Hinet Internet Cepat 4G LTE
Perhatikan Konsep Dasar Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Ke Dunia Digital Marketing

Perhatikan Konsep Dasar Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Ke Dunia Digital Marketing

Perhatikan Konsep Dasar Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Ke Dunia Digital Marketing – Seiring waktu berjalan, teknologi kian berkembang hingga sampai ke taraf yang lebih tinggi. Dengan begitu, seluruh masyarakat dapat memanfaatkan teknologi ke seluruh berbagai bidang, salah satunya ialah bisnis. Dunia bisnis selalu menjadi bahan perbincangan yang hangat. Ditambah lagi dengan hadirnya sektor bisnis di dunia digital.

Ya, kini kita sudah memasuki era yang modern. Era dimana hampir seluruh penduduk di berbagai belahan dunia kerap memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan kebutuhannya. Berkat hadirnya teknologi, maka lahirlah juga platform digital yang dapat digunakan sebagai ladang penghasil uang. Nah, pemanfaatan teknologi digital inilah yang dinamakan dengan Digital Marketing.

Perhatikan Konsep Dasar Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Ke Dunia Digital Marketing

Sebagai kaum milenial yang lahir di era modern, kita dituntut harus memahami seluk beluk dunia digital, khususnya konsep digital marketing maupun tugas digital marketing. Dikarenakan saat ini ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa digital marketing yang paham akan penerapan, konsep, serta media digital marketing apa saja yang harus digunakan.

Bagi Hinet Lovers yang ingin mengetahui lebih lanjut pengertian digital marketing, manfaat digital marketing, dan lain-lainnya, silahkan kamu simak selengkapnya di bawah sini ya.

Mengenal Apa itu Digital Marketing

Jika ingin terjun ke dunia digital marketing, Hinet Lovers perlu tahu dulu nih pengertian digital marketing. Nah, apa sih digital marketing itu? Digital marketing adalah aktivitas mempromosikan produk yang didagangkan maupun brand andalan dari perusahaan dengan memanfaatkan media elektronik.

Mengingat jumlah pengguna sosial media saat ini sangatlah banyak dan kian bertumbuh, maka media digital marketing yang tepat untuk menjadi sasaran para digital marketer adalah sosial media. Kalau dulu, media digital marketing hanya radio dan televisi saja, atau secara tradisionalnya para pelaku usaha mempromosikan brand-nya dengan cara mencetak brosur atau pamflet.

Perhatikan Konsep Dasar Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Ke Dunia Digital Marketing

Melihat fenomena berkembangnya teknologi digital saat ini, membuat model pemasaran digital sebagai alternatif pilihan untuk menanamkan pundi-pundi penghasilan. Adapun beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing yang harus kamu ketahui:

  • Google Ads, iklan online,
  • SEO (Search Engine Optimization),
  • Promosi media cetak atau televisi dan radio,
  • Mobile marketing,
  • Dan sebagainya.

Baca Juga: Aplikasi Ini Akan Membantu Kamu Belajar Terjun Ke Dunia Marketing, Cocok Buat Pemula

Mengapa Kita Membutuhkan Digital Marketing?

Perhatikan Konsep Dasar Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Ke Dunia Digital Marketing

Selanjutnya, kamu perlu tahu juga nih mengapa digital marketing sangat dibutuhkan. Berikut beberapa alasannya:

  • Ada banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya mengeksplorasi dunia digital atau internet. Khususnya juga sosial media, bahkan Indonesia menempati peringkat ke-4 dalam hal banyaknya pengguna aktif sosial media. Maka dari itu, pelanggan-pelanggan yang bisa dijadikan target paling banyak ditemukan di platform digital tersebut.
  • Investasi pada digital marketing dapat disesuaikan dengan kemampuan atau kebutuhan perusahaan. Dalam artian lebih fleksibel dan bisa dimulai dengan modal berapa saja.
  • Tidak seperti marketing tradisional yang akan memakan waktu dan proses yang lama, digital marketing bisa dibilang sangatlah efisien. Para digital marketer dapat memulai kampanye dan promosi iklan hanya dengan kurun waktu beberapa jam saja, apalagi yang sudah dimudahkan dengan adanya sebuah website pribadi.
  • Pada digital marketing, untuk melakukan pengukuran hasil kampanye-nya jauh lebih lengkap dan akurat. Dikarenakan ada beragamnya tools yang dapat digunakan sebagai alat pengukuran kampanye, mulai dari Google Analytics, pixel, tag, maupun tracking scripts. Bahkan, metriknya pun cukup dibilang lengkap. Alasannya, para digital marketer akan lebih mudah mengukur seberapa banyak iklan yang ditampilkan, seberapa banyak orang yang tertarik dengan iklan atau membacanya, seberapa banyak orang yang mengunduh maupun mengisi informasi, dan sebagainya.

