Hinet Internet Cepat 4G LTE
Pengertian Tikus Percobaan, Mengapa Sering Menjadi Objek Penelitian

Pengertian Tikus Percobaan, Mengapa Sering Menjadi Objek Penelitian

Pengertian Tikus Percobaan, Mengapa Sering Menjadi Objek Penelitian – Sering kali ilmuwan melakukan uji coba hasil penelitiannya terhadap hewan. Dikenal istilah “tikus percobaan” dalam dunia penelitian. Mengapa tikus menjadi hewan terlaris bagi para ilmuwan dalam penelitiannya? Berikut fakta dan pengertian tikus percobaan.

1. Karakteristik Tubuh Mirip Manusia

Foundation for Biomedical Research (FBR) mengungkap bahwa 95% hewan yang ada di laboratorium adalah tikus. Hal ini dikarenakan karakteristik tubuhnya mirip manusia. Tikus adalah hewan mamalia yang memiliki kemiripan dengan manusia, baik secara genetik maupun karakteristik biologisnya. Setelah melewati penelitian selama dua dekade, para ilmuwan bahkan mengembangkan penelitian yang sudah diubah secara genetik dan sekarang disebut “transgenic mice”. Hasil penelitian ini menyimpulkan tikus membawa gen yang serupa dengan penyebab penyakit pada manusia.

Baca Juga: Binatang yang Tidak Disangka Bisa Berenang, Nomor 5 Sering Kamu Lihat

2. Tidak Terancam Punah

Setelah puluhan tahun tikus hidup, hewan yang satu ini tidak pernah dinyatakan terancam punah. Hal ini dikarenakan tikus menjadi salah satu hewan dengan tingkat reproduksi sangat tinggi. Hidup tikus bisa berkisar dari dua sampai tiga tahun. Tikus mulai melakukan reproduksi pada usia 2 sampai 3 bulan umurnya. Sekali melahirkan tikus betina bisa menghasilkan 5-10 bayi tikus. Hebatnya lagi, tikus bisa langsung “hamil” lagi setelah tujuh hari pasca melahirkan. Itulah yang menjadi alasan tikus menjadi hewan terbaik sebagai objek percobaan.

Pengertian Tikus Percobaan-1

Baca Juga: Kanguru Jago Tinju, Fakta Unik dari Hewan Khas Australia Ini

3. Memiliki Kesamaan Genetik yang Identik Sehingga Mudah Dipahami

Alasan lain mengapa tikus sering menjadi target percobaan adalah mereka memiliki sifat inbred satu sama lain. Pengertian inbred sendiri adalah memiliki kesamaan genetik yang identik antara satu tikus dengan lainnya. Kemiripan sifat genetik inilah yang menyebabkan tikus cenderung menunjukkan gejala yang sama, meskipun penelitian telah menggunakan tikus yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan mengapa tikus mudah dipahami sebagai bahan percobaan penelitian.

Baca Juga: Isi Ulang Paket Reguler Hinet

4. Murah dan Jinak

Sistem reproduksi tikus yang sangat tinggi, membuat hewan ini mudah ditemukan di mana-mana. Oleh karena itu, tidak heran jika harganya menjadi murah. Selain murah, tikus tergolong hewan yang jinak dan mudah ditangani. Hal ini yang membuat peneliti menyukai tikus sebagai objek percobaannya.

Bonus:

Di Institut Sitologi dan Genetika Novosibirsk, Rusia terdapat patung yang berbentuk tikus laboratorium. Patung ini dibuat dengan tujuan menghormati peran penting tikus dalam sains sebagai bahan percobaan. Patung ini telah diresmikan pada tahun 2013 dengan biaya $ 50.000.

Kalau kamu menggunakan Paket Internet Unlimited dari Hinet, kamu tidak perlu coba-coba lagi paket internet lainnya karena dijamin internetnya lancar dan awet sebulan. Untuk mulai menikmati kemudahan internet unlimited anti boros, kamu bisa cek di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.