Hinet Internet Cepat 4G LTE
Penyebab Utama dan Cara Menangani Flashdisk Tak Terbaca Pada Laptop

Penyebab Utama dan Cara Menangani Flashdisk Tak Terbaca Pada Laptop

Penyebab Utama dan Cara Menangani Flashdisk Tak Terbaca Pada Laptop – Hinet Lovers, pastinya terkadang menemui masalah pada flashdisknya. Selain terkena virus, masalah lain yang kerap mendatangi perangkat penyimpanan ini yaitu tidak dapat terdeteksi di PC/laptop. Jika flashdisk tidak terbaca di PC ataupun laptop, maka hal ini bisa menjadi sebuah bencana. Apalagi kalau kamu ingin melakukan presentasi atau mentransfer dokumen penting. Maka dari itu sangat penting untukmu mengetahui apa penyebab flashdisk tidak terbaca dan bagaimana cara mengatasi flashdisk tidak terbaca.

Kali ini, Hinet ingin membagikan informasi lebih lengkapnya untukmu. Mengenai bagaimana cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca dan beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca di PC/laptop. Monggo disimak baik-baik ya!

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Sebelum sampai ke tahap bagaimana cara mengatasinya, Hinet Lovers harus pelajari dulu nih, apa sih yang menyebabkan flashdisk tidak terdeteksi. Jadi kamu bisa menghindari hal-hal yang menjadi pemicu utamanya. Berikut ini, beberapa alasan mengapa flashdisk menjadi tidak terbaca di PC yang sudah Hinet rangkum:

1. Port USB Flashdisk Kotor

Penyebab Utama dan Cara Menangani Flashdisk Tak Terbaca Pada Laptop

Flashdisk menjadi tidak terdeteksi bisa jadi karena pada kondisi fisiknya yang tidak kamu rawat dengan baik. Bagian paling utama yang harus kamu cek pada flashdisk ialah port USB atau konektornya. Jika Hinet Lovers tidak meletakkan benda ini di tempat yang tertutup, otomatis akan ada debu yang masuk sehingga bagian port USB menjadi kotor. Apabila debu-debu ini menutupi konektornya, secara tidak langsung kinerja flashdisk akan menjadi terganggu. Bahkan membuat PC atau laptop kesulitan membaca datanya.

Baca Juga: Cara Paling AMPUH mengatasi Laptop Not Responding dan Eror

2. Adanya Virus di Flashdisk

Penyebab Utama dan Cara Menangani Flashdisk Tak Terbaca Pada Laptop

Setelah memperhatikan bagian fisiknya, maka selanjutnya pada bagian dalamnya. Alasan mengapa flashdisk tidak terbaca selanjutnya bisa juga disebabkan oleh adanya virus dan malware yang menyerang. Alasannya pun cukup sederhana, kenapa virus dan malware bisa muncul di flashdiskmu, karena penggunaannya yang sering kamu sambungkan ke PC atau laptop secara sembarangan. Mulai dari warnet, tempat fotocopy, maupun perangkat teman. Adanya virus atau malware pada flashdisk tentunya akan membahayakan seluruh datamu. Tidak hanya kesulitan terdeteksi saja, melainkan resiko data dicuri pun juga besar.

Baca Juga: Tips Mengembalikan File yang Terhapus Dari Komputer

3. Flashdisk Abal-Abal

Penyebab Utama dan Cara Menangani Flashdisk Tak Terbaca Pada Laptop

Sebelum membeli, pastikan juga kamu memilih toko yang sudah terpercaya. Kenapa? Karena penyebab flashdisk sulit terbaca di PC bisa jadi karena kualitasnya yang abal-abal. Ditambah lagi sedang marak-maraknya produk bajakan dan palsu yang beredar. Apabila kamu menggunakan perangkat yang palsu, maka PC secanggih apapun itu tetap tidak akan sanggup mendeteksinya. Jangan terpaku dengan patokan harga yang murah. Harga murah belum tentu kualitasnya akan terjamin. Bisa jadi kamu baru pakai beberapa hari, flashdisk langsung tidak bisa dipakai. Rugi di kamu juga bukan?

Baca Juga: Cara Mudah Mengembalikan Data Flashdisk yang Terhapus

4. Mencabut Flashdisk Tanpa Eject

Penyebab Utama dan Cara Menangani Flashdisk Tak Terbaca Pada Laptop

Mungkin sebagian Hinet Lovers kerap kali mencabut flashdisk tanpa melakukan Eject atau removable disk terlebih dahulu bukan? Hal ini tentunya sangat salah sekali. Keteledoran seperti ini juga akan berdampak buruk pada kesehatan flashdiskmu.

