Hinet Internet Cepat 4G LTE
Ketahuilah Penyebab Kenapa Kuota Kita Selalu Boros

Ketahuilah Penyebab Kenapa Kuota Kita Selalu Boros

Ketahuilah Penyebab Kenapa Kuota Kita Selalu Boros – Kalau Hinet Lovers merupakan warganet yang aktif menggunakan smartphone, maka sudah pasti kalian membutuhkan kuota internet. Tanpa adanya kuota internet, kamu tidak akan bisa melakukan berbagai aktivitas online, sebut saja bersosial media,  mengakses internet, belanja online, bermain game online, streaming, dan masih banyak lagi.

Hampir semua aplikasi yang ada di smartphone kamu membutuhkan jaringan internet bukan? Bahkan, aplikasi-aplikasi boros kuota ini bisa menggerus habis paket data kamu dengan lebih cepat.

Padahal Hinet Lovers baru saja mengisi paket data, tetapi tidak pernah awet dan cepat habis. Sebetulnya, ada beberapa hal yang membuat kuota boros loh. Sebagai pengguna smartphone, kamu WAJIB tahu nih apa penyebab kuota boros.

Maka dari itu, pada kesempatan ini Hinet akan membagikan apa saja penyebab kuota boros untukmu.

Hal yang Membuat Kuota Boros

Ketika kuota internet sudah habis, hidup terasa lebih hampa sekali. Apalagi kalau semisal kuota yang seharusnya untuk 1 bulan, tetapi di Minggu ke-2 kuota kamu sudah habis. Pasti kamu akan merasa jenuh dan kesal bukan. Tanpa kamu sadari, paket data habis. Padahal pada saat itu kamu sedang butuh-butuhnya akses internet. Sehingga Hinet Lovers harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli paket. Kalau sudah begini, bisa-bisa kondisi keuanganmu akan semakin memburuk karena harus membeli paket internet lagi.

Berikut beberapa alasan lengkap mengapa kuota lebih cepat boros ketika menggunakan smartphone.

1. Sosial Media

Ketahuilah Penyebab Kenapa Kuota Kita Selalu Boros

Sosial media yang saat ini tengah populer di kalangan milenial adalah Instagram. Alasannya, platform sosial media yang satu ini hadir dengan beragam fitur keren dan desain yang kece. Sehingga para pengguna berhasil dimanjakan dan membuat mereka betah berlama-lama online.

Kalau sudah ketagihan online Instagram, maka kemungkinan besar kuota internet akan cepat habis. Bagaimana tidak, di aplikasi ini Hinet Lovers akan dihadapkan dengan puluhan hingga ratusan postingan yang terdiri dari foto dan video.

Apalagi, di Instagram juga tersedia fitur snapstory, IGTV, dan live streaming. Jika kamu terlalu sering online dan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, secara tidak sadar kuota internet akan makin terkuras.

Untuk meminimalisir penggunaan kuota ketika mengakes Instagram, kamu bisa menyalakan fitur ‘Use Less Data’ yang diciptakan khusus untuk kamu yang ingin tetap eksis walaupun kuota tiris. Cara menyalakan mode-nya, buka Settings > Account > Cellular Data Use > Use Less Data > Nyalakan Data Saver.

Baca Juga: Cara Mudah Tetap Eksis Di Instagram Tanpa Boros Kuota

2. Terlalu Sering Gaming Online

Ketahuilah Penyebab Kenapa Kuota Kita Selalu Boros

Bermain game online juga dapat menguras kuota internet. Mengingat, saat ini ada banyak sekali game-game seru berbasis online yang membuat Hinet Lovers menjadi candu. Tetapi, tidak semua game online akan memakan banyak kuota, kok.

Game online yang bisa mengkonsumsi banyak kuota internet adalah game yang kualitas animasi dan grafis yang tinggi. Ada pula game-game online yang mengharuskanmu untuk update, karena ada konten terbaru. Apalagi kalau sudah ada fitur chat di dalamnya, maka secara tidak langsung game tersebut membutuhkan paket data ekstra.

