Hinet Internet Cepat 4G LTE
Perayaan Nyepi, Umat Hindu Pantang Melakukan Ini

Perayaan Nyepi, Umat Hindu Pantang Melakukan Ini

Perayaan Nyepi, Umat Hindu Pantang Melakukan Ini – Perayaan Nyepi adalah hari raya umat Budha yang dilakukan satu tahun sekali. Pada saat Nyepi, seluruh umat Budha memohon ampun kepada Tuhan untuk menyucikan manusia serta alam dan seisinya. Hinet lovers harus mengetahui bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama Nyepi. Sebelum membahas pantangannya, Kita simak dulu yuk makna hari raya Nyepi berikut ini:

1. Mengenal Makna Nyepi

Perayaan Nyepi, Umat Hindu Pantang Melakukan Ini - mengenal makna nyepi

Kata Nyepi sebenarnya diambil dari kata sepi atau sunyi. Sesuai dengan namanya, Nyepi bagi umat Budha memiliki tujuan menciptakan suasana yang sepi, sepi dari hawa napsu manusia, sepi dari sifat keserakahan, sepi dari segala macam tindak kejahatan. Selain itu, tujuan dari Nyepi adalah untuk menyucikan Bhuwana Agung (alam semesta) dan Bhuwana Alit (manusia). Nah pada 2019 ini, perayaan Nyepi jatuh pada 7 Maret di Indonesia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Penginapan Low Budget Untuk Backpacker

2. Mengarak Ogoh-ogoh

Perayaan Nyepi, Umat Hindu Pantang Melakukan Ini - mengarak ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh menjadi hal yang wajib pada setiap perayaan Nyepi. Bentuknya diambil dari perwujudan Bhuta Kala yang memiliki sifat negatif. Diarak keliling desa kemudian di bakar agar hal-hal yang berbau negatif itu lenyap dan tidak mengganggu kehidupan manusia. Biasanya para seniman Bali, membutuhkan waktu lebih dari satu bulan sebelum perayaan Nyepi untuk membuat ogoh-ogoh dengan ukuran raksasa. Proses pekerjaannya bisa dibilang cukup rumit karena melibatkan banyak kertas berwarna, potongan kaca, suede, perada, bambu, dan bahan lainnya.

Baca Juga: Lihat Pesona Malam Bali Melalui Objek Wisata Ini

3. Hal yang Tidak Boleh di Lakukan

Perayaan Nyepi, Umat Hindu Pantang Melakukan Ini - hal yang tidak boleh di lakukan

Jika Hinet lovers ingin mengunjungi Bali selama perayaan Nyepi, ada beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan. Empat pantangan ini sudah turun termurun mereka kerjakan yaitu amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan cahaya), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Bahkan Nyepi menjadi inspirasi dunia dengan menetapkan World Silence Day pada tanggal 21 Maret. Nah sekarang Hinet Lovers bisa bayangkan sepinya perayaan Nyepi Bali.

Baca Juga: Tips Memilih Home Router Berkualitas

4. Bali semakin Cantik di Malam Hari

Perayaan Nyepi, Umat Hindu Pantang Melakukan Ini - Bali semakin cantik di malam hari

Kecantikan Bali memang sudah tidak diragukan lagi, hal ini terbukti dari pengakuan masyarakat dalam maupun luar negeri yang sudah pernah mengunjungi secara langsung. Hinet Lovers bisa bayangkan ketika Bali dalam keadaan tidak boleh menyalahkan cahaya, pada malam hari bintang-bintang di langit semakin leluasa memamerkan kecantikannya. Suasana Bali yang cantik di tambah taburan bintang yang banyak membuat siapa saja semakin terpesona dengan ke indahannya.

Nah itu dia tadi pembahasaan mengenai perayaan hari raya Nyepi. Penting untuk kita saling menghormati saudara kita yang sedang melaksanakan hari raya Nyepi. Buat kamu yang tidak merayakan Nyepi, kamu bisa memanfaatkan Paket Unlimited dari Hinet untuk membantu kamu menghilangkan bosan. Hinet Lovers juga bisa sharing internet Up To 13 user dengan KLIK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.