Hinet Internet Cepat 4G LTE
Komplain Pembeli Online yang Penjual Hafal Di Luar Kepala

Komplain Pembeli Online yang Penjual Hafal Di Luar Kepala

Komplain Pembeli Online yang Penjual Hafal Di Luar Kepala  – Jika Hinet Lovers ingin membuka usaha dengan berbisnis online harus bersiap-siap menanggangi komplain dari para pembeli. Komplain merupakan salah satu cara mengindikasi ketidakpuasan konsumen terhadap online shop kita. Sebenarnya, wajar saja pembeli mengajukan komplain. Tidak perlu kesal apabila pembeli sering mengajukan komplain. Bahkan kita bisa menjadikan komplain tersebut sebagai masukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi berikutnya. Namun, kita tetap harus berhati-hati dan pandai dalam menanggapi komplain. Tetap waspada terhadap komplain yang disampaikan terlihat mengada-ada, padahal kita sudah menanggapi dengan sebaik-baiknya. Berikut ini adalah beberapa komplain yang sering disampaikan oleh para pembeli kepada online shop.

1. Slow Respons

Komplain Pembeli Online yang Penjual Hafal Di Luar Kepala - slow respon

Berbisnis online memang tidak mempertemukan antara penjual dan pembeli. Mereka berinteraksi melalui berbagai media komunikasi baik lewat chat atau lewat telepon. Nah, respons penjual yang terbilang lamban dalam menjawab pertanyaan dari pembeli sebaiknya dihindari. Lamban dalam menanggapi komplain atau pertanyaan pembeli akan memengaruhi kepuasan pelanggan. Dikhawatirkan pembeli kapok dan tidak mau lagi membeli di toko kita.

Baca Juga: Ingin Lancar Jualan Online? Cek Dulu Trik Membangun Kepercayaan Pembeli

2. Terlambat Mengirim

Komplain Pembeli Online yang Penjual Hafal Di Luar Kepala - terlambat mengirim

Proses pengiriman barang biasanya dipercayakan oleh kurir pengantar barang untuk sampai ke tangan konsumen. Akan tetapi, karena banyaknya pesanan sering kali penjual terlambat mengirimkan barang. Pesanan yang sudah dibayar tidak langsung dikirim pada saat itu juga. Apabila keterlambatan yang terjadi akibat kurir pengantar, ada baiknya kita terus memberi kabar kepada pembeli agar pembeli tahu bahwa kesalahan yang terjadi bukan akibat kelalaian kita. Hal ini juga menunjukkan komitmen kita dalam memastikan barang sampai kepada pembeli. Langkah ini baik dilakukan untuk menjaga kepercayaan pelanggan.

Baca Juga: Pertanyaan Sering dari Pembeli Online yang Bikin Ingin Auto Jawab

3. Terdapat Kerusakan pada Barang

Beragam kerusakan barang dapat terjadi, seperti pecah, patah, ataupun adanya komponen yang tidak lengkap. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya memilih jasa pengiriman barang yang dilengkapi dengan perjanjian garansi. Keuntungan ini diperuntukkan sebagai penukaran barang yang rusak saat diterima oleh pembeli.

Baca Juga: Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

4. Tidak Sesuai dengan Gambar

Selain itu, komplain yang paling sering dilontarkan oleh pembeli adalah barang yang diterima tidak sesuai dari gambar. Sebenarnya tidak semua penjul berbohong perihal gambar yang dipajang, akan tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan gambar berbeda yaitu faktor dari pencahayaan kamera, gambar yang diunggah berkualitas rendah, atau bahkan kurangnya detail mengenai produk. Inilah pentingnya menuliskan deskripsi produk serinci mungkin. Bila perlu, jelaskan juga bahwa perbedaan warna pada tampilan layar gadget juga memiliki pengaruh.

Hinet Lovers yang memiliki bisnis online tentunya sudah tidak asing lagi ya, dengan keluhan di atas? Apapun komplain yang disampaikan pelanggan menunjukkan bahwa bisnis kita sedang berkembang. Tinggal kita pandai, tanggap, dan tetap mengutamakan kejujuran agar bisnis kita menjadi bisnis yang terpercaya.

Kalau Hinet Lovers mau percaya adanya internet cepat unlimited, kamu bisa coba menggunakan Mifi 4G dari Hinet yang sinyal internetnya nggak bakal PHP-in kamu. Apabila kamu ingin menikmati kemudahan internet unlimited dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.