Hinet Internet Cepat 4G LTE
Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha – Bisnis sudah menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Alasannya, di zaman yang sudah semakin maju teknologinya ini, berbisnis bisa dilakukan melalui dunia digital. Maka dari itu juga, para calon pengusaha atau enterpreneur harus paham dulu bagaimana cara kerja dunia digital. Di samping itu, dengan memanfaatkan platform digital, para pebisnis akan jauh lebih mudah mempromosikan atau memperdagangkan produknya.

Umumnya, para perintis usaha digital kerap memanfaatkan platform sosial media untuk dijadikan tempat berjualan atau promosi. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, bahkan Youtube. Nah! Melihat fenomena bisnis digital yang marak ini, WhatsApp juga tidak mau kalah dan berinovasi dengan menciptakan aplikasi WhatsApp Business.

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Pertanyaannya, apa sih WhatsApp Bisnis itu? Bagaimana cara membuat WhatsApp Bisnis? Bagaimana cara verifikasi akun WhatsApp Bisnis? Apa kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business Indonesia? Bagaimana pula tips dan trik menggunakan WhatsApp Bisnis?

Jika kamu ingin tahu kesemua hal itu, jawabannya sudah Hinet rangkum di bawah sini ya. Silahkan Hinet Lovers simak baik-baik.

Apa itu WhatsApp Business Indonesia?

Hal pertama yang akan Hinet jelaskan adalah pengertian WhatsApp Bisnis. WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi gratis yang dirancang khusus oleh WhatsApp untuk para pelaku bisnis. Dengan adanya aplikasi WhatsApp Bisnis ini, para pelaku bisnis bisa berinteraksi dengan konsumen secara mudah, karena beragam fitur yang ditawarkannya. Seperti yang bisa kamu lihat pada keunggulan WhatsApp Bisnis berikut ini.

Baca Juga: 5 Keunggulan WhatsApp Bisnis lebih Laku Dari WhatsApp Biasa

Keunggulan WhatsApp Bisnis:

Memanfaatkan Away Message

Fitur Away Message pada WhatsApp Bisnis memungkinkan para pebisnis untuk selalu terhubung dengan pelanggannya ketika mereka sedang berada di tempatnya. Dalam artian, para pelaku bisnis dapat menggunakan fitur Away Message untuk mengeluarkan jawaban otomatis ketika seorang konsumen mengirim pesan atau chat.

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus menuju “Settings” terlebih dahulu. Setelah masuk, buka menu “Business Settings” dan dilanjutkan dengan memilih opsi “Away Message”. Setelah itu, aktifkan fitur Away Message dengan memberi centang biru dan edit pesan default yang sudah disediakan. Hinet Lovers dapat mengatur kalimatnya dengan bebas. Jika sudah, klik Save untuk menyimpan.

Baca Juga: WhatsApp Bakalan Punya Fitur Buat Kirim Uang, Aman Kah?

Adanya Greeting Message dan Balas Pesan Cepat Secara Otomatis

Selain Away Message, WhatsApp Bisnis memiliki 2 fitur lainnya yang sama-sama bertugas membalas pesan pelanggan secara otomatis, yakni Greeting Message dan Quick Replies. Fungsi dari Greeting Message yaitu membuat kalimat sapaan untuk menyambut konsumen baru melalui pesan otomatis. Sedangkan Quick Replies berfungsi untuk membuat jawaban cepat yang dipicu dengan kata kunci tertentu.

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Cara untuk mengaktifkan fitur Greeting Message sama saja seperti Away Message. Hinet Lovers hanya perlu menuju ke menu “Business Settings” dan pada kolom “Messaging Tools” pilih opsi “Greeting Message”. Aktifkan fitur ini dengan cara menukar posisi OFF ke ON, lalu edit kata sambutan versi kamu sendiri. Jika sudah, klik “Save” untuk menyimpan.

Baca Juga: 3 Cara Pakai Dua Akun Whatsapp Dalam Satu Handphone

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Sedangkan untuk mengaktifkan fitur Quick Replies, Hinet Lovers pilih opsi “Quick Replies” pada kolom “Messaging Tools”. Kemudian buatlah jawaban khusus, entah itu ucapan terima kasih atau permintaan maaf.

Baca Juga: Cara Paling Mudah Mengatasi Whatsapp Tidak Terkirim, Eror, dan Pending

Verifikasi Akun Whatsapp Bisnis

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Jika pada WhatsApp Messenger tidak terdapat fitur centang atau verifikasi, maka berbeda halnya dengan WhatsApp Business. Pada aplikasi WhatsApp Business, para pelaku bisnis dapat memverifikasi akun layaknya pada Instagram. Namun, bedanya terletak pada warna. Kalau di Instagram berwarna biru, di WhatsApp Business berwarna hijau. Dengan adanya verifikasi atau lambang centang pada akun, maka secara otomatis pelanggan atau konsumen menjadi lebih percaya pada akun WhatsApp bisnis yang sudah kamu buat.

