Hinet Internet Cepat 4G LTE
Meskipun Terdengar Mirip, Ini Perbedaan E-Money dan E-Wallet

Meskipun Terdengar Mirip, Ini Perbedaan E-Money dan E-Wallet

Meskipun Terdengar Mirip, Ini Perbedaan E-Money dan E-Wallet – Yang namanya teknologi tidak akan pernah berhenti untuk maju dan berkembang. Fenomena ini disebabkan oleh kreativitas tanpa batas yang dimiliki para ahli untuk terus berinovasi di bidang teknologi dan elektronik, seperti halnya E-Money Indonesia dan E-Wallet Indonesia. Seperti yang kamu sadari, sistem pembayaran cashless tengah trending di masa kini. Hal ini disebabkan oleh adanya kedua item ini. E-wallet adalah uang elektronik berbasis aplikasi, sedangkan E-money adalah uang elektronik berbentuk kartu maupun chip. Meskipun sama-sama berbentuk uang elektronik, tetapi keduanya tidak terlalu memiliki kemiripan. Alih-alih keduanya memiliki fungsi yang canggih, namun tetap ada juga loh kekurangan E-Money dan kekurangan E-Wallet. Secara lebih rinci akan dijelaskan di bawah ini.

1. Bentuk

Meskipun Terdengar Mirip, Ini Perbedaan E-Money dan E-Wallet - Bentuk

Mulai dari segi fisik, bentuk pada E-Wallet yaitu berupa aplikasi yang ada di smartphone, seperti DANA, OVO, GO-PAY, dan DOKU. Sedangkan E-Money berbentuk kartu ataupun chip dan fisiknya benar-benar ada.

Baca Juga: 4 Aplikasi Keuangan Yang Dibutuhkan Pada Awal Bulan

2. Kegunaan

Meskipun Terdengar Mirip, Ini Perbedaan E-Money dan E-Wallet - Kegunaan

E-Wallet dan E-Money nyatanya memiliki fungsi yang berbeda, meskipun sama-sama uang elektronik. E-Wallet umumnya digunakan untuk melakukan pembayaran tiket commuter, tol, transjakarta, maupun barang di gerai yang sudah mendukung sistem ini. Jika pada E-Money cakupannya untuk bertransaksi terbatas, di E-Wallet fungsinya ada banyak sekali yang akan kamu rasakan. Bisa untuk pembayaran elektronik BPJS, belanja di ritel online maupun offline, membayar listrik, pulsa, TV berbayar, dan bahkan untuk saling mengirim saldo.

Baca Juga: Kegunaan Dari Fitur NFC Pada Smartphone yang Jarang Diketahui Masyarakat Indonesia

3. Cara Pengisian dan maksimal Saldo

Meskipun Terdengar Mirip, Ini Perbedaan E-Money dan E-Wallet - Cara Pengisian dan Maksimal Saldo

Untuk melakukan pengisian saldo E-Money dan E-Wallet pada umumnya sama saja. Bisa dengan melalui mesin EDC, internet banking, ATM, mobile banking, atau melalui merchant gerai ritel. Nah, letak perbedaannya ada pada batas pengisian saldo di kedua uang elektronik ini. Pada E-Money, maksimal kamu dapat melakukan top up hingga Rp 1 juta. Sedangkan di E-Wallet kamu dapat mengisi saldo hingga Rp 10 juta.

Baca Juga: Lebih Puas Internetan Pake Hinet Unlimited

4. Promosi yang Didapat

Meskipun Terdengar Mirip, Ini Perbedaan E-Money dan E-Wallet - Promosi yang didapat

Dari sisi promosi, jelas E-Money kalah pamor bila dibandingkan dengan E-Wallet. Sebut saja GO-PAY, DANA, ataupun OVO. Ketiga E-Wallet ini, kerap kali mengadakan promo yang menggiurkan, bisa itu potongan harga ataupun promo cashback. Sedangkan E-Money, sangat jarang sekali promo yang diberikan. Paling kalau sedang ada event tertentu saja di suatu lokasi yang memang mendukung sistem pembayaran E-Money.

Nah, begitulah kira-kira gambarannya perbedaan dari E-Money dan E-Wallet. Jadi sudah tahu ya Hinet Lovers, jangan sampai salah membedakan kedua uang elektronik ini. Lalu, apakah kalian sudah memiliki aplikasi E-Wallet pada smartphone-mu? Kalau belum, langsung saja download di PlayStore dan jangan lupa untuk mengaktifkan serta berlangganan paket MiFi 4G LTE dari Hinet yang dijamin akan membuat koneksi internetmu stabil. Nikmati juga kemudahan internetan mudah dan cepat di sini >>> Paket Internet Termurah

Leave a Reply

* Your email address will not be published.