Hinet Internet Cepat 4G LTE
Sekilas Terlihat Sama, Kenali Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

Sekilas Terlihat Sama, Kenali Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

Sekilas Terlihat Sama, Kenali Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook – Dulu, kalau untuk mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan pengetikan, pasti netizen sangat membutuhkan komputer. Ya, semenjak hadirnya komputer mengerjakan beberapa kegiatan menjadi lebih mudah. Sebut saja untuk mengerjakan tugas kuliah, mengerjakan tugas kantor, dan sebagainya.

Seiring berkembangnya teknologi, kini masyarakat dapat membawa komputer kemanapun yang mereka mau. Ya, teknologi komputer berevolusi menjadi kearah yang lebih canggih dan memiliki bentuk portabel, sehingga orang-orang pun dapat menggunakannya dimanapun.

Hinet Lovers pasti sudah tahu nama lain dari komputer portabel ini. Ya, komputer portabel ini dinamakan Laptop. Tapi ada juga loh yang namanya Netbook dan adapula yang Notebook.

Mungkin kalian melihat kesamaan bentuk dari ketiganya. Akan tetapi jangan kalian samakan ya. Ketiganya justru berbeda. Mulai dari fungsi laptop, fungsi notebook, dan fungsi netbook. Hingga kelebihan laptop, kelebihan netbook, dan kelebihan notebook. Apalagi dari kekurangan laptop, kekurangan notebook, dan kekurangan netbook-nya.

Maka dari itu, kali ini Hinet akan menjelaskan pengertian laptop, pengertian netbook, pengertian notebook. Beserta fungsi, kelebihan, dan kekurangannya.

1. Laptop

Sekilas Terlihat Sama, Kenali Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook - Laptop

Laptop merupakan komputer berukuran kecil yang memiliki komponen yang lengkap dan menjadi satu kesatuan, mulai dari layar, prosesor, pointer, serta keyboard. Maka dari itu, laptop bisa dikatakan sebagai komputer portabel yang bisa dibawa kemana saja.

Fungsi

Fungsi dari laptop pun bisa dikatakan sama saja dengan komputer. Namun jauh lebih fleksibel dan bisa dibawa kemana pun kamu mau.

Kelebihan

– Memiliki layar yang lebih lapang dan hardware yang memadai

– Memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar

– Menjalankan aplikasi editing foto, video, dan desain tidak menjadi masalah

– Memudahkan Pekerjaan atau Aktivitas

– Memiliki CD Rom

Kekurangan

– Bobot yang jauh lebih berat

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Murah 2019 Paling Cocok Buat Kantong Mahasiswa

2. Notebook

Sekilas Terlihat Sama, Kenali Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook - Notebook

Notebook merupakan komputer jinjing yang berbentuk portabel dan sudah disematkan oleh komponen-komponen yang ada di komputer. Bisa dibilang, bentuk notebook hampir serupa dengan laptop. Akan tetapi, notebook cenderung lebih tipis ketimbang laptop.

Fungsi

Seperti yang sudah di-mention sebelumnya, notebook hampir serupa dengan laptop. Begitupun cara kerjanya. Pengguna dapat menjalankan aplikasi berat maupun menonton video HD sekalipun.

Kelebihan

– Memiliki layar yang lebih lapang dan hardware yang memadai

– Memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar

– Menjalankan aplikasi editing foto, video, dan desain tidak menjadi masalah

– Memudahkan Pekerjaan atau Aktivitas

Kekurangan

– Tidak memiliki CD Rom

– Daya tahan baterai cenderung lebih boros

Baca Juga: Petunjuk Memilih Paket Internet Rumah Paling Ekonomis

3. Netbook

Sekilas Terlihat Sama, Kenali Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook - Netbook

Netbook merupakan komputer portabel yang ukurannya lebih kecil dan lebih ringan ketimbang notebook dan laptop.  Bahkan, spesifikasi hardware-nya pun juga jauh lebih rendah. Maka dari itu, jangan heran kalau netbook dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah.

Fungsi

Sesuai dengan namanya, netbook merupakan gabungan kata ‘internet’ dan ‘book’. Sehingga benda ini memiliki fungsi yang cenderung lebih berkaitan dengan kegiatan internetan. Baik itu browsing, mengirim e-mail, dan aktivitas internet lainnya.

Dengan prosesor yang jauh lebih kecil pula dari laptop dan notebook, netbook hanya memungkinkan penggunanya untuk menggunakan aplikasi-aplikasi besutan Microsoft. Dengan kata lain tidak bisa menjalankan program yang berat.

Kelebihan

Meskipun memiliki bodi kecil, namun netbook tetap memiliki kelebihan loh, seperti:

– Ukuran Lebih Kecil dan Lebih Ringan

– Baterai lebih hemat

– Harga relatif murah

– Tidak cepat memanas

Kekurangan

Selain kelebihan, netbook juga memiliki kekurangan yang juga harus kamu tahu:

– Tidak dikhususkan untuk menjalankan game atau aplikasi

– Tidak dikhususkan untuk menonton video HD

– Performa lebih lambat

– Tidak tersedia CD/DVD Drive

– Ukuran layar dan keyboard lebih kecil

Bagaimana Hinet Lovers, jadi kamu sudah tahu ya letak perbedaan laptop, notebook, dengan netbook. Jadi jangan sampai keliru ya. Oh ya, kalau kamu ingin internetan dengan lancar dan mendapatkan kuota yang bejibun, Hinet Lovers bisa membeli Paket Internet Murah MiFi Super Xtreme dengan kuota 30GB dan mendapatkan bonus recharge!

Ayo tunggu apalagi, dapatkan paket internet murah dari Hinet di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.