Hinet Internet Cepat 4G LTE
Merasa Kemampuan Menulis Masih Kurang? Lihat Tips Ini Yuk

Merasa Kemampuan Menulis Masih Kurang? Lihat Tips Ini Yuk

Merasa Kemampuan Menulis Masih Kurang? Lihat Tips Ini Yuk – Kebanyakan orang memang sudah bisa menulis akan tetapi bisa menulis bukan berarti bisa menjadi penulis. Menjadi penulis tidaklah semudah yang disangka, namun akan mudah jika sering berlatih. Seorang penulis harus memiliki standar kepenulisan yang sudah ditetapkan. Menjadi seorang penulis harus siap menelan mentah-mentah kritikan yang pedas. Akan tetapi kritik itu bukanlah suatu hal yang bisa membuat menyerah, justru menjadi sebuah motivasi untuk memperbaiki hasil karya kita. Menjadi penulis hebat tidaklah mudah, semakin banyaknya pengalaman yang akan membentuk kemantapan menulis. Jika Hinet Lovers memiliki cita-cita menjadi seorang penulis, jangan pernah menyerah dengan segala rintangan yang ada. Berikut ini Hinet punya tips buat kamu agar bisa semakin pede dengan hasil karya tulismu.

1. Punya Tokoh Idola

Merasa Kemampuan Menulis Masih Kurang? Lihat Tips Ini Yuk - Taufik Ismail

Memotivasi diri dengan menggunakan tokoh idola juga bisa menjadi salah satu cara agar kamu bisa menjadi penulis yang berkualitas. Tanyakan pada diri sendiri,mengapa kamu ingin terjun ke dunia kepenulisan? Siapa yang membuatmu ingin mejadi penulis? Atau mungkin sastrawan yang kamu idolakan? Mulailah memiliki tokoh idola, cari tahu perjuangan karier idolamu di bidang kepenulisan, lalu motivasikan diri ingin menjadi seperti idolamu. Dengan memotivasi diri ingin menjadi seperti idolamu akan terus membuat kamu semakin memiliki target.

2. Pikirkan Topik yang Kamu Kuasai

Merasa Kemampuan Menulis Masih Kurang? Lihat Tips Ini Yuk - Creative Writing

Hinet Lovers ingin mengembangkan segala ide dan gagasan kepada orang lain, maka Hinet Lovers harus benar-benar bisa memastikan topik itu adalah topik yang benar-benar kamu kuasai atau minimal kamu mengerti. Jangan sampai tulisanmu justru membuat bingung pembaca dikarenakan kamu pun tidak paham apa yang sedang ditulis. Sebagai contoh, Hinet Lovers menguasai fotografi, kamu bisa membuat tulisan mengenai dunia fotografi menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

3. Buat Kerangka

Merasa Kemampuan Menulis Masih Kurang? Lihat Tips Ini Yuk-Kerangka Tulisan

Langkah selanjutnya setelah kamu mencari topik yang sesuai adalah dengan membuat kerangka yang sesuai. Misalnya, kamu menentukan dulu pembuka cerita yang seperti apa, konflik yang seperti apa, dan juga penyelesaian konflik nantinya akan seperti apa. Tulislah kerangka tersebut agar bisa lebih memudahkan kamu mengingat jalan cerita yang akan kamu susun. Nantinya kamu akan dengan mudah mengembangkan tulisanmu.

4. Ambil Data Dari Berbagai Sumber

Merasa Kemampuan Menulis Masih Kurang? Lihat Tips Ini Yuk-Berbagai Sumber

Mengambil beberapa referensi untuk tulisanmu juga bisa membantu kamu agar bisa membut tulisan yang berkualitas juga. Contohnya, kamu ingin menulis tentang cerita anak-anak. Mulailah mencari inspirasi dari cerita-cerita yang sudah ada. Akan tetapi data tersebut tidak boleh kamu tiru tanpa mendapatkan izin dari penulis, kamu harus bisa menulisnya kembali sesuai hasil pemikiranmu dengan menggunakan bahasa yang dikembangkan sendiri.

Setelah tulisannya jadi, jangan simpan hasil tulisanmu sendiri, mulailah mengirim ke penerbit atau minimal share tulisanmu di blog pribadimu agar tulisan kamu lebih dikenal. Supaya lebih mudah, jangan lupa gunakan router murah dari Hinet agar kamu bisa menghemat kuota.

Leave a Reply

* Your email address will not be published.