Hinet Internet Cepat 4G LTE
Menciptakan Lahan Sawah di Kota Besar, Jepang Bertani dalam Gedung

Menciptakan Lahan Sawah di Kota Besar, Jepang Bertani dalam Gedung

Menciptakan Lahan Sawah di Kota Besar, Jepang Bertani dalam Gedung – Seperti yang kamu ketahui, keadaan di kota besar sangat padat dan sedikit tempat untuk lahan penghijauan. Tapi siapa sangka, ada sawah dalam gedung di Jepang. Bukan hanya Jepang, masih banyak indoor farming di kota-kota besar lainnya. Yuk kita lihat daftar sawah di dalam gedung berikut ini.

Baca Juga: Pengertian Tanaman Karnivora, Mengenal Waterwheel Plant

1. Sawah dalam Kantor di Jepang

Menciptakan Lahan Sawah di Kota Besar, Jepang Bertani dalam Gedung - sawah dalam kantor jepang

Sebuah gedung berlantai 27 di kawasan Business District yang bernama Pasona02 memiliki keunikan menyulap lantai basement menjadi sawah dalam gedung. Sawah dengan luas sekitar 3.000 m2 ini dikelola oleh Pasona Group. Hebatnya, bersawah di dalam gedung ini menggunakan alat canggih untuk mengontrol padi tumbuh dengan sempurna. Mereka juga menggunakan lampu khusus sebagai pengganti matahari untuk padi berfotosintesis. Bahkan saking canggihnya, temperatur udaranya juga dikendalikan lewat komputer.

Baca Juga: Manfaat Eceng Gondok, Bisa Membuat Langsing

2. Sawah di Atap Gedung di Cina

Menciptakan Lahan Sawah di Kota Besar, Jepang Bertani dalam Gedung - sawah diatap gedung di cina

Jika Jepang berhasil membuat sawah dalam basement gedung, lain pula di Cina. Seorang petani di Cina bernama Peng Qiugen, telah sukses membuat masyarakat heboh karena keberhasilannya bercocok tanam di atap tempat tinggalnya. Bukan hanya sawah, lewat tanah seluas 120 meter persegi ini, ia juga berhasil mendapatkan 400 kilogram semangka dalam dua kali panen. Peng pun mengaku, sebenarnya landasan beton sebagai pondasi rumah juga bisa bersahabat untuk indoor farming karena tidak menimbulkan masalah erosi tanah dan hilangnya air.

Baca Juga: Panduan Isi Ulang Paket Internet Hinet Menggunakan Aplikasi Hinetku

3. Pengembangan Sawah Vertikal

Menciptakan Lahan Sawah di Kota Besar, Jepang Bertani dalam Gedung - Pengembangan sawah vertikal

Singapura mulai berkerja sama dengan perusahaan VertiVegies dan Greenology melalui R&D pengembangan urban farming dengan menciptakan lahan hijau secara vertikal di gedung pencakar langit. Bahkan pasalnya, dalam waktu dua tahun mereka sudah dapat menghasilkan puluhan ton sayur dari vertikal farming ini. Singapura sangat serius memanfaatkan lahan vertikal pada gedung untuk penghijauan. VertiVegies membangun pabrik hidroponik untuk menjadi dasar pengembangan budi daya tanaman di gedung.

Dengan adanya indoor farming ini, diharapkan masyakat bisa memaksimalkan ruang pada gedung untuk lahan penghijauan. Hinet Lovers juga bisa menghemat kuota dengan menggunakan Home Router dari Hinet walaupun digunakan bersama hingga 30 pengguna. Untuk menikmati kemudahan internet unlimited dengan jaringan luas dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.