Hinet Internet Cepat 4G LTE
Pengertian Wisata Gastronomi, Berbeda dengan Wisata Kuliner

Pengertian Wisata Gastronomi, Berbeda dengan Wisata Kuliner

Pengertian Wisata Gastronomi, Berbeda dengan Wisata Kuliner – Berwisata ke suatu tempat pasti tidak lengkap jika melewatkan mencicipi makanan di tempat tersebut. Aktivitas mencicipi makan di suatu tempat sering disebut sebagai wisata kuliner. Akan tetapi, ada wisata lainnya yang disebut dengan wisata gastronomi. Kegiatannya mirip dengan wisata kuliner karena ada kegiatan mencicipi makanan di tujuan wisata. Jika Hinet Lovers ingin mengetahui perbedaannya, di sini kamu bisa mendapatkan penjelasan bedanya wisata kuliner dan wisata gastronomi.

1. Gabungan Budaya Lokal dan Makanan

Ternyata masih banyak orang yang menganggap bahwa kegiatan wisata gastronomi sama seperti wisata kuliner. Padahal, keduanya memiliki pengertian yang berbeda meskipun keduanya sama-sama berkaitan dengan makanan. Wisata gastronomi lebih menekankan pada budaya lokal dan makanannya. Wisatawan lebih mempelajari sejarah dan budaya dari makanan itu sendiri. Penyedia wisata gastronomi mengaitkan antara budaya lokal setempat serta makanan yang disajikan.

Baca Juga: Menyelami Kekayaan Alam Bali Lewat Museum Berikut Ini

2. Bukan Sekadar Makan

Perbedaan yang paling mencolok dari wisata kuliner dan wisata gastronomi adalah bahwa wisata gastronomi bukan hanya sekadar makan saja. Seperti kita ambil contoh nasi sebagai makanannya. Wisata kuliner biasanya hanya membahas rasa dari nasi tersebut. Sedangkan wisata gastronomi ikut turun ke sawah, belajar menanam padi, mengelola padi, hingga cara memasak beras sampai menjadi nasi dengan cara orang lokal. Kemudian cara mereka makan juga masih mengikuti aturan budaya setempat.

Baca Juga: Smart City Tengah Dikembangkan di Indonesia, Berikut Penerapannya

Pengertian Wisata Gastronomi, Berbeda dengan Wisata Kuliner

3. Menikmati Seni dalam Rasa

Gastronomi lebih mengacu kepada pengalaman makan mulai dari awal hidangan pembuka sampai akhir hidangan penutup. Pada salah satu restoran yang menawarkan wisata gastronomi, biasanya akan menyajikan 10 porsi makanan dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup. Kemudian disetiap makanan itu akan diceritakan sejarah, asal, hingga bahan baku secara detail dari makanan tersebut. Ditambah dengan hal-hal detail seperti tekstur, hiasan makanan, hingga cara penyajiannya diharapkan dapat memberikan sensasi pengalaman baru kepada wisatawan. Selain mengenyangkan perut, kamu juga bisa menikmati seni dari makanan yang disajikan.

Baca Juga: Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

4. Potensi Banyak Daerah di Indonesia

Indonesia yang memiliki ribuan pulau dan kebudayaan sangat berpengaruh terhadap makanan yang dihidangkan. Potensi kekayaan seni dan budaya di Indonesia sangat berpengaruh kepada beragam jenis makanan yang tersedia. Dengan mengembangkan potensi wisata gastronomi, sama saja dengan meningkatkan segi infrastruktur dari daerah tersebut. Beberapa daerah yang diproyeksikan untuk menjadi wisata gastronomi di antaranya Ubud, Yogyakarta, Solo, Bandung, dan Semarang.

Bagaimana Hinet Lovers? Kamu lebih menyukai wisata kuliner atau wisata gastronomi. Sudah pasti keduanya akan membuatmu kenyang, ya Hiner Lovers. Jika kamu tidak ingin cepat-cepat kehabisan kuota, kamu bisa menggunakan Paket Internet Unlimited dari Hinet karena bisa tahan sampai sebulan. Kalau kamu ingin menikmati kemudahan internet cepat anti boros, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.