Hinet Internet Cepat 4G LTE

Mengubah Kulit Pisang Menjadi Bahan Kebutuhan Sehari-hari, Menuju Hidup Ramah Lingkungan

Mengubah Kulit Pisang Menjadi Bahan Kebutuhan Sehari-hari, Menuju Hidup Ramah Lingkungan – Kulit pisang sering kali dianggap tidak berguna bahkan langsung dibuang ke tempat sampah. Padahal sebenarnya, kulit pisang sangat berguna untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut beberapa produk kebutuhan sehari-hari berbahan dasar dari kulit pisang. Bikin gaya hidupmu lebih ramah lingkungan, nih.

1. Kulit Pisang Menjadi Tabir Surya

Manfaat kulit pisang diyakini sebagai salah satu bahan alami yang menghasilkan SPF (Sun Protection Factor) tinggi. Kulit pisang sering kali dimanfaatkan sebagai tabir surya karena di dalamnya mengandung senyawa antioksidan yang berpotensi sebagai fotoprotektif. Di antara beragam jenis pisang, pisang jenis goroho yang memiliki kandungan SPF tertinggi. Terlebih lagi, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki iklim tropis sehingga memperoleh sinar matahari sangat tinggi, kulit pisang menjadi solusi untuk mencegah kerusakan kulit dari paparan sinar UV.

Baca Juga: 4 Buah Ini Bikin Gigi Kuat Secara Alami

2. Kulit Pisang Bahan Pembuatan Tisu

Awal mula manfaat kulit pisang sebagai pembuatan tisu pertama kali ditemukan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia (FMIPA) UNY. Mereka berpendapat bahwa kulit pisang mengandung selulosa sebagai bahan pembuatan tisu. Sebelum mengelola kulit pisang menjadi tisu, harus direndam dengan air kaporit selama satu jam terlebih dahulu karena kulit pisang cenderung tebal.

Mengubah Kulit Pisang Menjadi Bahan Kebutuhan Sehari-hari, Menuju Hidup Ramah Lingkungan

Baca Juga: Ternyata Wajah Memerlukan Minyak Secara Alami, Ini Faktanya

3. Kulit Pisang Sebagai Penghilang Noda Pakaian

Pada tahun 2014 lalu, enam mahasiswa ITB dibantu dosen pembimbing melakukan penelitian manfaat kulit pisang sebagai penghilang noda pakaian. Pembersih itu didapatkan dari proses fermentasi kulit pisang dengan reaksi mikroba di dalamnya. Dari penelitian ini menghasilkan asam sitrat dari kulit pisang dapat merontokkan noda membandel. Bukan hanya itu, asam sitrat dapat membuat gigi menjadi putih juga.

Baca Juga: Cara Mudah Belanja Produk Hinet Di Shopee

4. Kulit Pisang Menjadi Pengganti Plastik

Kali ini lima mahasiswa Universitas Brawijaya memperkenalkan ide cemerlang pengganti plastik dari kulit pisang. Fakultas Teknologi Pertanian turut memperkenalkan hasil temuannya kepada masyarakat. Bahkan harga plastik ramah lingkungan ini terbilang mampu bersaing dengan harga plastik di masyarakat.

Kulit pisang memang sudah dipercaya memiliki beragam manfaat sehingga cukup banyak olahan berbahan dasar limbah kulit pisang. Kalau yang banyak kuota internetnya, sudah pasti Mifi 4G dari Hinet. Dijamin internetan anti lelet kapan pun dan di mana pun. Apabila kamu ingin menikmati serunya internet unlimited bebas hambatan dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.