya ‘memory card’ di kamera dan hilangnya folder foto secara misterius.

Baca Juga: Petunjuk Memilih Paket Internet Rumah Paling Ekonomis

4. Cara Membersihkan Virus Kamera

Kamera DSLR Juga Bisa Kena Virus, Begini Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui apa itu virus ransomware, serta bahaya apa saja yang dapat mengancam pada kamera, terakhir Hinet akan membagikan tips menghilangkan virus pada kamera.

Hal pertama yang bisa Hinet Lovers lakukan adalah menggunakan Antivirus. Pastikan kamu sudah menginstal Antivirus dengan update yang terbaru, sehingga kinerja Antivirus dalam hal mendeteksi virus akan menjadi lebih optimal.

Coba lakukan scaning dengan Antivirus tersebut. Usahakan juga untuk melakukan pemindaian di komputer atau laptop yang bersih dari virus.

Cara kedua, kamu bisa menggunakan program CMD di komputer. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Tekan tombol shortcut Windows + R untuk menjalankan RUN
  • Kemudian ketik CMD dan enter
  • Lalu, ketik drive yang dapat membaca file memory card, sebagai misal memory card terbaca di drive F, maka ketik saja f:
  • Setelah tertuju ke drive memory card, ketik lah attrib *.* -s -h -r /s /d
  • Tunggu beberapa saat hingga memory card memunculkan file atau folder yang disembunyikan atau “hidden”

Sekianlah informasi seputar virus kamera, ciri-ciri kamera terkena virus, sekaligus cara menghilangkan virus pada kamera. Pesan dari Hinet untuk kalian, berhati-hatilah dalam menggunakan perangkat elektronik. Apalagi kalau mengakses apapun secara gratis, seperti internet atau Wi-Fi. Alasannya, sudah banyak oknum-oknum cyber crime yang pintar untuk mencuri data berharga kita.

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, belum lengkap rasanya kalau Hinet tidak membahas paket internet murah 2019 juga. Ya, bagi pengguna smartphone sudah seharusnya membeli paket internet paling murah. Dengan memilih paket internet murah, kamu bisa internetan tanpa harus keluar budget mahal.

Lalu, paket internet paling murah yang paling recommended apa ya?

Nah! Selain Paket Internet Rumah murah dan Paket Internet Unlimited murah, Hinet punya paket internet murah 2019 lainnya yang spesial untukmu, yaitu MIFI SUPER XTREME!

MiFi Super Xtreme

Jadi, Hinet Lovers bisa membeli paket internet murah MIFI SUPER XTREME dengan harga mulai dari Rp 350.000 dan mendapatkan kuota utama sebesar 35GB dengan masa aktif 60 hari.

Menariknya lagi dari paket internet murah MIFI SUPER XTREME, kamu akan mendapatkan bonus recharge untuk 3x Top Up di awal paket Rp 150.000 dan Rp 225.000 dapat Kuota Utama Ganda.

Bagaimana? Tertarik untuk membeli MIFI dan Top Up paket internet murah SUPER XTREME dari Hinet. Kalau iya, promo ini hanya berlaku di setiap pembelian online melalui Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Mau internetan dengan lancar dan mendapatkan kuota melimpah? Buruan beli HINET sekarang juga! Kamu bisa temukan juga paket internet rumah murah, paket internet unlimited murah, paket internet paling murah dan promo menarik lainnya dari Hinet di sini >>>

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.