PENTING! Tips Sebelum Membeli Smartphone Bekas, Wajib Tahu!

PENTING! Tips sebelum membeli Smartphone Bekas, Wajib Tahu! – Terkadang kita bosan dengan smartphone yang kita gunakan saat ini dan berencana untuk menggantinya.

Namun keterbatasan budget yang kecil membuat kami semakin pintar dalam memilih calon smartphone yang akan kami gunakan. Saat ini sudah banyak forum jual beli barang bekas atau bekas di media sosial (seperti Facebook, OLX, dll).

Dengan berbagai merek ponsel pintar dan harga yang beragam, menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan ponsel pintar alternatif. Namun, membeli barang bekas bisa disamakan dengan kucing dalam karung.

Tidak ada jaminan smartphone yang kami beli dalam kondisi baik. Untuk mendapatkan smartphone bekas yang masih bagus, kamu bisa melakukan beberapa tips. Ada apa? Lihat di bawah!

Cek Perlengkapan Smartphone (Termasuk Aksesoris Bawaan)

Yang pasti, jika kita membeli smartphone bekas, perlengkapannya akan berkurang, seperti tidak ada headphone atau manual. Perangkat smartphone yang tidak mencukupi biasanya disebabkan oleh kehilangan atau kerusakan. Namun, kamu tidak perlu khawatir tentang apakah itu saja.

Masalah utama dengan membeli smartphone bekas adalah biasanya tidak ada kotak kemasan dan charger asli. kamu tidak boleh menerima smartphone tanpa kotak atau pengisi daya asli. Kotak tersebut berfungsi sebagai identitas pemilik smartphone.

Faktanya, tidak mungkin untuk menentukan apakah keberadaan kotak menentukan pemilik smartphone. Namun, jika tidak ada kotak, pembeli dianggap sebagai kolektor barang curian. Sebab, hal ini akan menyebabkan pembeli mengembalikan smartphone ke pemiliknya.

Pengisi daya asli itu sendiri akan membantu smartphone menjaga masa pakai baterai. Pengisi daya palsu dapat dengan mudah merusak kualitas baterai. kamu pasti selalu menemukan case smartphone yang terjatuh atau mati mendadak. Rata-rata, kasus seperti itu biasanya disebabkan oleh penggunaan charger palsu untuk mengisi daya smartphone.

Baca juga : Penyebab Dan Solusi Baterai Smartphone Cepat Lowbat

Pastikan Smartphone Belum Pernah Dibongkar Dengan Cek Segel Mesin Smartphone

Setiap perangkat elektronik pasti memiliki segel pada bagian mesinnya. Ini untuk menjaga garansi resmi dealer. Jika cincin penyegel rusak, garansi resmi akan hilang. Bagi mereka yang ingin membeli smartphone bekas, perlu juga untuk memeriksa strip segel pada mesin.

Jika kondisi penyegelan rusak, itu berarti smartphone “memiringkan mesin”. Namun, meski smartphone dilepas, kamu terkadang masih menemukan segelnya. Untuk melakukan ini, periksa kemiripan antara segel di kotak dan smartphone. Jika segel pada smartphone sama dengan segel pada box, artinya smartphone belum dibuka.

Memastikan IMEI Smartphone Legal/Ilegal

International Mobile Equipment Identity atau IMEI Ini adalah kode yang harus ditemukan di mesin, baterai, dan casing ponsel cerdas dan digunakan sebagai identifikasi. Setiap ponsel pintar pasti memiliki kode IMEI sendiri.

Pengecekan IMEI pada smartphone sendiri dapat membantu calon pembeli memahami apakah smartphone tersebut dalam kondisi baik. Dalam beberapa kasus, beberapa smartphone tidak dapat menampilkan IMEI selama pemeriksaan.

Ini menandakan bahwa smartphone telah mengalami modifikasi atau bahkan rusak. Selain itu, IMEI di smartphone harus sama dengan kotaknya.

Ada banyak cara untuk memeriksa IMEI smartphone. Salah satunya adalah dengan mengetik *#06# di smartphone. Saat kamu mengetikkan angka di layar smartphone, IMEI akan langsung muncul.

Baca juga : Solusi Ampuh HP Tidak Bisa Di Cas

Cek Fungsi Seluruh Fitur Yang Ada Pada Smartphone

Terakhir, periksa semua fungsi ponsel cerdas. Jika kamu membeli smartphone tanpa earphone atau charger, sangat disarankan agar kamu membawa earphone dan charger saat melakukan transaksi.

Periksa fungsi headset dan charger agar kamu tidak menyesal saat membawa pulang ponsel cerdas kamu. Setelah memeriksa fungsi headset dan charger, restart smartphone setidaknya tiga kali. Ini akan membantu kamu mengetahui fungsi baterai dan mesin.

Saat restart berulang kali, baterai yang bagus tidak akan banyak berkurang. Jika level baterai turun tajam, bisa dipastikan baterai smartphone sedang tidak bagus (mati listrik). Selain itu, smartphone dengan performa bagus membutuhkan waktu setidaknya satu menit untuk restart.

Bagaimana, gampangkan cara mengetahui smartphone bekas masih layak beli atau nggaknya? Membeli smartphone memang menjadi pilihan yang sangat sulit.

Selain kesulitan yang ditemui dalam melakukan klaim terhadap penjual, karena smartphone didaftarkan atas nama pemilik pertama, jaminan resmi biasanya tidak tersedia. Namun, membeli smartphone bekas juga bisa mendatangkan keuntungan, selain murah, kamu juga bisa mulai jual beli smartphone bekas.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.