Hinet Internet Cepat 4G LTE
Penyebab Koneksi WIFI Lambat dan Cara Mengatasinya

Penyebab Koneksi WIFI Lambat dan Cara Mengatasinya

Penyebab Koneksi WIFI Lambat dan Cara Mengatasinya – Saat sedang seru-serunya menonton film dan drama streaming atau bermain game online, tiba-tiba koneksi WIFI menjadi lemot. Bagaimana reaksi kamu, Hinet Lovers? Bete? Kesal? Atau marah? Pasti kesemuanya ya kamu rasakan. Bagi kamu yang merupakan warganet aktif dengan menggunakan router WIFI, pasti bakalan emosi jika koneksi internet dari WIFI menjadi melambat. Sebetulnya, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab WIFI lemot. Ada dari faktor perangkat router WIFI-nya, dan bisa juga dari faktor providernya.

Untuk lebih jelasnya, Hinet akan membagikan informasi apa penyebab WIFI lemot untukmu. Sekaligus bagaimana cara mengatasi WIFI lemot, agar kamu bisa kembali internetan dengan nyaman.

Alasan Mengapa WIFI Menjadi Lemot + Cara Mengatasinya

Sekarang ini, WIFI seakan sudah menjadi primadona setiap orang. Terutama bagi kaum milenial, bagi mereka WIFI merupakan hal yang sangat penting. Berkat WIFI, mereka bisa mengakses banyak hal di internet, mulai dari menonton Youtube, streaming film, mengunduh film, bermain game online, berbelanja online, hingga bersosial media.

Namun jika koneksi WIFI menjadi lemot, pastinya hal tersebut akan menjadi mimpi buruk. Maka dari itu, Hinet Lovers perlu tahu nih faktor penyebab WIFI lemot dan bagaimana cara mengatasinya. Disimak baik-baik ya!

1. Banyak Pengguna yang Terhubung

Penyebab Koneksi WIFI Lambat dan Cara Mengatasinya

Memang sudah kodratnya kalau WIFI digunakan bisa digunakan oleh siapapun, asalkan mereka berada di dalam jangkauannya. Bahkan, WIFI mampu menampung beberapa pengguna. Hal ini bisa dijadikan sebagai faktor penyebab WIFI menjadi lemot.

Terlalu banyak orang yang menghubungkan perangkatnya ke WIFI atau secara bersamaan, maka tidak menutup kemungkinan juga kalau kamu akan merasakan kesulitan menjelajahi dunia online dengan baik.

Cara mengatasinya:

Usahakan untuk tidak menghubungkan terlalu banyak perangkat ke WIFI. Sebagai contoh, jika kamu sudah menghubungkan perangkat PC/laptop ke WIFI, jangan pula kamu menghubungkan HP ke WIFI.

Kedua, gantilah password WIFI agar tidak ada sembarang orang yang asal terhubung ke jaringan WIFI milikmu. Pastikan password yang kamu set memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan hanya dirimu atau keluargamu saja yang tahu. Jika yang terhubung masih keluarga dekat bukanlah masalah, namun jika teman-temanmu atau tetanggamu ikut “nimbrung” memakainya juga, maka siap-siap saja koneksi menjadi lemot.

2. Koneksi Kabel LAN Bermasalah

Penyebab Koneksi WIFI Lambat dan Cara Mengatasinya

Penyebab WIFI lemot selanjutnya bisa jadi dari perangkat router WIFI-nya. Coba Hinet Lovers periksakan bagian kabel LAN yang terhubung ke router WIFI. Apakah pemasangannya sudah benar atau kamu malah salah menyambungkan kabel LAN, atau bahkan kabel LAN longgar dan belum tersambung.

Cara mengatasinya:

Apabila kamu sudah sadar letak kesalahan kabel LAN ada dimana, kamu bisa langsung perbaiki dan menyambungkannya ke port yang benar.

Namun jika kamu belum terlalu paham, ada baiknya jika dirimu membaca buku petunjuk terlebih dahulu ke arah cara pemasangannya. Kalau masih belum paham juga, segera hubungi pihak provider penyedia router WIFI tersebut agar dapat diperbaiki dengan yang ahlinya.

3. Mengunduh Terlalu Banyak File

Penyebab Koneksi WIFI Lambat dan Cara Mengatasinya

Apabila kamu memiliki hobi download, maka perhatikan juga lah kapasitasnya. Jangan sampai file-file yang kamu unduh melebihi batas wajar, karena hal tersebut dapat melambatkan koneksi internet. Alasannya, router WIFI akan memaksimalkan sinyal internetnya untuk menyelesaikan proses download tersebut. Sehingga, untuk mengakses yang lainnya menjadi lebih lambat.

