Hinet Internet Cepat 4G LTE
Penjelasan Up To Date Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya

Penjelasan Up To Date Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya

Penjelasan Up To Date Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya – Hinet Lovers, bila diperhatikan belakangan ini, konten-konten di Youtube semakin menarik untuk disaksikan. Dari sekian banyaknya konten yang disuguhkan, ada salah satu video yang cukup diganderungi oleh para warganet, yakni konten Podcast.

Mungkin kamu bisa melihat konten ini di kanal Youtube milik Raditya Dika ataupun Deddy Corbuzier. Keduanya menyajikan konten Podcast di Indonesia yang berisikan wawancara mereka dengan para selebriti ataupun penggiat profesi lain.

Teknik wawancaranya pun cukup unik, si pewawancara dengan si informan berbicara dengan memakai mic khusus untuk merekam suara dan keduanya pun sama-sama mengenakan headphone.

Mungkin Hinet Lovers ada yang sempat bertanya-tanya, apa sih Podcast itu? Apakah ada sejarah Podcast? Lalu, apa saja kelebihan Podcast? Nah! Untuk mengetahui semua jawaban tersebut, kamu bisa cek pembahasan Podcast yang sudah Hinet rangkum di bawah sini. Yuk kita simak bersama-sama!

1. Pengertian Podcast

Penjelasan Up To Date Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya

Pertama-tama yang akan dibahas adalah pengertian Podcast. Podcast adalah gabungan dari akhiran kata “iPod” dan “Broadcast”. Ya, istilah ini baru mulai terkenal pada masa-masa iPod masih berada di puncak kejayaannya.

Podcast itu sendiri merupakan rekaman audio yang bisa didengarkan oleh setiap orang layaknya radio, namun dengan konsep yang berbeda.

Jika radio lebih banyak menyuguhkan konten-konten dan disiarkan secara langsung, beda halnya dengan Podcast. Hinet Lovers hanya akan mendengar audio rekaman yang umumnya berisi pembahasan topik-topik yang lebih spesifik.

2. Sejarah Podcast

Penjelasan Up To Date Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya

Setelah mengetahui pengertian dan singkatan dari Podcast, kamu juga perlu tahu sedikit mengenai sejarahnya. Podcast pertama kali hadir sejak tahun 2005, namun Podcast mulai tren 2 tahun kemudian.

Nah! Di tahun 2007 inilah Podcast kian populer dan banyak didengarkan oleh netizen. Mereka kerap mendengar Podcast dari iPod, perlu kamu ketahui juga kalau Podcast mulai viral belum lama setelah iPod dan iPhone rilis. Kamu tentu sudah paham kalau Podcast merupakan singkatan dari “iPod” dan “Broadcast”.

iPod itu sendiri merupakan salah satu produk andalan dari Apple. Apple benar-benar berhasil menyulap sebuah rekaman audio menjadi suatu suguhan yang menarik untuk khalayak umum.

Baca Juga: Download Video Youtube Bisa Tanpa Aplikasi. Begini Caranya!

3. Kelebihan Podcast

Penjelasan Up To Date Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya

Apakah ada kelebihan Podcast? Jawabannya, ADA! Berikut ini, ada 3 kelebihan Podcast yang harus kamu ketahui.

  • Tidak adanya iklan yang mengganggu layaknya radio.
  • Ada banyak topik dan kategori yang bisa dipilih untuk didengarkan, kamu bisa memilih berdasarkan minat dan hobi yang sedang ditekuni.
  • Bisa didengarkan kapan saja, dalam artian lebih fleksibel. Bahkan kamu bisa mendengarkannya secara berulang atau berkali-kali.

4. Cara Mengakses Podcast

Penjelasan Up To Date Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya

Jika dulu untuk bisa streaming Podcast hanya dari iTunes saja, kini Hinet Lovers sudah bisa mengaksesnya dari beragam sumber. Bahkan tidak harus melalui produk Apple saja, dengan Android pun kamu juga bisa mendapatkan rekaman audio ini dengan aplikasi-aplikasi yang mendukung.

Di Google Playstore, tersedia beberapa aplikasi Podcast yang bisa kamu jadikan pilihan. Beberapa di antaranya ada:

Setelah mengunduh salah satunya, Hinet Lovers hanya perlu memilih Podcast dengan tema yang kamu minati. Mudah kan!

Baca Juga: Cara Paling Mudah Mencari dan Menyimpan Filter AR Instagram!

5. Cara Membuat Podcast

Penjelasan Up To Date Pengertian Podcast dan Cara Membuatnya

Terakhir, Hinet akan membagikan tips atau cara membuat Podcast dengan baik dan benar. Kamu penasaran? Yuk perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat adalah menentukan karakter Podcast. Tidak hanya Youtube saja, Podcast pun juga harus mempunyai karakteristik. Kamu mungkin bisa menentukannya dengan apa yang sedang kamu minati saat ini, baik itu komedi, cerita paranormal experience, membahas musik atau film, atau olahraga.

Kedua, siapkan alat-alat pendukung untuk membuatnya. Kamu bisa melihat contohnya di kanal Youtube Raditya Dika dan Deddy Corbuzier. Agar kualitas rekaman bagus dan terdengar jelas, kamu harus memiliki mikrofon lengkap dengan set lainnya yang mampu meredam suara.

Ketiga, buatlah naskah berisikan konten yang akan kamu bahas. Supaya isi konten menjadi lebih baik, kamu harus menyusun topik-topik yang akan dibahas secara berurut. Bila transisi dari satu kisah ke kisah lainnya tertata dengan rapih, juga akan membuat si pendengar merasa nyaman.

Keempat, siapkan juga software untuk editing hasil rekaman. Jangan hanya sekedar mengandalkan sound recorder pada Windows, kamu juga perlu menginstal software seperti Adobe Audition yang sudah biasa digunakan oleh para profesional. Selain itu, kamu juga harus mengubah format audio menjadi mp3 agar cocok dan mudah didengarkan melalui media-media lain.

Terakhir, tuliskan keterangan yang dibutuhkan, seperti misalnya informasi album, artis, dan sebagainya. Tambahkan juga sampul album yang menarik, kalau bisa gambarnya hasil dari editan kamu sendiri ya.

Setelah melakukan kesemua hal ini, barulah kamu bisa unggah.

Sekian sudah pembahasan Podcast, mulai dari sejarah, kelebihan, cara mengakses, dan membuatnya. Kamu bisa menemukan beragam Podcast di Indonesia dengan topik yang menarik. Bila dirasa dirimu bosan dengan Youtube, mungkin Podcast bisa menjadi alternatif sebagai media hiburanmu.

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Selain paket internet Reguler, kamu bisa menemukan paket-paket menarik lainnya di sini >>>

Leave a Reply

* Your email address will not be published.