Baca Juga: Paket Economy Plus FREE Mifi dan KUOTA 90GB*

3. Fitur Update Otomatis Menyala

Ketahuilah Penyebab Kenapa Kuota Kita Selalu Boros

Kalau kamu pengguna Android, pasti sudah tersematkan secara otomatis di smartphone kamu Google PlayStore. Platform ini memungkinkan kamu untuk mengunduh atau menginstal aplikasi.

Nah! kamu pastinya tahu betul bukan kalau setiap aplikasi yang ada di smartphone akan mengalami pengembangan dan pembaharuan fitur. Sehingga kamu harus mengupdate aplikasi tersebut.

Namun, terkadang PlayStore secara otomatis mengupdate semua aplikasi-aplikasi tersebut. Sekalinya update, bisa sampai 10 aplikasi. Sehingga akan memakan data internet lebih banyak.

Agar tidak melakukan update otomatis, Hinet Lovers bisa mematikan fitur update otomatis dengan cara membuka PlayStore > Menu > Settings > Auto-Update Apps > Menyalakan fitur Over WIFI Only.

Baca Juga: Aplikasi Download Film Paling Bersahabat Buat Hemat Kuota

4. Streaming Video

Ketahuilah Penyebab Kenapa Kuota Kita Selalu Boros

Sekarang ini sudah banyak aplikasi-aplikasi streaming online yang juga bisa membuatmu ketagihan, baik itu video maupun musik. Sebut saja Youtube, pasti Hinet Lovers berlangganan menonton video-video di platform ini.

Apalagi saat ini semakin banyak konten-konten Youtube yang menarik. Apabila kamu terlalu sering menonton dengan kualitas gambar yang tinggi, maka hal ini akan sangat membahayakan kondisi data selulermu.

Maka dari itu, aturlah kualitas videonya. Jangan terlalu tinggi, tetapi jangan terlalu rendah juga. Setidaknya kamu atur hingga 360p maksimal, karena dengan ukuran segitu kamu tetap bisa menikmati video dengan kualitas yang lumayan baik.

Hal ini juga berlaku pada aplikasi streaming lainnya, seperti Netflix, VIU, Iflix, dan sebagainya.

Baca Juga: Aplikasi Chat Semakin Canggih, Sekarang Sudah Bisa Chatting TANPA KUOTA

5. Panggilan Video

Ketahuilah Penyebab Kenapa Kuota Kita Selalu Boros

Penyebab kuota boros yang terakhir ialah panggilan video. Fitur ini memang sengaja dihadirkan agar memudahkan pengguna smartphone untuk berkomunikasi jarak jauh sembari melihat lawan bicaranya.

Untuk melakukan video call, Hinet Lovers akan sangat membutuhkan koneksi internet yang stabil dengan jumlah kuota yang sangat besar, agar kualitas gambar menjadi jernih. Ibarat Live Streaming, jika kamu terlalu lama melakukan video call, maka paket data akan habis dengan cepat.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan kuota internet menjadi lebih boros. Jadi Hinet Lovers sudah tahu ya apa saja yang menjadi biang keladinya. Agar kuota internet menjadi tidak boros hindarilah beberapa hal di atas dan ikuti solusi yang sudah HINET bagikan di atas.

Penutup

Sebagai penutup, ada informasi tambahan yang ingin Hinet sampaikan padamu. Supaya internetan menjadi lebih hemat, maka Hinet menyarankanmu untuk menggunakan Paket Internet Unlimited.

Apakah sampai saat ini kamu masih mencari paket internet unlimited murah? Tapi masih bingung memilih paket internet unlimited murah mana yang tepat?

Kalau masih bingung, Hinet punya rekomendasi paket internet unlimited murah untukmu, yaitu paket Paket Internet Unlimited HINET! Kenapa Paket Internet Unlimited HINET disebut sebagai paket yang paling murah? Karena Hinet Lovers bisa mendapatkan paket internet unlimited HINET ini dengan harga mulai dari Rp 35 ribuan loh!

Kuota internet unlimited dari Hinet terbagi 3 jenis:

  • Paket Ntaps (512 kbps)
  • Paket WOW (1GB/hari)
  • Paket JOSS (1.5GB/hari)

Murah kan Hinet Lovers? Ayo buruan beli paket internet unlimited HINET dan dapatkan kuota internet unlimited nya! Selain paket internet unlimited, kamu bisa menemukan paket-paket menarik lainnya di sini >>>

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.