Hinet Internet Cepat 4G LTE

Mengenal Augmented Reality, Fitur yang Bikin Uang Rp 75.000 Bisa Nyanyi

Mengenal Augmented Reality, Fitur yang Bikin Uang Rp 75.000 Bisa Nyanyi – Warganet Indonesia lagi-lagi dihebohkan dengan viralnya video TikTok yang diunggah oleh seorang wanita. Dalam video tersebut, sang pengunggah menunjukkan rahasia tersembunyi dibalik uang Rp 75.000 yang baru saja dicetak oleh Bank Indonesia untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan bangsa ini. Uang edisi khusus ini akan memunculkan video paduan suara yang menyanyikan lagu Indonesia Raya saat dipindai dengan aplikasi Ivive.

Ivive merupakan aplikasi yang memproyeksikan dan memvisualisasikan gambar 2D menjadi 3D secara nyata sebab aplikasi ini menggunakan fitur augmented reality atau AR didalamnya. Dengan viralnya video TikTok tersebut, warganet Indonesia menyebut bahwa uang Rp 75.000 tersebut sangat canggih karena memiliki fitur AR ini. Namun, Bank Indonesia telah mengeluarkan pernyataan bahwa BI tidak mengeluarkan uang nominal yang memiliki fitur AR. Pihak Bank Indonesia juga memperingatkan agar masyarakat dan pengembang aplikasi untuk berhati-hati dalam memperlakukan uang rupiah sebab hal ini telah diatur dalam hukum dan Undang-Undang.

Istilah AR atau augmented reality ini mungkin masih awam di telinga para pembaca. Oleh karena itu, Hinet ingin mengajak kamu untuk mengenal lebih dalam teknologi fitur AR ini.

Apa Itu Augmented Reality?

Pernahkan kamu mencoba game Pokemon GO yang sempat populer beberapa tahun lalu? Game ini ternyata juga mengguakan AR didalamnya, lho karena para pemain yang harus bepergian di berbagai lokasi nyata demi menangkap sang monster. Seakan-akan kamu bisa melihat monster-monster 3D secara langsung yang bersembunyi di belakangmu, di bawah meja, sampai di kamar tidur. Padahal, monster Pokemon GO ini merupakan proyeksi saja.

Baca Juga: Game ‘Augmented Reality’ Android, Serasa Masuk Dunia Film!

Nah, AR adalah teknologi yang memungkinkan kamu untuk melihat tambahan informasi, gambar, video, grafik , dan berbagai digital lainnya di lokasi dan waktu yang sama dimana kamu berada hanya menggunakan kamera atau aplikasi pada smartphonemu. Singkatnya, objek digital yang nampak akan terasa nyata dan bisa terlihat pada layar gadgetmu.

Augmented reality ini tak hanya digunakan untuk game saja tapi juga di berbagai aplikasi lainnya, seperti kamera Google Translate yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa asing menjadi bahasa ibumu hanya dengan mengarahkan kamera Google Translate tersebut ke tulisan yang ingin diterjemahkan. Aplikasi AR biasanya menghubungkan animasi digital ke’penanda’ khusus, atau dengan bantuan GPS di ponsel menunjukkan lokasi.

Komponen teknologi yang ada dalam AR ini ialah S.L.A.M. (Simultaneous Localization and Mapping), sensor, dan pengukur kedalaman. Komponen lainnya yang terlibat dalam cara kerja AR ini termasuk juga kamera, proyeksi, serta refleksi. Augmented reality ini bisa ditampilkan dalam beragam perangkat, seperti layar televisi, kacamata, gadget sampai, head mounted display (HMD).

Bedanya Dengan VR

Terkadang, masih banyak yang menyamakan AR dengan VR, padahal kedua teknologi ini memiliki konsep yang berbeda. Jika AR hanya menambahkan lapisan digital pada layar gadgetmu maka virtual reality dirancang agar menggantikan seluruh pandangan matamu kedalam dunia virtual, namun augmented reality hanya akan menambah atau melapisi pendanganmu, bukan menggantikan.

Untuk menjelajahi dunia virtual dalam VR, kamu harus menggunakan berbagai alat khusus VR. Dengan begitu kamu baru dapat merasakan dunia virtual yang terasa sangat nyata seperti 4D. Sedangkan alat yang digunakan untuk merasakan AR adalah kamera ponsel.

Kesimpulannya, VR akan menggantikan kenyataan atau realita pandanganmu dan membawa kamu menjelajah ke tempat lain sedangkan AR hanya menambah kenyataan dengan informasi, gambar, video proyeksi dari apa yang sudah kamu lihat.

Demikian sekilas informasi mengenai teknologi augmented reality serta perbedaannya dengan virtual reality. Saat ini kamu bisa menggunakan kedua teknologi ini dalam berbagai aplikasi yang tersedia. Apakah kamu sudah pernah mencoba keduanya, Hinet Lovers?

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.