Hinet Internet Cepat 4G LTE
Mengenal Digital Amnesia, Bahaya dan Cara Mengatasinya

Mengenal Digital Amnesia, Bahaya dan Cara Mengatasinya

Mengenal Digital Amnesia, Bahaya dan Cara Mengatasinya – Kemajuan zaman yang begitu pesat semakin memudahkan setiap orang dalam beraktivitas. Muncul fenomena Digital Amnesia yang menjadi salah satu gejala yang mengancam generasi milenial. Meskipun fungsinya untuk membantu masyarakat, ternyata terdapat kerugian yang dibawa oleh wadah penyimpanan digital atau memori digital. Yuk, berkenalan dengan Digital Amnesia, mulai dalam definisnya hingga dampak negatif dan cara menghindarinya.

Baca Juga: Apa Itu Machine Learning dan Contohnya

1. Definisi Digital Amnesia

Digital Amnesia berawal dari kebiasaan orang-orang mengandalkan memori digital untuk menyimpan data-data penting. Kebanyakan orang sekarang terlalu bergantung kepada memori digital untuk mempercayakan data-data penting seperti nomor handphone anggota keluarga, hari ulang tahun teman, hingga nomor pin ATM. Ketika data tersebut hilang ataupun dicuri, akibatnya mereka kebingungan untuk mengingat kembali hal-hal yang sudah disimpan di file digital.

Baca Juga: 5 Contoh Artificial Intelligence Memerankan Tugas Manusia

2. Melemahkan Memori Otak

Siapa sangka, kebiasaan seseorang menyimpan data-data penting atau note dalam perangkat digital dapat membuat fungsi otak sesorang malah mengalami penurunan. Menyimpan data dalam perangkat cenderung mudah dan praktis. Kita dapat mencari data tersebut tanpa takut lupa ataupun salah data. Kebiasaan ini membuat fungsi otak mulai melemah. Hal ini dikarenakan sistem otak jarang kita gunakan untuk bekerja. Cepat lupa dan tidak mudah menghafal menjadi tanda bahwa otak kita semakin menurun kemampuan bekerjanya.

Baca Juga: Panduan Isi Ulang Hinet dengan Tokopedia

3. Tips Mencegah Digital Amnesia

Sebenarnya Hinet Lovers tidak perlu khawatir dengan Digital Amnesia, karena Hinet punya tips mudah bagaimana mencegah Digital Amnesia. Mulailah Hinet Lovers mengasah daya ingat otak dengan sesuatu hal yang ringan seperti mengingat nama dan tanggal lahir teman kamu. Batasi ketergantungan kamu terhadap gadget, manfaatkanlah penggunaan gadget dengan bijak bukan malah membuat kamu ketergantungan. Selain itu, jaga asupan makan kamu dengan makanan sehat dan bergizi.

Digital Amnesia dapat menyulitkan kamu ketika mengingat informasi yang ringan sekalipun, seperti tanggal lahir teman ataupun alamat rumahmu. Ada baiknya kamu mulai mempertajam kembali daya ingat untuk mengingat nomor-nomor penting seperti nomor KTP dan nomor telepon anggota keluarga. Jangan lupa isi ulang Paket Internet Unlimited dari Hinet agar bisa internetan tanpa khawatir kehabisan kuota. Kalau kamu ingin menikmati kemudahan internet cepat anti boros, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.