Hinet Internet Cepat 4G LTE
Mengenal Jejak Digital, Mulai dari Pengertian, Praktik, Hingga Cara Menguranginya

Mengenal Jejak Digital, Mulai dari Pengertian, Praktik, Hingga Cara Menguranginya

Mengenal Jejak Digital, Mulai dari Pengertian, Praktik, Hingga Cara Menguranginya – Pada kemajuan zaman saat ini, manusia masa kini menghasilkan jejak digital jauh lebih banyak dibandingkan dari waktu sebelumnya. Hal ini terjadi karena penggunaan smartphone jauh lebih berkembang sampai 2,32 miliar pengguna dari seluruh dunia. Hinet Lovers sudah tahu belum, apa itu definisi jejak digital? Yuk, simak penjelasannya dan mulai waspada terhadap rekam jejak digital.

Mengenal Jejak Digital, Mulai dari Pengertian, Praktik, Hingga Cara Menguranginya

Baca Juga: Mengenal Digital Amnesia, Bahaya dan Cara Mengatasinya

1. Definisi Jejak Digital

Definisi jejak digital adalah segala rekaman jejak perjalanan seseorang yang terekam melalui aplikasi smartphone seperti GPS, media sosial, bahkan email. Keseluruhan data digital yang membentuk jejak digital merupakan yang tersimpan di komputer maupun yang tersimpan online. Jejak digital milikmu adalah kumpulan dokumen digital maupun akun digital yang telah kamu buat atau unggah.

Baca Juga: 5 Kemampuan yang Perlu Dimiliki untuk Kerja di Dunia Digital

2. Jejak Digital di Google dan Media Sosial

Lewat google dan media sosialmu juga bisa menjadi jejak digital yang paling akurat tentang seseorang. Jika kamu mengatifkan tombol riwayat lokasi, jejak digital ke mana saja lokasi yang pernah kamu datangi dapat dengan mudah untuk diketahui. Tentunya jika GPS di smartphone-mu selalu aktif. Seseorang bisa mengetahui di mana rumahmu, di mana kamu sedang berada, atau bahkan mengetahui rumah teman-teman yang pernah kamu datangi.

Baca Juga: Cara Mudah Belanja Produk Hinet Di Shopee

3. Bersih-bersih Jejak Digital di Google

Jika Hinet Lovers ingin tidak ada yang mengetahui di mana keberadaan kamu sekarang oleh orang lain, caranya cukup nonaktifkan lokasi. Temukan di pengaturan pada tiga titik di kanan atas laman Google. Kemudian tekan “delete options” untuk menghapus pemberitahuan jejak lokasi kamu.

Jejak digital sebenarnya sangat bermanfaat bagi kebutuhan pribadi seseorang. Akan tetapi, kehadirannya bisa menjadi “senjata makan tuan” bagi pengguna apabila terlalu “terbuka” terhadap informasi yang dibagikan di media online. Waspada terhadap jejak digital kini perlu lebih diperhatikan untuk meminimalisasi informasi pribadi kita disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Jangan lupa isi ulang Paket Internet Unlimited dari Hinet agar internetan lancar dan awet sebulan. Untuk mulai menikmati serunya internet unlimited anti boros dari Hinet, kamu bisa cek di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.