Hinet Internet Cepat 4G LTE
Mengenal Gogoso, Makanan Populer di Makassar yang Mirip Lemper.

Mengenal Gogoso, Makanan Populer di Makassar yang Mirip Lemper

Mengenal Gogoso, Makanan Populer di Makassar yang Mirip Lemper – Sudah tahukah kamu tentang Gogoso makanan yang populer sekali di Makassar? Makanan yang satu ini disebut-sebut mirip dengan lemper karena bentuk dan bahannya yang mirip. Dari pada masih penasaran, yuk intip fakta menarik mengenai Gogoso berikut ini:

1. Makanan yang Di Gemari Di Makassar

Mengenal Gogoso, Makanan Populer di Makassar yang Mirip Lemper. - makanan yang di gemari di Makassar

Gogoso salah satu makanan khas orang Bugis Makassar ini sangatlah digemari oleh masyarakat di Sulawesi Selatan. Apalagi saat lebaran tiba, Gogoso tak kalah saing digemarinya dari ketupat. Gogos atau yang lebih dikenal Gogoso ini mempunyai bentuk mirip seperti lemper yang berasal dari Jawa atau lalapan yang berasal dari Manado.

Baca Juga: Coba Makanan Khas Makassar Ini Untuk Oleh-Oleh

2. Mirip Lemper tapi Beda Isian

 Mengenal Gogoso, Makanan Populer di Makassar yang Mirip Lemper - mirip lemper tapi beda isian

Yang sangat membedakan Gogoso dengan lemper dan lalapan adalah bentuknya yang panjang dan ramping. Gogoso sendiri ada yang memliki isi dan adapula yang tidak memilik isi. Gogoso yang memiliki isian, biasanya disebut gogoso kambu atau gogos isi. Isian yang dipakainya pun berbeda. Untuk Gogoso kambu atau gogoso isi, biasanya diberi isian berupa daging ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan dibumbui oleh bumbu dari Makassar yang khas. Tak jarang pula ada yang mengganti isiannya dengan daging ayam atau abon.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Makassar Yang Wajib Dicoba

3. Masaknya Di Bakar

Mengenal Gogoso, Makanan Populer di Makassar yang Mirip Lemper. - masaknya dibakar

Bahan utamanya yang dibuat dengan menggunakan beras ketan hitam atau beras ketan putihpun biasanya bisa diganti dengan menggunakan banne. Banne merupakan biji–bijian khas Sulawesi yang berwarna cokelat dan memiliki bentuk seperti pasir. Gogoso yang sudah diisi kemudian akan dibungkus menggunakan daun pisang lalu kemudian ditusuk dengan lidi pada kedua ujungnya. Setelah itu Gogoso siap untuk dibakar diatas bara api, hal ini bertujuan agar Gogoso lebih beraroma dan meresap bumbunya.

Rasa Gogoso yang gurih inipun menjadi kenikmatan tersendiri bagi para penikmat Gogoso di dalam ataupun luar Makassar. Gogoso pun biasa dijual dengan kacang rebus dan juga dengan Bayao Kannasa atau yang biasa kita kenal dengan telur asin.

Baca Juga: Hinet Internet Cepat 4G LTE

4. Warisan Kuliner yang Cocok Untuk Oleh-oleh

Mengenal Gogoso, Makanan Populer di Makassar yang Mirip Lemper. - warisan kuliner yang cocok untuk oleh-oleh

Gogoso bisa dengan mudah sekali ditemukan dipinggir–pinggir jalan di kota Makassar. Biasa juga dijajakan oleh para pedagang asongan menggunakan sepeda secara keliling. Kisaran harga Gogoso pun tidak membuat kantong tipis karena harga Gogoso yang dipatok dari mulai 1.500 sampai dengan 10.000 rupiah saja. Gogoso yang merupakan makanan khas Makassar turun temurun dari nenek moyang suku Bugis Makassar ini sangat cocok jika dijadikan oleh–oleh khas Makassar.

 

Murah bukan Gogoso makanan khas dari Makassar ini? Jangan lupa isi Modem Router Hinet kamu untuk bisa searching berbagai macam makanan khas Makassar yang lainnya. Nikmati juga kuota murah dan anti lelet yang bikin kamu betah internetan di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.