Hinet Internet Cepat 4G LTE
Mendengarkan Lagu Sedih Justru Bikin Bahagia, Kok Bisa?

Mendengarkan Lagu Sedih Justru Bikin Bahagia, Kok Bisa?

Mendengarkan Lagu Sedih Justru Bikin Bahagia, Kok Bisa? – Sering kali jika kita sedang merasakan kesedihan yang amat mendalam tidak ada satu kata pun terucap. Rasanya terlalu banyak dan sulit untuk diceritakan. Mengungkapkan suasana hati lewat lagu memang menjadi solusi yang terbaik untuk menenangkan hati kita. Lagu yang sedang kita dengarkan seakan-akan mengerti apa yang sedang dirasakan dalam hati. Biasanya kita akan langsung memutar lagu kesukaan yang paling ampuh mengobati perasaan. Tahukah Hinet Lovers, ternyata ada penjelasan secara ilimiah mengapa mendengarkan lagu sedih justru bisa membuat kamu bahagia.

Mendengarkan Lagu Sedih Justru Bikin Bahagia, Kok Bisa? - mendengarkan lagu sedih bisa bikin bahagia

Seorang ahli musikologi bernama Kay Norton dari Colorado, AS mengungkap hasil penelitiannya pada tahun 2014. Musik yang mendayu-dayu dengan lirik sedih dianggap bisa menggambarkan suasana kesedihan akibat depresi ataupun putus cinta. Lewat lirik lagu sedih ternyata bisa membantu seseorang meluapkan emosinya. Hal inilah yang bisa bermanfaat untuk membuang jauh-jauh rasa sedih yang kita rasakan.

Baca Juga: Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Meningkatkan Kecerdasan Otak

Selain itu, peneliti dari Freie Universitat Berlin, Jerman juga sependapat dengan Kay Norton. Penelitian yang dilakukan adalah survei yang melibatkan 770 orang dengan cara mendengarkan lagu galau. Suasana melankolis yang dihasilkan dari lagu sedih terbukti mampu meningkatkan emosi positif dari dalam diri sesorang. Hal inilah yang membuktikan bahwa mendengarkan lagi sedih dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan menuju rasa bahagia. Hasil penelitian survei ini telah dipublikasikan dalam jurnal Plos One.

Penelitian lain dilakukan oleh seorang psikolog dari universitas di Australia yang mengungkapkan hipotesis lebih jauh mengapa kita bisa menikmati musik yang menyedihkan. Hipotesisnya menyatakan bahwa orang senang mendengarkan musik yang memiliki cerminan nada dan lirik lagu yang sesuai dengan situasi kehidupan yang telah atau sedang mereka jalani. Lagu inilah yang mampu mendamaikan suasana hati mereka. Seolah-olah lagu tersebut adalah yang paling memahami apa yang tengah dirasakannya.

Baca Juga: Setelah Baca Manfaat Ini Kamu akan Suka Menulis dengan Tangan

Apakah Hinet Lovers juga suka mendengarkan lagu sedih? Coba kamu share daftar lagu yang biasanya kamu dengarkan saat sedih. Siapa tahu bisa saling menghibur dan tidak sedih lagi. Jangan lupa gunakan Paket Unlimited dari Hinet ya, supaya nggak gampang sedih gara-gara kuota internet habis.

Baca Juga: Paket Startup GRATIS MIFI Hanya IDR 350K

Leave a Reply

* Your email address will not be published.