Hinet Internet Cepat 4G LTE
5 Makanan Karbohidrat Rendah Kalori, Cocok Sebagai Pengganti Nasi

5 Makanan Karbohidrat Rendah Kalori, Cocok Sebagai Pengganti Nasi

5 Makanan Karbohidrat Rendah Kalori, Cocok Sebagai Pengganti Nasi – Sudah menjadi ciri khas warga Indonesia kalau makan harus ada nasinya. Pasti kamu sering mendengar ucapan seperti, “Hmm… kurang nasi nih…” atau “Paling enak kalo pake nasi nih…” kan? Ya, karena nasi sudah menjadi makanan karbohidrat paling populer di Indonesia.

Meskipun begitu, nasi bisa menjadi ‘musuh’ bagi orang-orang yang sedang menjalani proses diet. Sehingga mereka lebih memilih menghindari nasi dan memilih makanan karbohidrat lainnya yang memiliki kalori yang rendah.

Harus kamu ketahui, karbohidrat merupakan sumber utama penghasil energi dan mengandung zat gizi, sehingga sangat penting juga untuk kamu. Jadi jangan sampai tidak mengkonsumsi makanan karbohidrat sama sekali. Lalu, pengganti nasi yang tepat apa ya? Mau tahu? Nah! Kali ini Hinet akan membahas 5 makanan karbohidrat kalori rendah yang baik untukmu. Cocok juga untuk yang sedang diet loh! Berikut daftarnya:

1. Beras Merah

5 Makanan Karbohidrat Rendah Kalori, Cocok Sebagai Pengganti Nasi - Beras Merah

Pasti Hinet Lovers sudah familiar dengan beras berwarna merah. Beras merah merupakan makanan rendah kalori alternatif pertama yang bisa kamu konsumsi sebagai pengganti beras putih. Bahkan, serat yang terkandung di dalam beras merah jauh lebih banyak ketimbang beras putih loh. Dengan begitu, beras merah merupakan pilihan yang tepat untuk penderita diabetes. Tidak hanya bagus untuk para penderita diabetes, beras merah juga bagus untuk menguruskan badan, karena kadar kalori yang dikandungnya sangat rendah.

Baca Juga: 3 Macam Diet yang AMAN dan Ampuh Menurunkan Berat Badan

2. Kentang

5 Makanan Karbohidrat Rendah Kalori, Cocok Sebagai Pengganti Nasi - Kentang

Alternatif kedua pengganti nasi adalah kentang. Makanan ini dikenal sebagai salah satu kelompok umbi-umbian yang kaya akan kandungan pati resisten. Ada fakta menarik dari bagian kulitnya. Mungkin sebagian dari kamu ada yang membuang kulit kentangnya sebelum dikonsumsi bukan? Nah ada baiknya jika kamu tidak membuangnya, karena pada kulit kentang terkandung serat, kalium, serta vitamin C. Plus, konsumsi lah kentang dengan cara dikukus atau direbus. Alasannya, jika kentang digoreng malah akan menambah asupan lemak.

Baca Juga: Diet Karbohidrat Menghindari Makan Nasi. Apa Saja Penggantinya?

3. Roti Gandum

5 Makanan Karbohidrat Rendah Kalori, Cocok Sebagai Pengganti Nasi - Roti Gandum

Pada saat sarapan, kamu bisa menjadikan roti gandum sebagai menu utamanya. Ketimbang roti tawar biasa, roti gandum memiliki serat yang lebih tinggi. Sehingga akan sangat bagus untuk kamu yang ingin sarapan tetapi tidak mau bertambah gendut. Bahkan bisa menjadi sumber energi yang awet, karena rasa kenyangnya dapat bertahan hingga siang hari.

Baca Juga: Jalani Hidup Sehat Dengan Mengganti Cemilan ‘Tidak Sehat’ Dengan Sayuran Ini

4. Buah-Buahan

5 Makanan Karbohidrat Rendah Kalori, Cocok Sebagai Pengganti Nasi - Buah

Perlu kamu ketahui, ada juga loh buah-buahan yang mengandung karbohidrat. Buah bisa menjadi alternatif pilihan untuk dikonsumsi ketika sedang menjalankan proses diet. Seperti misalnya buah yang kaya akan serat seperti apel, pir, dan pisang. Selain mengandung karbohidrat, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin, kalium, serta gula alami.

Baca Juga: Paket Internet Murah Dengan Harga 35.000/Bulan

5. Oatmeal

5 Makanan Karbohidrat Rendah Kalori, Cocok Sebagai Pengganti Nasi - Oatmeal

Pengganti nasi putih lainnya yang juga sangat direkomendasikan adalah oatmeal. Serat yang dikandungnya sangat bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam darah serta gula darah. Karena mengandung serat yang tinggi, oatmeal sangat cocok untuk dijadikan santapan sarapan pagi. Alasannya, serat dalam oatmeal mampu membuatmu kenyang lebih lama. Kamu bisa mengkonsumsi oatmeal dengan menggabungkannya dengan buah, granola, atau susu.

Itu dia daftar makanan karbohidrat berkalori rendah yang bisa berperan sebagai pengganti nasi. Kalau kamu sedang menjalankan diet, bisa nih memilih makanan-makanan yang sudah Hinet share di atas. Supaya koneksi atau jaringan internet di rumahmu juga lebih ‘sehat’ dalam artian tidak lemot, kamu juga bisa mengaktifkan Paket Internet Rumah, Home Sweet Home dari Hinet dengan kuota utama sebanyak 300GB masa aktif 60 hari. Dapatkan juga paket internet paling murah lainnya dari Hinet di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.