Hinet Internet Cepat 4G LTE

Motif Batik Dan Maknanya

Motif Batik Dan Maknanya – Hi, hari batik nasional merupakan masyarakat Indonesia melestarikan dan memperingati serta memakai pakaian batik secara bersamaan.

Penetapan hari batik nasional ditetapkan pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO, pengakuan batik Indonesia sebagai warisan dunia dan warisan kemanusiaan untuk budaya.

Batik indonesia dari dahulu sampai sekarang semakin berkembang, dengan adanya perkembangan beberapa motif dan model yang seadanya hingga mewah serta elegant. Sebagai warga Indonesia, kita wajib tahu arti dari motif batik yang sangat beragam.

Motif batik beserta maknanya

  1. Batik Megamendung
    Makna batik megamendung berkaitan tentang kehadiran masyarakat cina ke kota cirebon pada abad ke-16. Pada saat Sunan Gunung Jati sedang mengarjakan dan menyebarkan agama islam di cirebon, beliau bertemu dengan wanita yang bernama Ratu Ong Tien dari Cina.Singkat cerita mereka menikah dan mereka berpergian dari negara Cina ke Indonesia, khususnya Ratu Ong Tien beliau membawa karya seni yang bermotif awan dari negeri tempat kelahirannya.Awan merupakan simbol dunia atas paham Taoisme, oleh karena itu motif megamendung bisa menggambarkan luasnya dunia.
  2. Batik Sidoasih
    Batik ini berasal dari Yogyakarta dan Surakarta Jawa Tengah, Arti kata Sidoasih merupakan 2 kata yang dijadikan satu, yaitu sido dan asih yang berarti Sido berarti terus menerus Asih berari sayang.Memiliki arti yang lembut dan bermakna sangat dalam yaitu kasih sayang, batik ini sering digunakan atau dipakai pada acara pernikahan, yaitu pengantin memakai sepasang pakaian yang bercorak batik Sidoasih agar bermakna penuh cinta dan kasih sayang.
  3. Batik Parang RusakBatik motif parang rusak merupakan motif batik tertua di Indonesia. Bahkan bisa lebih tua dari kakek nenekmu lhoo. Lanjut lanjut, arti dari kata parang ialah berasal dari kata pereng yang maknanya yiatu lereng. Pereng bisa juga disebutkan sebagai Perengan.Perengan sendiri menggambarkan suatu garis menurun dari atas menuju ke bawah secara diagonal. Susunan motif huruf S sambung menyambung tidak terputus melambangkan hal kesinambungan.Bentuk dasar huruf S pada batik motif parang itu sendiri diambil dari ombak samudera yang mengartikan semangat yang tidak pernah padam, seperti semangatku mengejar doi yang tak kunjung peka (hehehe bercanda).Motif batik parang rusak sendiri  merupakan batik asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Kartasura.Sekian dulu pembahasan beberapa motif batik nusantaranya, semoga kamu hinet lovers tidak melupakan salah satu sejarah dan peninggalan Indonesia yaitu batik. Bahkan beberapa batik kita sudah mencapai pasar internasional lhoo, patut dibanggakan memang karya karya anak bangsa.

    Hinet lovers sebagaimana kalian membutuhkan internet untuk aktifitas harian kalian, aku mau membagikan informasi kepada kalian

    seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

    Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

    Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

    • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
    • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
    • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
    • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.