Hinet Internet Cepat 4G LTE
Mengungkap Sisi Lain Bulan yang Tidak Terlihat dari Bumi

Mengungkap Sisi Lain Bulan yang Tidak Terlihat dari Bumi

Mengungkap Sisi Lain Bulan yang Tidak Terlihat dari Bumi – Keberadaan bulan sebagai satelit alami tentu sangat dibutuhkan oleh bumi. Sebagai satelit bumi, bulan selalu berputar pada porosnya mengelilingi bumi atau yang biasa disebut sebagai revolusi bulan. Peristiwa ini yang berpengaruh terhadap pasang surut atau pasang naik laut. Hinet Lover mungkin pernah bertanya-tanya, mengapa sisi bulan yang terlihat dari bumi selalu sama, bukan? Hal ini menandakan ada sisi lain bulan yang tidak terlihat dari bumi. Sisi gelap bulan yang tidak terlihat ini disebut juga sisi jauh bulan. Hinet punya fakta menarik sisi jauh bulan untuk kamu.

Baca Juga: Desain Baju Astronot yang Perlu Kamu Tahu

1. Mengapa Tidak Kelihatan dari Bumi

Bentuk bulan sering kali menunjukkan bentuk yang berubah-ubah. Mulai dari bulan sabit ataupun bulan purnama. Namun, pernahkah kamu berpikir mengapa bulan memiliki wajah yang satu sisi atau yang selalu sama? Sisi jauh bulan tidak terlihat dari bumi dipengaruhi peristiwa yang disebut tidal locking atau penguncian gravitasi. Gaya ini menyebabkan hanya satu sisi dari bulan menghadap bumi, ketika bulan melakukan revolusi mengelilingi bumi. Cara mudah untuk membayangkannya adalah, ketika kamu berdiri di tengah-tengah, kemudian ada temanmu yang mengelilingi kamu dalam satu putaran sambil terus menghadap ke arahmu. Selain itu, sisi gelap bulan terjadi karena bagian ini minim kebagian sinar matahari.

Baca Juga: Lihat Yuk Bagaimana Keadaan di Luar Angkasa

2. Lebih Mulus

Misteri sisi gelap bulan yang tidak kalah menarik ternyata permukaannya lebih mulus. Para peneliti dari Pennsylvania State University, Amerika Serikat menyadari bahwa di bagian bulan yang tak pernah terlihat dari bumi memiliki sedikit laut (maria). Sedikit maria karena ketebalan kerak yang berbeda dengan sisi yang terlihat dari bumi. Sisi gelap bulan memiliki kerak yang lebih tebal dan banyak. Oleh karenanya sisi ini lebih mulus dari pada sisi yang terlihat dari bumi.

Baca Juga: Cara Isi Ulang Pulsa Hinet dengan BRIVA

3. Kaya Helium-3

Sebuah program eksplorasi bulan di China, diwakili oleh profesor Ouyang Ziyuan mengungkapkan bahwa bulan memiliki jenis isotop Helium 3 yang berguna untuk merevolusi produksi energi umat manusia setara nuklir. Bahkan jumlah Helium yang ditemukan di debu bulan dipastikan mampu menyuplai energi untuk bumi selama 10.000 tahun, meskipun digunakan secara terus menerus. Unsur Helium 3 bisa digunakan untuk berbagai alternatif seperti menjalankan pembangkit listrik namun lebih ramah lingkungan karena tidak menyebabkan limbah radioaktif.

Kini kamu telah mengetahui sebagian fakta di balik sisi jauh bulan. Benda langit luar angkasa memang menyimpan jutaan misteri yang selalu menarik untuk diteliti. Tetap gunakan Modem Home Router dari Hinet agar kamu bebas browsing informasi terbaru dari dunia antariksa. Kalau ingin merasakan serunya browsing internet kapan pun dan di mana pun, kamu bisa cek di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.