Hinet Internet Cepat 4G LTE
Memaknai Sumpah Pemuda dengan Cara Kekinian_Gotong Royong

Memaknai Sumpah Pemuda dengan Cara Kekinian

Memaknai Sumpah Pemuda dengan Cara Kekinian – Sumpah pemuda merupakan salah satu momen paling berpengaruh bagi kemerdekaan Indonesia. Ada banyak cara untuk memperingati Sumpah Pemuda tiap tahunnya supaya semangat persatuan pemuda tidak hilang. Bahkan, di zaman yang sudah maju saat ini Hinet Lovers juga dapat memperingati Sumpah Pemuda dengan cara yang kekinian. Berikut cara memaknai Sumpah Pemuda yang kekinian ala Hinet:

1. Menggunakan Produk Indonesia

Dengan mencintai produk lokal dan lebih senang menggunakan produk Indonesia dapat menjadi salah satu caramu untuk bisa menghargai makna Sumpah Pemuda lebih dalam lagi. Bukan hanya untuk menghargai akan tetapi dengan menggunakan produk Indonesia kamu juga bisa ikut membantu meningkatkan uang kas negara. Misalnya, kamu bisa memilih menggunakan batik daerah ketimbang baju bermerek luar negeri. Kamu bisa memilih makanan tradisional Indonesia dari pada makanan luar negeri ataupun kamu memilih untuk berlibur menjelajahi kecantikan wisata Indonesia daripada jalan-jalan ke luar negeri.

2. Gotong Royong

Sebagai masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila dan persatuan Indonesia, engga ada salahnya nih kamu saling membantu sesama masyarakat Indonesia. Mulailah dari lingkungan terkecilmu misalnya gotong-royong membersihkan rumah bersama anggota keluarga, gotong-royong membersihkan komplek bersama tetanggamu atau jika ada WNA yang membutuhkan pertolonganmu, sebisa mungkin kamu tolong agar bisa membuktikan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang gemar tolong menolong dan ramah.

3. Anti Diskriminasi

Cegah sikap diskriminatif dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun di Indonesia memiliki berbagai macam Suku, Agama, Ras dan Antar Budaya akan tetapi hal tersebut harus bisa menjadi acuanmu untuk menjunjung tinggi nilai Bhineka Tunggal Ika. Dengan begitu masyarakat Indonesia akan hidup dengan tertib dan rukun.

 4. Mengapresiasi Karya Anak Bangsa

Cara lain agar bisa memaknai Sumpah Pemuda adalah dengan mengapresiasi hasil karya anak bangsa. Misalnya kamu bisa menonton film buatan sineas Indonesia di bioskop atau membeli kaset yang original karya anak bangsa. Selain itu, kamu bisa menyiarkan lagu nusantara kepada lingkunganmu atau bahkan memperkenalkan ke mancanegara.

5. Jangan Menyebar Hoax

Di era digital yang semakin canggih ini persebaran berita semakin cepat dan semakin mudah didapatkan. Selain sangat menguntungkan, akan tetapi di satu sisi ada juga dampak negatif yang ditimbulkan, yaitu cepatnya persebaran berita-berita hoax. Jika Hinet Lovers mendapat sebuah berita, Hinet Lovers harus memastikan dulu validitas berita serta mengetahui sumber yang dapat dipercaya, baru kemudian membagikan berita tersebut ke orang lain.

Nah, bagaimana Hinet Lovers? Memperingati Sumpah Pemuda dapat dilakukan dengan cara yang kekinian. Meskipun kita telah hidup di era modern, jangan sampai hal tersebut membuat kita lupa dengan jasa para pahlawan kita.

Leave a Reply

* Your email address will not be published.