Hinet Internet Cepat 4G LTE
Mengenal Papua Nugini, Negara yang Satu Daratan dengan Papua

Mengenal Papua Nugini, Negara yang Satu Daratan dengan Papua

Mengenal Papua Nugini, Negara yang Satu Daratan dengan Papua – Meskipun satu daratan dengan Papua, tetapi Papua Nugini bukan bagian negara Indonesia. Papua Guinea Baru atau yang lebih dikenal dengan Papua Nugini adalah sebuah negara yang terletak di bagian timur Pulau Papua dan berbatasan darat langsung dengan Provinsi Papua, Indonesia. Meskipun memiliki daratan yang lebih sempit dibandingkan Papua, tetapi negara ini mempunyai fakta-fakta yang perlu kamu ketahui. Berikut di antaranya.

Mengenal Papua Nugini, Negara yang Satu Daratan dengan Papua

1. Pernah Dijajah Australia

Papua Nugini sebenarnya daratan dengan kekayaan alam yang melimpah. Namun, masyarakat masih kesulitan mengeksploitasi karena terkendala oleh bentuk permukaan bumi yang rumit. Australia merupakan pihak yang sempat melihat peluang besar di Papua Nugini dan melakukan penjajahan dari tahun 1902 yang didukung oleh aneksasi oleh Kerajaan Inggris. Secara geografis letak Australia dengan Papua Nugini sangat berdekatan. Tidak heran jika Australia ikut campur urusan admistrasi Papua Nugini. Namun kemudian, Papua Nugini berhasil memerdekakan diri pada tahun 1975.

Baca Juga: Wisata Masjid di Riau, Menikmati Seni Arsitektur

2. Ratusan Bahasa

Selain Indonesia, Papua Nugini adalah salah satu negara yang paling bhinneka di dunia. Tercatat sudah lebih dari 850 bahasa lokal asli yang dimiliki oleh negara ini, padahal populasi di Papua Nugini tidak lebih dari 7 juta jiwa. Papua Nugini tidak pernah kesulitan berbahasa dengan lingkungan sekitarnya karena memiliki tiga bahasa utama yang digunakan untuk percakapan sehari-hari. Tiga bahasa utama itu adalah bahasa Nugini, Inggris, dan Portugis. Secara umum mereka sama seperti Indonesia, punya satu bahasa asli dan yang lainnya berbagai bahasa daerah.

Baca Juga: Tempat di Dunia yang Menggunakan Nama Natal, Ada di Indonesia

3. Dikenal Berbahaya

Kenyataannya, Papua Nugini termasuk negara yang berbahaya. Meskipun pemerintah telah menyiapkan resor mewah dan mempromosikan panorama alam yang cantik, tapi banyak wisatawan yang tidak betah tinggal di tempat ini. Angka pengangguran yang tinggi membuat Papua Nugini rawan akan kasus kejahatan. Pencurian, pemerkosaan, pembegalan, dan perampokan dianggap hal yang wajar di kota ini. Bahkan Papua Nugini masuk dalam peringkat lima besar kota paling berbahaya di dunia.

Baca Juga: Isi Ulang Paket Reguler Hinet

4. Pos Perbatasan Skouw-Jayapura

Dulunya menjadi tempat yang ditakuti, sejak ada renovasi pos perbatasan Skouw-Jayapura menjadi spot paling favorit untuk selfie. Jika Hinet Lovers ingin mengunjungi pos perbatasan ini, wajib meninggalkan kartu identitas kepada penjaga di pos penjagaan militer. Pengunjung hanya diizinkan melintas tanpa paspor sejauh 300 meter dari pintu gerbang. Jika ingin lebih jauh lagi, harus menggunakan visa khusus agar mendapatkan izin.

Konon, pekerjaan sebagai satpam atau penjaga keamanan pribadi merupakan pekerjaan favorit di sana karena memperoleh bayaran tinggi. Tidak heran, mengingat tingginya angka kriminalitas di sana. Kalau yang sinyal internetnya tinggi tentunya Mifi 4G dari Hinet, bikin internetan lancar kapan pun dan di mana pun. Untuk menikmati kemudahan internet cepat bebas hambatan dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.