Hinet Internet Cepat 4G LTE
Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya – Sebagian Hinet Lovers pastinya pernah mendengar kata VPN bukan? Ingatkah kamu kalau dulu di Tanah Air mengalami penurunan sinyal. Yap! Hal ini menyebabkan netizen tidak bisa mengakses internet, menjelajahi sosial media, ataupun aktivitas lainnya yang harus dilakukan secara online. Agar bisa internetan, beberapa di antara mereka pun akhirnya memanfaatkan VPN, mulai dari VPN free (gratisan) ataupun VPN yang berbayar. Ketika memakai VPN, warganet dapat mengakses internet kembali dan VPN menjadi laris karena banyak digunakan oleh publik.

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya

Akan tetapi, apakah Hinet Lovers sudah tahu betul apa itu VPN? Kegunaan VPN yang paling rinci, serta cara kerja VPN? Mungkin ada yang sudah dan ada yang belum. Nah! Bagi yang belum paham betul pengertian VPN, maka kali ini Hinet akan menjelaskan semuanya untukmu.

Mengenal VPN

Apa itu VPN? Virtual Private Network atau biasa disingkat VPN adalah layanan koneksi yang memberikan akses website secara aman dan bersifat pribadi dengan cara mengubah jalur koneksi melalui server atau dengan cara menyembunyikan pertukaran data yang tengah berlangsung.

Simpelnya begini, Hinet Lovers dapat mengeksplorasi internet dengan menggunakan PC, laptop, maupun smartphone dan nantinya VPN akan bertugas mengkoneksikan seluruh perangkat tersebut ke VPN Server, di sebuah tempat yang terhubung dengan jaringan internet. Dengan begitu, apabila server yang kamu gunakan berbeda negara, maka negara tersebut akan menjadi negara yang kamu gunakan ketika internetan. Sebagai contoh, kamu memilih negara Amerika Serikat, maka kamu dapat mengakses entah itu situs atau yang lain dan tentunya tidak bisa diakses di Indonesia.

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya

Maka dari itu, kini VPN kerap kali digunakan oleh warganet dengan tujuan untuk mendapatkan jaringan internet secara aman dan bersifat pribadi. Padahal, dulunya VPN dirancang khusus untuk menghubungkan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan bisa menggunakan jaringan kantor dari rumah maupun di lokasi lain.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu VPN. Intip Manfaat dan Fungsi Kerjanya. 

Prinsip Kerja VPN

Sesudah mengetahui pengertian VPN, maka selanjutnya Hinet akan menjelaskan bagaimana cara kerja VPN untukmu.

VPN memiliki tugas untuk melakukan enkripsi pertukaran data. Pada saat terhubung dengan internet dengan memakai koneksi VPN, maka pengguna akan terasa seperti mengakses internet dengan jalur khusus, tanpa memakai jaringan utama.

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya

Setelah itu, server VPN memiliki tanggung jawab untuk meneruskan koneksimu ke website yang mau kamu akses. Dapat disimpulkan bahwa koneksi yang kamu lakukan bisa dikatakan sebagai koneksi dari jaringan server. Ketika dirimu memakai jaringan tanpa VPN, maka koneksi yang dilakukan ialah secara langsung, tanpa enkripsi.

Sedangkan cara kerja VPN pada saat melakukan pertukaran data di internet akan seperti ini:

Jika kamu memakai aplikasi VPN, maka data yang kamu miliki akan dienkripsi oleh aplikasi tersebut. Kemudian dikirimkan melalui ISP (Internet Service Provider), lalu ke Server VPN. Server VPN akan berperan sebagai aplikasi pihak ke-3 yang berguna sebagai penghubung antara perangkat kamu dengan situs atau layanan online lainnya.

Untuk lebih simpelnya, cara kerja VPN intinya memerlukan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer.

Internet -> VPN Server -> VPN Client -> Client.

Apabila dipakai untuk mengkoneksikan dua komputer secara pribadi dengan jaringan, maka cara kerja VPN akan seperti ini:

Komputer A -> VPN Client -> Internet -> VPN Server -> VPN Client -> Komputer B.

Baca Juga: 4 Hal yang Membahayakan dari VPN, Awas Datamu Kena Curi!

