Hinet Internet Cepat 4G LTE
BAHAYA! Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Virus CORONA

BAHAYA! Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Virus CORONA

BAHAYA! Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Virus CORONA – Hinet Lovers, saat ini dunia sedang panas-panasnya membahas virus berbahaya yang dapat mengancam nyawa, yaitu Virus Corona. Awal mula Virus Corona ini tersebar, sudah terhitung 1.300 orang yang menjadi korban di Cina dan 41 orang dinyatakan meninggal dunia. Virus yang awalnya menjangkit beberapa warga di kota Wuhan, Cina ini kabarnya telah tersebar ke beberapa negara, bahkan di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan sekarang di Indonesia.

Maka dari itu, mulai dari kamu WAJIB mengetahui apa itu Virus Corona, mulai dari penyebab, ciri-ciri, gejala, dan cara mencegahnya. Berikut sudah Hinet sudah rangkum pengertian, penyebab, ciri-ciri, gejala, dan pencegahan Virus Corona, langsung cek saja di bawah sini!

Apa itu Virus Corona

BAHAYA! Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Virus CORONA

Hal pertama yang akan dibahas adalah apa itu Virus Corona. Perlu Hinet Lovers ketahui, ternyata virus ini pertama kali muncul 2012 lalu di Arab Saudi. Kemudian di tahun yang sekarang virus ini kembali muncul dan meneror warga di berbagai negara.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) mengidentifikasikan jenis Virus Corona yang terbaru. Jenis Virus Corona baru ini bernama 2019 novel coronavirus (2019-nCov).

Corona Virus merupakan salah satu keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan. Namun, Virus Corona memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk menyebabkan penyakit yang fatal. Apabila virus ini masuk ke dalam tubuh, maka virus tersebut dapat merusak fungsi paru-paru atau dikenal dengan Pneumonia.

Baca Juga: Handphone Ternyata Lebih ‘Kotor’ Ketimbang Toilet. Kok Bisa?

Asal Virus Corona

BAHAYA! Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Virus CORONA

Saat ini, ada beragam teori yang membahas asal dari Virus Corona. Akan tetapi, WHO memberikan keterangan berdasarkan informasi yang didapat dari sejumlah orang di Cina, yang menyatakan kalau Virus Corona berasal dari penularan “kelelawar”.

Para pejabat negara beranggapan kalau Virus Corona berasal dari hewan liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan yang berlokasi di pusat kota Wuhan. Dikarenakan, di pasar Huanan ada beberapa pedagang yang menjual berbagai jenis makanan “aneh”. Sebut saja buaya, rubah, serigala, tikus, ular, bahkan salamander.

Binatang-binatang yang dijual di pasar tersebut kebanyakan termasuk dalam spesies yang terkait dengan pandemi Server Acute Resporatory Syndrome (SARS). Maka dari itu, Virus Corona juga disebut mirip dengan SARS, yang pada 2002-2003 lalu mewabah dan juga sempat membuat geger masyarakat.

Baca Juga: Yuk Kenali, Cegah, dan Pahami Cara Mengobati Penyakit ISPA

Ciri-Ciri atau Gejala Virus Corona

BAHAYA! Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Virus CORONA

Kamu tentunya sudah paham kan apa itu Virus Corona. Yap, Virus Corona menyebabkan orang merasa sakit di saluran pernapasan bagian atas. Gejala lainnya dari Virus Corona beberapa di antaranya:

  • pilek
  • batuk
  • diare
  • mual
  • sakit tenggorokan
  • sakit kepala
  • muntah
  • sesak nafas
  • demam

Penyakit-penyakit yang disebutkan tadi dapat berlangsung selama beberapa hari. Namun lain ceritanya bagi Hinet Lovers yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, seperti orang tua atau pun anak-anak. Kemungkinan, Virus Corona bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih parah, misalnya pneumonia atau bronkitis. Apabila menyebar dan menjadi pneumonia, hal ini dapat mengakibatkan kematian.

Baca Juga: 7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game

Cara Mencegah Virus Corona

BAHAYA! Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Virus CORONA

WHO menganggap kasus seperti ini bersifat darurat. Terlebih lagi untuk Virus Corona saat ini masih belum ditemukan obatnya. Namun, para ahli mengungkapkan, walaupun Virus Corona berisiko tinggi hingga menyebabkan kematian, tetapi angkanya masih terhitung rendah bisa dibandingkan orang yang terjangkit dan sembuh kemudian.

Dalam artian, walau ada ribuan yang terjangkit, tetapi hanya beberapa di antaranya saja yang meninggal. Kesimpulannya, virus ini masih bisa disembuhkan. Kebanyakan dari mereka yang meninggal umumnya bukan hanya semata disebabkan Virus Corona, tetapi juga faktor sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Maka dari itu, teruntuk kamu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, ada baiknya jika melakukan pencegahan agar tidak sampai terjangkit virus tersebut. Adapun cara pencegahan Virus Corona sebagai berikut:

  • Hindari kontak dengan hewan secara langsung
  • Cuci tangan dengan sabun dan air setelah beraktifitas atau sebelum makan
  • Hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung dengan tangan
  • Gunakan masker, ketika mengendarai kendaraan, menaiki kendaraan umum, atau pun ketika sedang sakit
  • Pastikan daging matang ketika memasak, jangan sampai memakan makanan yang masih mentah
  • Hindari kontak dengan orang lain yang sedang sakit
  • Apabila gejala muncul, segeralah konsultasi ke dokter dan meminum obat yang sudah dianjurkan
  • Rajin berolahraga dan istirahat cukup

Itulah dia beberapa informasi berharga terkait Virus Corona yag dapat Hinet sampaikan. Hinet Lovers, tetaplah berhati-hati dan waspada ya. Jaga kesehatanmu dan cegahlah Virus tersebut, jangan sampai mereka menyerangmu.

Leave a Reply

* Your email address will not be published.