Baca Juga: Aplikasi YoWhatsApp Terbaru Lebih Banyak Diminati, Ini Keunggulannya

Menggunakan Nomor Telepon Kantor

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Perbedaan WhatsApp Messenger dengan WhatsApp Business lainnya yakni terletak pada penggunaan nomornya. Jika WhatsApp Messenger hanya bisa menggunakan nomor ponsel, kalau di WhatsApp Business pengguna bisa menggunakan nomor kantor. Dengan begitu, akun bisnis yang kamu miliki akan terkesan lebih profesional.

Baca Juga: Cara Mudah Agar Status Online di WhatsApp Tidak Terlihat

Melihat Statistik Akun

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Satu lagi keunggulan yang dapat dirasakan oleh pengguna, khususnya pelaku bisnis yaitu bisa melihat statistik akun. Dengan fitur ini, pelaku bisnis dapat melihat statistik informasi data pesan terkirim kepada pelanggan atau diterima yang sudah ditampung. Untuk bisa melihatnya, Hinet Lovers hanya perlu menuju “Settings” dan dilanjutkan dengan memilih opsi “Statistics”.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Ganti Nomor WhatsApp Agar Tidak Kehilangan Chat

Kekurangan WhatsApp Business:

Apabila hanya sekedar tahu kelebihannya saja, sepertinya kurang ya. Hinet Lovers juga perlu mengetahui nih apa saja kekurangan WhatsApp Business.

Rawan Kebocoran Data

Dibalik kemudahannya yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk berinteraksi dengan konsumen, nyatanya ada juga loh kelemahan seperti bocornya data. Ya, dikarenakan masih rentannya keamanan pada WhatsApp Business sangat membuat mudahnya para pelaku penjahat cyber untuk melihat data-data yang sudah didaftarkan.

Baca Juga: Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

Tidak Bisa Mengubah Nama Akun

Kekurangan WhatsApp Business selanjutnya yaitu terletak pada nama akun. Jika kamu baru mengunduh aplikasi ini, maka akan muncul peringatan bahwa nama akun WhatsApp Bisnis tidak bisa diubah. Maka dari itu, pengguna harus memilih nama akun yang tepat dan pas.

Baca Juga: Jangan Mau Dijajah, Cek Tanda Apakah Paket Kuota Kamu Sudah Medeka

Bedakan Nomor Akun WhatsApp Messenger

Satu lagi kekurangan WhatsApp Business yang perlu kamu ketahui. Meskipun kamu bisa menjalankan WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business di dalam satu perangkat, kamu tetap harus membedakan nomornya. Dikarenakan, WhatsApp Business menyarankan pemakainya untuk menggunakan nomor yang permanen. Sehingga tidak boleh diganti, akan sangat repot juga apabila mengganti nomor.

Baca Juga: Agustus Membara 17GB bersama Hinet dan Tokopedia

Cara Mengunduh WhatsApp Bisnis:

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Setelah mengetahui pengertian, kelemahan, dan kelebihan dari WhatsApp Business, berikut ini Hinet akan membagikan cara mengunduh aplikasi WhatsApp Business ke dalam Android. Sebelum mulai mengunduhnya, mohon perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Apabila kamu mempunyai akun WhatsApp Messenger, maka kamu akan dihadapkan oleh opsi untuk memindahkan seluruh riwayat chat ke akun WhatsApp Business. Alangkah baiknya jika kamu melakukan pencadangan atau membackup data secara manual terlebih dahulu. Dikarenakan riwayat chat yang sudah dipindahkan tidak bisa dikembalikan ke WhatsApp Messenger.
  • Pastikan kamu sudah memiliki 2 nomor/SIM yang aktif dalam satu perangkat. Dikarenakan nomor WhatsApp Messenger tidak bisa digunakan juga pada akun WhatsApp Business, dalam artian harus berbeda.

Cek Peluang Penting WhatsApp Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Setelah memperhatikan kedua hal ini, barulah kamu bisa mengunduh aplikasi WhatsApp Business:

  1. Unduh WhatsApp Business dari PlayStore
  2. Setelah selesai diunduh, bukalah aplikasi tersebut dan mulai lakukan verifikasi nomor
  3. Pulihakn riwayat chat (ini merupakan pilihan opsional)
  4. Masukkan nama bisnis untuk akunmu (pastikan kamu sudah menentukan nama yang tepat)
  5. Buatlah profil bisnis dengan cara klik “Menu”, kemudian pilih “Settings” dan dilanjutkan dengan memilih opsi “Business Settings”. Terakhir, pilih opsi “Profile”.

Ya, jadi begitulah pengertian WhatsApp Bisnis dan sebagainya. Hinet Lovers yang sedang merintis apakah tertarik juga untuk membuat akun WhatsApp Business Indonesia? Kalau mau, jadikan juga nih paket internet paling murah 4G LTE dari Hinet sebagai penunjang aktivitas bisnis kamu. Dijamin kuota internet bulanan murah dan internetan menjadi lebih maksimal dengan Hinet.

Dapatkan kuota internet murah 4G LTE dengan harga mulai dari 35.000/bulan dan promo kuota paling murah lainnya dari Hinet di sini >>>

Mau dapat kuota yang murah? Pilih Hinet saja! Temukan kuota murah dan melimpah di Hinet!

 

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.