Hinet Internet Cepat 4G LTE
Pengertian,-Kelebihan-dan-Kekurangan-Fiber-Optik

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik – Jika Hinet Lovers adalah pengguna komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Fiber Optik. Ettss tapi kamu yakin sudah tau apa itu Fiber Optik? Nah Hinet mau ajak kamu kenalan sama Fiber Optik, yuk simak artikel pengertian, kelebihan dan kekurangan fiber optik dibawah ini :

 1. Pengertian Fiber Optik

Fiber Optik adalah sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik dengan tekstur sangat halus yang dapat digunakan sebagai media transmisi serta difungsikan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya dengan kecepataan yang cukup tinggi. Semakin tinggi kecepatan yang ditawarkan maka semakin tinggi juga suatu jaringan untuk mengakses internet. Fiber Optik merupakan serat optik yang bisa menghubungkan komputer dengan suatu jaringan tertentu terutama jaringan internet. Fiber Optik juga difungsikan untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya yang dapat mengalirkan ke titik yang lainnya.

Fiber optik terdiri dari empat bagian dengan fungsi yang berbeda-beda diantaranya sebagai berikut : 

1. Core (Bagian Inti)

Dengan ukuran yang sangat kecil, bagian inti Fiber Optik memiliki diameter sekitar 2 μm sampai 50 μm. Bagian inti atau Core berfungsi untuk membuat performa agar lebih stabil dan lebih baik.

2. Cladding

Bagian Cladding adalah bagian pelindung yang langsung menutupi bagian serat optik atau Core. Biasanya Cladding memiliki diameter 5 μm sampai 250 μm. Cladding memiliki fungsi sebagai pemandu gelombang cahaya agar tembus kembali kepada Core.

3. Coating

Coating memiliki fungsi sebagai lapisan pelindung dari seluruh gangguan fisik yang akan terjadi. Berbeda dari Core dan Cladding, lapisan Coating terbuat dari bahan plastik yang elastis.

4. Outer Jacket

Bagian ini terletak pada bagian paling atas Fiber Optik. Outer Jacket memiliki fungsi yang sangat penting karena menjadi pelindung utama dari kabel optik. Biasanya Outer Jacket terbuat dari karet ataupun plastik. Lapisan ini juga berfungsi untuk melindungi inti kabel dari gangguan fisik lainnya.

2. Kelebihan  Fiber Optik

Fiber Optik memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah memiliki kemampuan mengantarkan data sampai kapasitas yang sangat besar. Selain itu juga memberikan kebebasan untuk rumah ataupun perusahaan yang menggunakan internet memilih bandwith yang tinggi. Selain itu Fiber Optik tidak menggunakan aliran listrik sehingga akan membuat kamu lebih hemat dan terbebas dari gangguan listrik. Disisi lain karena Fiber Optik tidak menggunakan listrik maka ada kemungkinan tidak akan terjadi konsleting dan dalam hal keamanan juga akan sangat terjamin. Kelebihan lain yang ada pada Fiber Optik adalah memiliki kemampuan akses yang sangat tinggi tetapi tidak akan membuat kamu kehilangan data, jadi Hinet Lovers tidak perlu khawatir akan validitas data.

3. Kekurangan Fiber Optik

Dengan kelebihan yang ada, Fiber Optik juga memiliki kekurangan yang harus kamu perhatikan nih Hinet Lovers. Diantaranya adalah kamu harus memperhatikan dimana letak Fiber Optik akan ditempatkan. Jika kamu memilih menempatkan ditempat yang melengkung atau sudut yang berbelok, akan sangat memungkinkan proses berjalannya gelombang akan tidak lancar dan menjadi terhambat. Kekurangan yang paling menonjol adalah, Hinet Lovers harus pintar memilih Fiber Optik yang menonjol, jika tidak dompetmu akan terkuras dengan harganya yang cukup tinggi. Selain biayanya yang tinggi biaya yang ditawarkan untuk perawatan Fiber Optik juga tidak sedikit. Hal ini memang wajar terjadi jika mengingat bahan-bahan yang digunakan menggunakan kualitas yang terbaik dan proses pemasangannya pun tidak mudah serta harus dipasang oleh orang yang sudah ahli.

Leave a Reply

* Your email address will not be published.