Cara mengatasinya:

Upayakan untuk tidak terlalu serakah dalam mengunduh file, apalagi dengan jumlah size yang sangat besar. Kalau bisa, jangan langsung mengunduh banyak file sekaligus. Alangkah baiknya jika kamu mengunduhnya satu per satu. Supaya kamu dapat menikmati koneksi internet dan mengakses platform lainnya dengan stabil.

Baca Juga: Solusi Mengatasi WiFi Eror yang Sulit Terhubung ke Android

4. Peletakkan Router WIFI yang Salah

Penyebab Koneksi WIFI Lambat dan Cara Mengatasinya

Salah meletakkan router WIFI juga bisa menjadi alasan mengapa koneksi menjadi lemot loh. Ada beberapa spot yang “haram” bagi router WIFI yang harus kamu tahu.

Posisi Terlalu Rendah

Ibarat antena TV, router WIFI tidak akan memiliki kinerja baik jika diletakkan di posisi yang agak rendah. Alasannya, sinyal yang akan ditangkap pun menjadi kurang maksimal. Maka dari itu, usahakanlah untuk meletakkan router WIFI di tempat yang cukup tinggi, agar perangkat ini mampu mendapatkan sinyal dengan sangat baik, seperti di atas meja.

Posisi Terlalu Jauh

Setiap router WIFI pasti mempunyai cakupan atau kapasitas jangkauannya. Apabila kamu menempatkan router WIFI agak jauh, maka secara tidak langsung kamu tidak akan mendapatkan koneksi internet dengan maksimal. Cobalah untuk menempatkan router WIFI di spot yang sering kamu singgahi. Sebagai misal, kamu lebih sering menempati area ruang keluarga, maka letakkanlah router WIFI tersebut di sana atau di ruangan yang berdekatan dengan ruang keluarga.

Posisi Berada di Ruang Tertutup

Seperti yang sudah Hinet katakan sebelumnya, kamu juga harus menempatkan router WIFI di spot yang strategis. Dalam artian, di tempat yang tidak terlalu tertutup. Apabila kamu menaruh router WIFI di tempat yang tertutup sekali, kemungkinan besar kamu tidak akan mendapatkan koneksi internet yang dipancarkan oleh perangkat tersebut.

Posisi Terlalu Dekat Jendela

Posisi terlalu dekat dengan jendela juga bisa mendatangkan masalah pada router WIFI. Sebab, sinyal yang ditransfer oleh router WIFI akan tersebar ke luar dan menjadi terbagi. Kalau sudah begini, maka koneksi internet akan menjadi lambat.

Posisi Berdekatan Dengan Perangkat Elektronik Lain

Koneksi internet menjadi lemot juga bisa disebabkan oleh banyaknya perangkat elektronik lain yang berdekatan, karena perangkat elektronik memancarkan gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu sinyal sehingga router WIFI tidak bisa bekerja secara optimal. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk tidak menaruh barang elektronik lain seperti, handphone, speaker, televisi, dan sebagainya di dekat router WIFI, maupun sebaliknya (tidak meletakkan router WIFI di dekat barang elektronik lainnya.

Baca Juga: Keunggulan Modem WiFi Untuk Internetan dan Rekomendasi Terbaiknya

5. Provider yang Kurang Mendukung

Letak permasalahan sinyal WIFI lemot tidak hanya dari faktor eksternalnya saja, melainkan juga dari faktor internal, yaitu providernya. Apabila kamu sudah mengecek perangkat router WIFI dan tidak ditemui letak permasalahannya, jadi bisa langsung kamu simpulkan kalau providernya lah yang memang kurang berkompeten.

Cara mengatasinya:

Gantilah ke provider yang jauh lebih memumpuni. Tentunya dalam hal sinyal. Internet provider terbaik pasti akan memberikan koneksi internet yang stabil dan bisa digunakan selama 24 jam penuh dengan optimal.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan koneksi WIFI menjadi lemot. Apabila sinyal router WIFI milikmu melemah, coba saja langsung kamu atasi dengan mengikuti tips yang sudah Hinet bagikan ya!

Penutup

Hinet juga ingin merekomendasikan Paket kuota paling murah yang bisa kamu pilih, yaitu Paket Isi Ulang REGULER! Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.