Baca Juga: Mahasiswa Juga Bisa Mulai Berbisnis, Coba Peluang Mudah Ini

Tujuan Digital Marketing

Mungkin kamu sudah paham kalau marketing pada perusahaan berfungsi sebagai penghubung perusahaan dengan marketnya. Nah! Sedangkan digital marketing akan menghubungkan perusahaan pada market juga namun pasarnya di internet. Sebetulnya, apa saja sih tujuan dari digital marketing? Tujuan digital marketing itu ada 2, yaitu mendatangkan traffic dan menjadikan traffic itu convert. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

  • Mendatangkan Traffic

Adanya digital marketing di dalam perusahaan bertujuan untuk mendapatkan seorang konsumen atau melebarkan sayap bisnisnya. Maka dari itu, traffic tersebut harus diubah menjadi pembeli.

Sebagai seorang digital marketer juga harus fasih dengan cabang-cabang ilmu digital marketing, mulai dari digital advertising, social media strategy, content marketing, inbound marketing, dan search engine optimization (SEO)

Baca Juga: Apa Pengaruh Website Dalam Bisnis Anda?

  • Menjadikan Traffic Conversion

Warganet yang sudah melihat produk atau barang dagangan, belum tentu juga akan langsung membelinya. Kita tidak bisa berharap terlalu tinggi kalau para pengunjung nantinya akan melakukan apa yang kita inginkan. Maka dari itu, sudah menjadi tugas digital marketing juga untuk mengubah traffic menjadi konversi.

Mengenal Penerapan Digital Marketing

Perhatikan Konsep Dasar Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Ke Dunia Digital Marketing

Jika sudah mengetahui pengertian, tujuan, dan apa alasan dibutuhkannya digital marketing, maka kita bisa langsung memulai prakteknya nih.

  • Langkah paling awal, siapkan media digital marketing yang bisa dijadikan alat untuk melakukan aktivitas pemasaran, baik itu akun sosial media dan website. Siapkan juga alat-alat penunjang lainnya seperti identitas produk, bahan postingan, review, testimoni, feedback, dan sebagainya.
  • Siapkan konten yang unik sehingga mampu menarik perhatian netizen. Entah itu berbentuk foto, video, atau tulisan.
  • Mulailah untuk memposting konten tersebut dan selanjutnya lakukan evaluasi di setiap postingan. Pilih konten mana yang paling banyak menerima feedback yang baik. Setelah sudah menemukannya, fokuslah pada beberapa konten tersebut.
  • Selanjutnya, perbanyak bergabung dengan beragam forum marketplace publik. Alangkah baiknya jika kamu juga membuat profil bisnis yang bagus, sehingga citra produk menjadi lebih baik.

Baca Juga: Cara Jitu Meningkatkan Traffic Website

Skill yang Harus Dimiliki

Perhatikan Konsep Dasar Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Ke Dunia Digital Marketing

Sebelum terjun ke dunia digital marketing, setidaknya ada beberapa skill yang harus dikuasai oleh para calon digital marketer nih. Seperti:

  • Mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi
  • Dapat bekerjasama dengan tim
  • Bisa berkomunikasi dengan baik
  • Menguasai Technical Skill, mulai dari web development ataupun editing video
  • Kemampuan mengolah dan memvisualisasikan data dengan baik
  • Aktif dan menguasai pemahaman sosial media
  • Analisa yang tajam

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Website

Teknik Sukses Digital Marketing

Perhatikan Konsep Dasar Harus Kamu Kuasai Sebelum Masuk Ke Dunia Digital Marketing

Selain skill khusus yang harus dikuasai, sebagai calon digital marketer juga harus memahami teknik dasar berikut ini:

  • Paham Tujuan Perusahaan, pertama-tama sebagai digital marketer harus bisa menetapkan tujuan perusahaan. Apa saja yang ingin dicapai olehmu.
  • Konsep SEO (Search Engine Optimization), dengan SEO kamu bisa menjadikan konten yang sudah dibuat berada di urutan pertama pada indeks ‘search engine’ seperti Google. Apabila sudah berada di posisi pertama, maka kesempatan diklik atau dibuka oleh warganet akan semakin besar.
  • Konsep SWOT (Strengths, weakness, opportunities, threats), sebagai digital marketer juga harus menemukan nilai atau keunikan yang dimiliki oleh perusahaan dan kemudian dibandingkan oleh kompetitor. Jika dirimu menemui kekurangan, maka kamu bisa memperbaikinya.
  • Interaksi dengan Konsumen, dengan melakukan interaksi maka kepercayaan pelanggan akan terbangun dan dapat dijadikan pembuktian juga kalau perusahaan kamu peduli dengan mereka.
  • Meningkatkan Kualitas Konten, tingkatkan mutu konten dengan memperbanyak keyword (kata kunci yang banyak dicari oleh warganet) yang tepat. Dikarenakan SEO berkaitan dengan keyword.
  • Meningkatkan Penjualan, seorang digital marketer harus bisa menganalisa dan mengontrol seberapa banyak traffic dan penjualan yang sudah didapat. Mengingat tujuan dari digital marketing ini yaitu untuk meningkatkan penjualan.

Bagaimana Hinet Lovers? Apakah kamu sudah mulai memahami dunia digital marketing? Sebagai penutup informasi ini, tidak lupa juga Hinet mengingatkanmu untuk terus top up dan berlangganan paket data unlimited dari HINET, Internet Provider Terbaik di Indonesia. tertarik untuk membeli Hinet? Kamu bisa mendapatkannya dengan KLIK GAMBAR DIBAWAH INI

                     

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.