Baca Juga: Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Mungkin setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa flashdisk tidak terbaca di atas, Hinet Lovers akan jauh lebih berhati-hati dan jauh lebih bijak merawat flashdisk. Namun jika sudah terlanjur flashdiskmu bermasalah, maka cobalah cara-cara berikut ini.

1. Melakukan Format Ulang

Langkah pertama yang bisa kamu coba untuk menyembuhkan flashdisk ialah dengan melakukan format ulang. Tujuannya agar performa flashdisk dapat kembali seperti baru dibeli. Silahkan ikuti langkah-langkanya:

  • Colok flashdisk ke PC atau laptop
  • Ketik tombol shortcut CTRL + R, dan lanjutkan dengan mengetik mscdi kolom, kemudian tap Enter
  • Setelah masuk ke program compmgmt, pilih opsi Storage yang ada di bagian tengah, lalu pilih Disk Management
  • Apabila tidak ditemui kerusakan yang parah, maka flashdisk masih bisa terdeteksi. Selanjutnya, klik kanan dan dilanjutkan dengan memilih menu Create Partition
  • Terakhir, format flashdisk dengan cara klik kanan dan pilih opsi Format

Baca Juga: 4 Cara Mudah menghilangkan Virus Shortcut Pada Laptop

2. Menggunakan CMD

CMD atau Command Prompt juga bisa digunakan untuk mengecek apakah flashdisk baik-baik saja atau tidak. Adapun langkah-langkah memeriksa flashdisk dengan perintah CMD sebagai berikut:

  • Colok flashdisk ke PC atau laptop
  • Buka menu Command Prompt dengan cara ketik tombol Windows dan ketikkan “Command Prompt”, kemudian klik dan tunggu hingga tab CMD terbuka
  • Selanjutnya, masukkan perintah chkdsk G: (untuk pengecekan disk pada drive G:) dan tekan Enter
  • Selanjutnya Command Prompt akan menjabarkan informasi flashdisk secara mendetail yang menandakan bahwa tidak adanya masalah. Namun, jika kamu menemui kalimat “Windows found errors on the disk”, maka itu tandanya flashdiskmu bermasalah.

Apabila Hinet Lovers menemukan masalah pada flashdisk tersebut, maka selanjutnya kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Buka kembali menu CMD seperti semula, kemudian ketik FORMAT F: /FS:FAT pada CMD. Dengan catatan, huruf pada bagian pertama memiliki arti lokasi flashdisk. Kamu dapat menyesuaikan dengan lokasi flashdisk masing-masing, umumnya lokasi flashdisk itu berbeda-beda, ada yang di F, E, ataupun di D
  • Terakhir, kamu hanya tinggal klik Enter dan flashdisk akan diformat secara otomatis

Baca Juga: Trik Memilih Paket Unlimited yang Tepat Untuk Internetan Sepuasnya

3. Manfaatkan Software Antivirus

Satu lagi cara alternatif menyembuhkan flashdisk yang tidak bisa terbaca, yaitu dengan menggunakan software antivirus. Mengingat, permasalahan flashdisk tidak terbaca bisa disebabkan oleh adanya virus dan malware, maka kamu bisa melakukan pemindaian flashdisk tersebut dengan bantuan software antivirus.

Bagaimana Hinet Lovers? Jadi kamu sudah paham ya bagaimana cara mengatasi dan apa saja penyebabnya flashdisk tidak terbaca di PC. Jadi, bila sewaktu-waktu flashdiskmu bermasalah, ikuti saja langkah-langkah yang sudah Hinet jelaskan dan kalau bisa, hindarilah hal-hal ceroboh yang dapat menyebabkan flashdisk menjadi eror.

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, ada yang ingin Hinet kasih tahu ke kamu. Kalau Hinet punya paket internet unlimited yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau loh!

Apa yang membedakan paket internet unlimited Hinet dengan paket internet unlimited lainnya? Bedanya, kamu bisa mendapatkan kuota internet unlimited dengan harga yang sangat murah, yaitu mulai dari harga IDR 35 ribuan!

Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

Paket internet unlimited Hinet ada 3 jenis yang bisa kamu pilih:

Paket Ntaps (512 kbps) = IDR 35.000

Paket WOW (1GB/hari) = IDR 60.000

Paket JOSS (1.5GB/hari) = IDR 80.000

Murah kan Hinet Lovers? Ayo buruan beli paket internet unlimited murah dari Hinet sekarang juga! Selain paket internet unlimited murah, temukan juga promo kuota paling murah atau kuota internet murah 4G LTE lainnya dari Hinet di sini >>>

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.