Hinet Internet Cepat 4G LTE

Perlindungan Data Pada Kode OTP

Perlindungan Data Pada Kode OTP – Peristiwa yang dialami oleh seorang jurnalis senior menunjukkan bahwa sistem pengamanan One Time Password (OTP) belum cukup untuk menghadapi cybercrime yang semakin kompleks dan canggih.

Namun, pembobolan kartu SIM yang berujung pada pencurian rekening bank, mendorong masyarakat untuk mempelajari sistem keamanan OTP dan melindungi data pribadi mereka dengan lebih waspada.

Apa sebenarnya OTP itu? OTP adalah jenis kata sandi yang dapat memverifikasi upaya untuk masuk ke akun atau hanya melakukan satu upaya.

Baca juga : Hati-hati Aplikasi Bajakan! Simak Perbedaannya Aplikasi Asli Dan Palsu

OTP bertujuan untuk menghindari kelemahan sistem otentikasi berbasis kata sandi statis. Selain itu, dalam banyak implementasi, OTP digabungkan dengan otentikasi dua faktor dengan memastikan bahwa OTP memerlukan akses ke perangkat yang hanya dimiliki dan hanya pemilik akun yang tahu.

Saat ini, sebagian besar organisasi yang menggunakan OTP mengirim kata sandi melalui smartphone melalui pemberitahuan pop-up atau metode yang paling umum (misalnya, melalui pesan teks atau layanan pesan singkat (SMS)).

Sayangnya, sistem keamanannya masih memiliki kekurangan, karena penjahat dapat menyusup ke malware melalui kemampuannya memantau dan mencuri data di dalam ponsel tanpa kamu harus mengetahui data tersebut melalui pesan yang berisi tautan berbahaya atau phishing.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kamu untuk menjaga kerahasiaan OTP yang kamu terima dan tidak merasa terlena, sehingga dapat dengan mudah memberikan kodenya kepada orang lain. Karena memberikan kode OTP kepada pihak ketiga sama dengan menyerahkan rekening kepada orang lain.

Kamu juga harus memastikan keamanan nomor ponsel yang biasanya digunakan sebagai media pengiriman dan penerimaan kode OTP. Mengingat kode verifikasi OTP biasanya dikirimkan ke nomor ponsel, disarankan agar kamu tidak mengubah nomor ponsel dengan mudah.

Jika nomor ponsel harus diubah, maka perubahan nomor tersebut harus dilaporkan ke pengirim OTP (seperti layanan perbankan) agar kode OTP tidak lagi dikirim ke nomor sebelumnya, maupun ke nomor baru.

Baca juga : Begini Cara Mengetahui Kamu di Blokir Seseorang di Facebook

kamu juga disarankan untuk mengaktifkan sistem keamanan kata sandi tidak hanya di ponsel yang digunakan sebagai media komunikasi dengan nomor ponsel, tetapi juga pada aplikasi layanan keuangan dan layanan lain yang kamu gunakan.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.