Hinet Internet Cepat 4G LTE
Menyelami Kekayaan Alam Bali Lewat Museum Berikut Ini

Menyelami Kekayaan Alam Bali Lewat Museum Berikut Ini

Menyelami Kekayaan Alam Bali Lewat Museum Berikut Ini – Berbicara tentang Bali pasti tidak akan pernah ada habisnya. Beragam kekayaan alam dan budaya ditawarkan oleh Bali. Jika Hinet Lovers ingin mempelajari lebih lanjut mengenai kekayaan alam Bali, kamu bisa mengunjungi museum-museum berikut ini. Mulai dari sistem persawahan khas bernama Subak, mengenal manusia purba, hingga mengetahui lebih jauh tentang gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Batur. Yuk, Hinet punya daftar museum yang mengungkap kekayaan alam Bali.

1. Museum Subak di Tabanan

Menyelami Kekayaan Alam Bali Lewat Museum Berikut Ini - museum subak

Museum Subak di Kabupaten Tabanan ini akan membawa para pengunjung melihat langsung sistem irigasi khas Bali. Subak sendiri adalah sebuah sistem irigasi yang telah disepakati dari hasil musyawarah oleh masyarakat Bali. Museum Subak memiliki dua bagian, yaitu bagian pertama adalah Museum Induk yang terdiri atas gedung pusat informasi sebagai gedung utama dan gedung pameran. Bagian kedua adalah Museum Terbuka, yaitu berisi sawah yang terbentang luas. Di museum ini dilengkapi dengan berbagai informasi mengenai alat pemotong padi, penumbuk padi dan perlengkapan pertanian lainnya. Oleh karena mengandung kearifan lokal masyarakat yang hanya bisa ditemukan di Bali, Subak ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada bulan Mei 2012. Harga tiket yang ditawarkan untuk masuk ke museum cukup terjangkau loh Hinet Lovers. Yaitu 10.000 untuk orang dewasa dan 5.000 untuk anak-anak.

2. Museum Geopark Batur di Bali

Menyelami Kekayaan Alam Bali Lewat Museum Berikut Ini - museum geopark Batur

Meskipun museum ini terbilang baru dibuka, tetapi museum ini tidak pernah sepi dari pengunjung loh, Hinet Lovers. Terletak di jalan Raya Penelokan, Batur Selatan ini menawarkan berbagai informasi perihal keanekaragaman geologi, keanekaragaman wujud budaya, dan hal-hal menarik lainnya tentang Gunung Batur. Museum ini diresmikan secara langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 1 April 2016 lalu. Jika Hinet Lovers ingin mengunjungi museum ini kamu bisa datang pada pukul 08.00-16.00 pada hari Senin sampai Kamis, Sabtu dan Minggu pada pukul 08.00-14.00 WITA. Harga tiket yang ditawarkan juga sangat terjangkau yaitu 15.000 untuk anak-anak dan 20.000 untuk dewasa.

Baca Juga: Ternyata 4 Manfaat Ini Menjadi Alasan Serunya Wisata Ke Museum

3. Museum Manusia Purba di Jembrana

Menyelami Kekayaan Alam Bali Lewat Museum Berikut Ini - museum manusia purba

Museum yang terletak di Jalan Rajawali, Gilimanuk, Kabupaten Jembrana ini juga bisa menjadi salah satu referensi kamu untuk mencari tahu tentang kekayaan alam Bali. Museum Purba Bali menampilkan sensasi yang unik mengenai informasi peninggalan-peninggalan zaman kuno dan kehidupan manusia zaman prasejarah. Di museum ini kamu bisa mengetahui kehidupan zaman prasejarah melalui berbagai penemuan benda sejarah yang ada. Kamu bisa melihat kerangka manusia purba, alat berburu manusia purba, bahkan perhiasan batu zaman purba. Museum Manusia Purba mulai buka pada pukul 08.00-16.00 dari Senin sampai Sabtu, sedangkan hari Minggu tidak buka. Pengunjung museum ini pun tidak dikenakan biaya yang mahal, cukup dengan membayar donasi seikhlasnya saja. Wah, wisata hemat nih, namanya.

4. Museum Gedong Arca di Gianyar

Menyelami Kekayaan Alam Bali Lewat Museum Berikut Ini - museum gedong arca

Museum yang dibangun sejak tahun 1960 ini terletak di Jalan Tampaksiring, Gianyar, Bali. Sesuai dengan namanya Museum Gedung Arca memiliki koleksi unggulan berupa benda cagar budaya dari zaman prasejarah sampai zaman sejarah. Museum ini sudah resmi dibuka oleh Dirjen Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga: 4 Objek Wisata Bali Yang Belum Banyak Orang Tahu

5. Museum Bali Denpasar di Kota Denpasar

Menyelami Kekayaan Alam Bali Lewat Museum Berikut Ini - Museum Bali Denpasar

Museum Bali Denpasar ini bisa dibilang salah satu museum tertua di Bali. Terbukti dari awal mula pembuatan Museum Bali Denpasar pada tahun 1910. Ide pembuatan museum ini datang dari orang asing yang menjabat sebagai seorang asisten residen Bali yang bernama W.F.J Kroon. Museum ini dibangun oleh kolaborasi tiga arsitek, yaitu I Gusti Gede Ketut Kandel, I Gusti Ketut Rai, dan Curt Grundler dari Jerman. Museum ini terbagi menjadi tiga gedung yaitu Gedung Karangasem, Gedung Tabanan, dan Gedung Buleleng.

Kini Hinet Lovers sudah mengetahui museum bertema alam di Bali yang bisa kamu kunjungi. Jangan lupa bawa Mifi 4G dari Hinet ya, supaya bisa share foto-fotomu ketika sedang di museum. Ajak teman-temanmu juga, ya. Mifi 4G Hinet bisa diakses hingga 10 pengguna, loh.

Baca Juga: Lima Alasan Harus Menggunakan Paket 4G Termurah

Leave a Reply

* Your email address will not be published.