Hinet Internet Cepat 4G LTE
Macam-macam Perekam Google Street View Trekker

Macam-macam Perekam Google Street View Trekker, Ada yang Pakai Ransel

Macam-macam Perekam Google Street View Trekker – Apakah kalian pernah mengetahui bagaimana Google Street View dibuat? Mungkin kamu pernah berpapasan dengan perangkat trekker dari Google Stret View, yaitu kendaraan yang digunakan oleh Google untuk mendokumentasikan gambar nyata kondisi jalan. Berkat kendaraan itulah kini kamu bisa melihat foto jalan di aplikasi Google Street View.

Perangkat pengambilan gambar oleh Google Street View tetap memerlukan peran manusia untuk mengoperasikannya selama di jalan. Selain itu, trekker hanya beroperasi saat cuaca sedang cerah, untuk menghindari distorsi gambar yang dihasilkan akibat butiran hujan.

Tidak hanya mobil yang digunakan untuk merekam sambil menyusuri jalan. Keseluruhan gambar yang telah direkam nantinya akan memasuki proses penyatuan gambar yang menghasilkan pemandangan 360 derajat. Kamu yang pernah membuka Google Stret View, bisa memutar gambar ke segala arah, bukan? Biasanya, Google akan memburamkan hal-hal yang privat seperti wajah warga atau pelat nomor kendaraan. Kamu bisa mengetahui macam-macam trekker untuk merekam Google Street View di bawah ini.

1. Mobil

Macam-macam Perekam Google Street View Trekker-Mobil

Mobil ini dilengkapi kamera 360 derajat di bagian atapnya yang memang menyerupai bola agar bisa menangkap gambar dari segala arah. Awalnya, kamera memiliki 11 lensa yang bisa menangkap dari 11 sudut. Namun, Google terus meng-upgrade perangkatnya yang diketahui terbaru telah menggunakan 15 lensa.

2. Motor

Macam-macam Perekam Google Street View Trekker-Motorcycle

Sumber Foto: Liputan6.com

 

 

 

 

 

 

Penggunaan motor biasanya untuk mengambil gambar yang tidak bisa dijangkau oleh mobil seperti jalan kecil hingga gang sempit. Nah, inilah yang kemudian membuat Google Maps menambahkan fitur penunjuk jalan bagi pengguna motor, yaitu jalan yang hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua.

3. Skuter

Macam-macam Perekam Google Street View Trekker-Skuter

Sumber Foto: Tribunnews.com

Skuter digunakan untuk merekam gang-gang kecil maupun medan yang lebih menantang seperti di pantai atau gunung. Skuter diperkirakan menempuh jarak sampai 30 kilometer dalam sehari. Dikutip dari Detik.com, skuter yang digunakan di Indonesia merupakan sepeda listrik yang diproduksi lokal di Tangerang.

4. Manusia

Macam-macam Perekam Google Street View Trekker-Pedestrian

Sumber Foto: google-street-view.com

 

 

 

 

 

 

Seseorang yang bertugas menjadi Street View Trekker menggunakan perangkat dalam bentuk ransel. Beban ransel yang dilengkapi kamera trekker diperkirakan seberat 18 kilogram. Hasil rekaman gambarnya adalah wilayah yang bisa dilalui pedestrian atau pejalan kaki. Eko Pramono merupakan operator Street View Trekker dari Indonesia yang pertama kali bertugas untuk merekam Candi Borobudur di Magelang. Selain Candi Borobudur, Eko juga sudah merekam jalur pedestrian lain seperti di Candi Kalasan, Mendut, dan Ratu Boko, hingga beberapa pantai dan situs purba.

Berkat layanan Google Street View ini kita bisa berjalan-jalan secara virtual. Bahkan bisa melihat pemandangan jalan dan alam yang belum pernah kita datangi. Apakah daerahmu sudah terekam di Google Street View?

Atau kamu tertarik untuk menjadi petugas trekker Google Street View? Kalau kamu ingin bisa terus internetan kapanpun dan di manapun anti lelet, kamu bisa menggunakan Mifi 4G dari Hinet. Kamu bisa membawanya di dalam saku atau tasmu. Nggak memerlukan sumber listrik, karena dilengkapi baterai yang awet mencapai 6 jam. Kalau ingin menikmati serunya internet unlimited anti lemot dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.