Mengatasi Memori Internal Penuh, Simak Tipsnya!

Mengatasi Memori Internal Penuh, Simak Tipsnya! – Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone (alias HP, khususnya Android) adalah cepatnya pengisian memori internal. Memori internal pada ponsel biasanya digunakan sebagai lokasi penyimpanan data, seperti aplikasi, game, foto, video, lagu yang akan di-cache atau sampah, terkadang memakan banyak memori internal.

Sayangnya, ketika penyimpanan internal HP penuh dengan data dan sampah, hal itu akan sangat mempengaruhi kinerja dan fungsi peralatan yang kita gunakan. Berbagai fungsi di ponsel tidak berjalan cepat, tetapi berjalan berat dan lambat. Bukankah itu mengganggu?

Nah buat yang sering menemui masalah tersebut, inilah beberapa cara mengatasi cepat habisnya memori internal HP :

Jangan Instal Aplikasi Yang Tidak jelas

Salah satu keuntungan menggunakan smartphone Android adalah kita dapat menginstal aplikasi apapun dengan bebas. Nah, keunggulan inilah yang kontraproduktif dan bisa membuat memori HP kamu penuh.

Bahkan jika kamu tidak menyimpan file apa pun, kamu akan sering menerima pemberitahuan bahwa penyimpanan internal ponsel kamu penuh, karena penyimpanan internal menempati banyak sumber daya dalam aplikasi.

Jangan menginstall aplikasi Android yang menurut kamu tidak penting, karena ketika kamu menghapus aplikasi tersebut, aplikasi tersebut akan meninggalkan sampah yang tidak kamu sadari.

Baca juga : Hati-hati Aplikasi Bajakan! Simak Perbedaannya Aplikasi Asli Dan Palsu

Pindahkan Data Aplikasi Ke Memory Eksternal

Untuk menambah penyimpanan, biasanya kamu bisa menggunakan kartu microSD. kamu bisa mentransfer berbagai aplikasi berat dari memori internal ke microSD untuk mengatasi memori HP yang kurang lengkap.

Cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau kartu microSD, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu Settings di HP dan klik App Manager atau App Management untuk memulai cara mengatasi memori HP yang penuh.
  • Setelah itu, pilih daftar aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin kalian pindahkan. Klik tombol Move to SD Card atau ganti penyimpanan yang digunakan ke SD Card.

Non Aktifkan Sistem Update Otomatis

Bagi pengguna yang sering memasang aplikasi dari Google Play Store untuk menghindari memakan banyak penyimpanan internal, kamu perlu mematikan fungsi pembaruan otomatis. Oleh karena itu, kamu dapat memilih kapan akan memperbarui aplikasi untuk mencegah memori internal menjadi penuh.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Google Play Store dan klik tiga garis di kiri atas untuk menuju menu Setting atau pengaturan.
  • Setelah itu, klik Auto-update apps dan pilih Don’t auto update. Dengan ini akan menghentikan fitur update otomatis semua aplikasi yang ada di HP kalian

Baca juga : Percantik Instagram Storymu dengan 5 Aplikasi Ini

Rutin Membersihkan Cache

Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara yang fungsinya untuk mempercepat kinerja sistem Android melalui penggunaan aplikasi.

Oleh karena itu, pada saat aplikasi dibuka, aplikasi akan menyimpan data tertentu yang disebut cache. Cache perlu dihapus secara teratur, karena setiap aplikasi selalu memunculkan file cache, dan file cache mungkin memiliki cache hingga ratusan MB.

Tetapkan jadwal untuk membersihkan file yang salah tersebut, dan jangan lupakan. kamu dapat menyelesaikan operasi membersihkan cache sebagai berikut:

  • Masukkan menu “Settings”, lalu buka “Application Manager” atau “Application Manager”. Kemudian pilih salah satu aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.
  • Kemudian setelah kalian memilih aplikasi tersebut, pilih Clear cache untuk menghapus cache yang dibawa oleh aplikasi tersebut. Jika dirasa kurang, kalian bisa memilih beberapa aplikasi lain dan kemudian menghapus cache-nya.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.