Hinet Internet Cepat 4G LTE

Masjid Terunik di Palembang. Ada yang Berusia Ratusan Tahun!

Masjid Terunik di Palembang. Ada yang Berusia Ratusan Tahun! – Apa yang muncul dibenak kalian mengenai kota Palembang? Pasti kuliner pempeknya ya? Beralih dari situ, di kota ini ternyata terdapat beberapa bangunan bersejarah yang patut kamu kunjungi sebagai tempat wisata. Bukan sekadar museum saja, beberapa masjid tertua di Palembang dapat kamu temui. Bahkan masjid terunik di Palembang juga bisa kamu pilih sebagai destinasi wisata lho. Nah dibawah ini akan dibahas beberapa masjid yang patut kamu datangi ketika kamu berlibur ke kota Palembang.

1. Masjid Agung Palembang

Masjid Terunik di Palembang. Ada yang Berusia Ratusan Abad! - Masjid Agung Palembang

Masjid ini sempat mengalami masa yang kelam. Bangunan ini pernah terbakar saat peperangan pada 1659 M. Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo kembali membangun masjid yang runtuh itu di lokasi yang sama pada 1738 M. Masjid ini berlokasi di 19 Ilir, itulah sebabnya masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I. Masjid ini diresmikan kembali tahun 1748 M. Saat itu, masjid tersebut hanya memiliki luas 1.080 meter persegi dengan daya tampung hingga 1.200 orang jemaah.

Baca Juga: Bukan Hanya Pempek, Ini Makanan Khas Palembang yang Harus Kamu Nikmati.

2. Masjid Cheng Ho

Masjid Terunik di Palembang. Ada yang Berusia Ratusan Abad! - Masjid Cheng Ho

Masjid tertua di Palembang yang satu ini dibangun oleh tokoh berdarah Tiongkok ternama yang beragama muslim, yaitu Laksamana Cheng Ho. Tujuan dibangunnya masjid di kota pempek ini adalah untuk menyebarkan dan memperdalam agama islam. Serta Laksamana Cheng Ho ingin menjaga hubungan baik antara masyarakat Tionghoa dengan masyarakat setempat. Masjid ini menjadi salah satu masjid yang paling banyak pengunjungnya lho, karena desain gedungnya yang unik dan artistik mengundang para wisatawan untuk mampir.

Baca Juga: Wisata Masjid di Riau, Menikmati Seni Arsitektur

3. Masjid Suro

Masjid Terunik di Palembang. Ada yang Berusia Ratusan Abad! - Masjid Suro

Bangunan ini dapat kamu temui di pertigaan Jalan Kirangga Wira Sentika dan Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II. Masjid ini selesai dibangun pada 1889 (1310 H) oleh seorang ulama besar bernama Ki Haji Abdurahman Delamat di atas tanah wakaf milik Ki Kgs H Khotib Mahmud. Berbeda dengan masjid modern lainnya, bangunan ini tetap mempertahankan kesan tradisional dan klasik. Ini salah satu masjid terunik di Palembang yang wajib kamu kunjungi Hinet Lovers.

Baca Juga: Paket Economy Plus FREE Mifi dan KUOTA 90GB*

4. Masjid Lawang Kidul

Masjid Terunik di Palembang. Ada yang Berusia Ratusan Abad! - Masjid Lawang Kidul

Tempat ibadah ini terletak di jalan Slamet Riyadi, kecamatan llir Timur II. Masjid Lawang Kidul didirikan pada tanggal tanggal 23 april pada tahun 1893 masehi, yang di bangun dengan tanah waqaf dari Alm. Kyai marogan. Bangunan ini memiliki bentuk segi empat dengan atap yang berbentuk limas, memiliki susun 3 yang juga sangat mirip dengan masjid Agung Demak. Alasan bisa mirip dengan Masjid Agung Demak karena Masjid Lawang Kidul dibangun tepat setelah Masjid Agung Demak selesai dibangun.

Sudah dibahas ya beberapa bangunan masjid bersejarah yang didirikan di Palembang. Informasi ini juga sudah menambah wawasan kamu Hinet Lovers mengenai sejarah masjid-masjid yang didirikan di kota Palembang. Sebelum berkunjung ke tempat wisata religi ini jangan lupa aktifkan paket Mifi 4G Hinet. Nikmati juga kemudahaan sharing internet cepat dan hemat di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE. 

Comments (2)

  1. by : Angga June 11, 2019 at 8:22 am

    Ratusan Abad? Lebih dari 10.000 tahun? Islam aja baru ada gak sampe 2.000 tahun, Min… Ganti tuh judulnya…. Trus, Masjid Laksamana Cheng Ho gak dibangun oleh Laksmana Cheng Ho, Min… Itu cuma sebagai “Memorandum” aja… Usianya juga gak tua, jadi gak layak dimasukkan ke dalam Daftar Masjid Tua…

    Reply
    1. by : Admin Hinet June 18, 2019 at 2:56 pm

      Terima kasih untuk koreksinya kak 🙂

      Reply

Leave a Reply

* Your email address will not be published.