Hinet Internet Cepat 4G LTE
Kepekaan Binatang Dinilai Dapat Memprediksi Gempa, Ada yang Banyak di Sekitar Kita

Kepekaan Binatang Dinilai Dapat Memprediksi Gempa, Ada yang Banyak di Sekitar Kita

Kepekaan Binatang Dinilai Dapat Memprediksi Gempa, Ada yang Banyak di Sekitar Kita – Bencana alam memang tidak bisa dihindari dan tidak ada yang tahu kapan datangnya. Tetapi manusia dapat memprediksi gempa dengan bantuan teknologi yang canggih. Uniknya, ada binatang yang dapat memprediksi gempa bumi tanpa menggunakan alat canggih, yakni melalui insting alamiah.

Baca Juga: Cara Unik Hewan Mengatasi Kepanasan, Ada yang Memeluk Pohon

Bagaimana binatang dianggap bisa memprediksi gempa?

Gempa bumi biasanya bisa dibaca ketika perilaku hewan di sekitar mulai menunjukkan keanehan. Beberapa pendapat mengaku kalah hewan bisa merasakan getaran dari dalam bumi. Bahkan ada yang juga yang mengungkapkan bahwa binatang dapat memprediksi adanya gempa dari gas yang dilepaskan bumi sebelum terjadi bencana. Hidup di alam liar membuat binatang memiliki insting yang kuat untuk berlindung dari musuh atau mencari makan. Insting itu juga yang disebut-sebut membuat hewan lebih peka membaca bencana yang akan datang.

Berikut adalah daftar hewan yang dianggap peka dalam memprediksi gempa bumi.

1. Kucing

Kepekaan Binatang Dinilai Dapat Memprediksi Gempa, Ada yang Banyak di Sekitar Kita - kucing

Seorang peneliti dari National Tsing Hua University yang bernama Hiroyuki Yamauchi pernah memprediksi gempa 9 SR di Jepang pada tahun 2011 lalu. Beliau melibatkan enam kucing rumahan ataupun liar beberapa hari sebelum gempa. Ternyata beberapa dari kucing yang ditelitinya menunjukan perilaku aneh seperti gemetar, stres, dan gelisah. Bahkan menurut majikan dari kucing rumahan mengatakan bahwa peliharaan mereka sudah terlihat takut selama satu bulan belakang.

Baca Juga: Fakta Tentang Google dan Binatang, Apa Hubungannya?

2. Katak

Kepekaan Binatang Dinilai Dapat Memprediksi Gempa, Ada yang Banyak di Sekitar Kita - katak

Sejumlah penelitian dari Amerika telah menyebutkan bahwa reptil, amfibi, dan ikan juga termasuk binatang pendeteksi gempa. Katak yang bisa hidup di darat dan di air dianggap lebih peka terhadap lempengan tektonik yang sedikit bergeser. Kemudian katak akan pergi mencari tempat aman ketika pergeseran itu semakin cepat.

Baca Juga: Panduan Isi Ulang Paket Internet Hinet Menggunakan Aplikasi Hinetku

3. Ular

Kepekaan Binatang Dinilai Dapat Memprediksi Gempa, Ada yang Banyak di Sekitar Kita - ular

Sesuai dengan pernyataan pada poin kedua, reptil adalah binatang yang bisa memprediksi gempa bumi juga. Kulit ular yang langsung menempel di bumi memungkinkannya mendeteksi gempa dengan sangat peka. Perilaku kepekaan hewan terhadap gempa dapat dilihat ketika mereka beramai-ramai keluar dari sarangnya. Hewan berdarah dingin ini hanya keluar sarang ketika cuaca sedang hangat. Sebab keluar sarang pada saat cuaca ekstrem dapat membuat mereka mati.

Itulah perilaku binatang yang peka terhadap getaran gempa. Kalau manusia dapat memanfaatkan seismograf untuk mengukur getaran yang terjadi di permukaan bumi. Tetap gunakan Modem Home Router dari Hinet agar internetan lancar anti lemot dan bisa digunakan bersama-sama hingga 30 pengguna. Kalau kamu ingin menikmati keseruan internet unlimited dengan banyak akses dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.