Kelebihan VPN

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya

Pengertian VPN sudah, cara kerja VPN juga sudah. Maka selanjutnya yang juga harus kamu ketahui ialah kelebihan dari VPN itu sendiri. Ada 4 poin penting yang menjadi sorotan dari keunggulan VPN, yaitu dari segi privasi, keamanan, biaya, dan aksesnya.

Baca Juga: Situs Torrent Terbaik, Bisa Download Film Gratis Sepuasnya!

Dari segi keamanan:

VPN dapat mengamankan jaringan internet dari serangan peretas, terlebih lagi jika Hinet Lovers menggunakan WiFi Publik.

VPN memungkinkan penggunanya untuk mengakses jaringan komputer di kantor atau di lokasi lain dengan melalui jaringan internet.

Dari segi biaya:

VPN dapat membantu penghematan biaya pengaturan jaringan.

Dari segi privasi:

Dengan menggunakan VPN, privasi akan lebih terjamin berkat adanya fitur penyembunyi aktivitas dari ISP ketika mengakses internet. Ya, warganet dapat menyembunyikan alamat IP, agar pihak lain tidak mengetahui keberadaan kamu ketika sedang menjelajahi dunia internet.

Catatan Tambahan:

Hinet tidak menganjurkanmu untuk melakukan transaksi mobile banking dengan menggunakan VPN.

Baca Juga: Jenis-Jenis Jaringan Internet Yang Harus Kamu Ketahui

Rekomendasi VPN

Setelah mengetahui apa itu VPN beserta kegunaan dan cara kerjanya, Hinet juga akan menambahkan beberapa aplikasi VPN gratis terbaik untuk android yang paling direkomendasikan dan dijamin aman untuk kamu download.

1. Secure VPN

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya - Secure VPN

Sesuai dengan namanya, pengguna android yang memakai VPN gratis rilisan Signal Lab ini akan terjamin keamanannya. Hinet Lovers hanya perlu menekan tombol utama untuk menghubungkannya. Maka tidak akan ada satu pihak pun yang dapat mengetahui identitasmu ketika mengakses browser. Dikarenakan aplikasi Secure VPN mampu mengamankan dan mengenkripsi data yang tidak memungkinkan peretas untuk melacak aktivitasmu.

2. Thunder VPN

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya - Thunder VPN

Satu lagi aplikasi VPN gratis terbaik Android besutan Signal Lab yang juga Hinet rekomendasikan untukmu, yaitu Thunder VPN. Ada beberapa keunggulan yang dapat dirasakan oleh pengguna aplikasi VPN yang satu ini, seperti diantaranya tidak memerlukan konfigurasi atau registrasi, tidak ada perizinan tambahan, pengguna dapat menggunakan VPN tanpa batas waktu dan penggunaan, hingga bandwidht yang sangat cepat.

Baca Juga: Jangan Dulu Bahagia, Ini Resiko yang Ditimbulkan Jika Menggunakan Wifi Publik Sembarangan

3. SuperVPN

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya - SuperVPN

Aplikasi VPN gratis lainnya untuk Android ialah Super VPN rilisan dari SuperSoftTech. Sama seperti Thunder VPN, pengguna tidak harus melakukan registrasi agar dapat menggunakan layanannya. Hinet Lovers hanya tinggal memencet satu tombol saja dan otomatis langsung terhubung dengan VPN. SuperVPN juga menjamin keamanannya, sehingga privasi pengguna dapat terlindungi dari pihak ketiga.

4. Turbo VPN

Penjelasan Lengkap Apa Itu VPN Beserta Rekomendasinya - Turbo VPN

Aplikasi VPN terakhir yang Hinet rekomendasikan untukmu adalah Turbo VPN. Layanan VPN besutan Innovative Connecting ini sangat laris di Google Playstore, karena sudah diunduh sebanyak 3 juta kali lebih. Banyaknya pengguna yang memakai Turbo VPN karena tampilannya yang sangat simpel dan fiturnya yang beragam. Hinet Lovers bisa memilih beberapa negara yang ditampilkan di sini, ditambah adanya keterangan kecepatan sinyal, sehingga pengguna dapat memilih server mana yang paling cepat dan stabil.

Demikianlah sudah informasi mengenai pengertian VPN, kegunaan VPN, cara kerja VPN, beserta rekomendasi aplikasi VPN gratis dan terbaik untuk Android. Bagaimana Hinet Lovers? Jadi kamu sudah paham ya!

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.