Perbedaan Sleep Dan Shutdown Pada Laptop, Berikut Penjelasannya

Perbedaan Sleep Dan Shutdown Pada Laptop, Berikut Penjelasannya – Laptop adalah perangkat komputasi mobile yang sangat handal selain smartphone. Perangkat tersebut dapat membantu kamu dari memproses dokumen atau membuat presentasi sederhana hingga bermain game atau mengedit video di mana saja sesuai dengan spesifikasi dan tingkat kesulitannya.

Fungsi yang mobile memungkinkan kamu menggunakan laptop di mana saja, seperti di kedai kopi selama jam makan siang kantor atau saat menunggu mobil di halte bus atau stasiun pulang. Oleh karena itu, setiap laptop dapat memilih antara mode “Sleep” dan “Shutdown”.

Keduanya sama-sama berfungsi menonaktifkan perangkat namun mungkin banyak dari pengguna laptop yang selama ini tidak menyadari perbedaannya, bahkan jarang menggunakan mode Sleep. Padahal mode ini bisa sangat membantu gaya bekerja mobile dibandingkan Shut Down termasuk menghemat baterai laptop.

Apa Itu Mode Sleep ?

Mode sleep memiliki fungsi, sehingga kamu dapat mematikan laptop atau desktop kamu tanpa menutup semua aplikasi. Artinya saat kamu mengaktifkan kembali laptop, semua aplikasi yang berjalan dan file dokumen yang terbuka segera tersedia.

Baca juga : Rahasia Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Tepat

Oleh karena itu, mode sleep akan membuat komputer atau laptop kamu tidak aktif sehingga dapat ditinggalkan atau dibawa kemana saja. Namun, semua proses dalam RAM tidak akan dihapus, jadi setelah diaktifkan, proses tersebut dapat segera digunakan kembali.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca cara kerja mode sleep di komputer di bawah ini :

  • Semua proses yang sedang berjalan di RAM, baik berupa aplikasi, jendela, dokumen dan semua yang terbuka akan tetap tersimpan di RAM.
  • Sebagian besar komponen akan dimatikan, sedangkan RAM dan beberapa komponen lain yang mendukung kerja RAM akan tetap menyala dengan power minimum.
  • Saat Komputer dihidupkan, semua komponen akan hidup kembali dan semua proses yang masih berjalan di RAM akan diaktifkan kembali.
  • Secara teknis Komputer masih aktif (tidak mati total) dan tetap mengkonsumsi daya.
  • Jika aliran listrik PC Desktop terputus atau Laptop kehabisan daya baterai, maka seluruh proses yang tersimpan di RAM akan hilang. Artinya, saat dihidupkan kembali semua aplikasi, jendela, dokumen dan lainnya tidak akan lagi terbuka kembali secara otomatis.

Apa itu Mode Shutdown ?

Perintah untuk mematikan semua komponen komputer (RAM, hard disk, prosesor, dll.), Yaitu mematikan daya. Saat ini memori komputer (RAM) telah dikosongkan.

Oleh karena itu, jika ingin menyalakan kembali daya komputer, akan memakan waktu lama untuk memuat kembali, dan semua program harus ditutup. Sistem akan menyelesaikan proses mematikan OS dan perangkat keras. Dalam hal ini, komputer akan menggunakan daya 0%, yang berarti tidak ada konsumsi daya.

Apa bedanya Mode Sleep Dan Shutdown ?

Shutdown adalah mode laptop yang sepenuhnya dinonaktifkan. Oleh karena itu, sama sekali tidak ada aplikasi atau daya yang berjalan di dalamnya. Konsumsi daya baterai juga akan berhenti dan tidak berjalan sama sekali.

Berbeda dari mode Sleep. Perangkat laptop masih mengambil daya dari baterai, dan aplikasi di laptop akan tetap berjalan meskipun tidak dimatikan saat memasuki mode Sleep. Oleh karena itu, meskipun kamu tidak menggunakan laptop, baterainya tetap akan habis.

Baca juga : Pilih SSD atau HDD? Wajib tahu sebelum beli!

Dari pembahasan diatas maka kita dapat simpulkan, sangat berbeda mode shutdown dengan mode sleep pada laptop, sebagai saran kalian bisa menggunakan mode sleep untuk beberapa hal yang penting saja, tapi juga jangan keseringan ya, takutnya nanti kamu lupa ketika laptopmu sedang mode sleep dan kamu menganggapnya sudah tershutdown.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Comments (2)

  1. by : Лев December 7, 2020 at 10:07 am

    Mode Shut Down cocok dipilih apabila Anda berencana untuk tidak menggunakan laptop dalam beberapa jam ke depan, misalnya lebih dari lima jam. Semua aplikasi yang tadinya dibuka dan tidak ditutup saat proses Shut Down tidak akan langsung kembali tampil saat laptop dinyalakan. Makanya mode Shut Down tidak tepat digunakan apabila Anda masih akan bekerja mobile atau dalam durasi satu jam masih akan kembali membuka laptop untuk digunakan. Misalnya, sekadar naik taksi untuk menuju lokasi rapat selanjutnya tapi pekerjaan di laptop saat di cafe belum selesai. Berbeda dengan mode Sleep. Hal ini karena memori di laptop masih akan tetap bekerja untuk mengingat aplikasi atau data yang sedang dibuka. Saat laptop dibuka maka Anda tidak perlu membuka ulang aplikasi, langsung bisa melanjukan progres pekerjaan tadi.

    Reply
    1. by : Andrie Rizky December 7, 2020 at 12:34 pm

      makasih ya kamu, udah melengkapi kekurangannya

      Reply

Leave a Reply

* Your email address will not be published.